Review: Speaker Simbadda CST903N, Fitur Lengkap Harga Mantap

Oleh Nur Abdillah updated Rabu, 16 Nov 2016 | 04:48

Di pasar multimedia nama Simbadda sudah cukup populer, terutama untuk perangkat audio (speaker yang masih menggunakan kabel maupun wireless). Sudah tidak terhitung berapa banyak perangkat audio yang telah dirilis Simbadda ke pasaran.

Seiring berkembangnya perangkat audio nirkabel, Simbadda juga tidak ingin ketinggalan dari pesaing. Yang terbaru adalah Simbadda CST903N, sebuah perangkat audio nirkabel. Dipasarkan dengan harga terjangkau, dan menawarkan fitur lengkap.

Desain

Speaker Simbadda CST903N hadir dengan desain hexagonal berdimensi 184 x 90 x 90 mm. Sebagian besar bodinya terbuat dari material plastik yang dikombinasikan dengan material karet di beberapa sisi.

Simbadda CST903N ini termasuk salah satu speaker nirkabel yang memiliki ukuran cukup besar. Jika terasa kurang nyaman berada di genggaman, Simbadda telah menyediakan sebuah strap atau tali bermaterial karet untuk memudahkannya dibawa kemana saja.

Dengan bentuk hexogonal, sebenarnya speaker Simbadda ini bisa diletakkan dalam berbagai posisi. Namun pada intinya speaker ini lebih diposisikan berdiri, dimana semua tombol-tombol fungsi seperti volume, power, play/pause dan menu berada di posisi atas.

Dua unit speaker stereo ditempatkan di sisi samping yang dilapisi pelindung besi dengan lubang kecil mirip jaring. Di bagian depan terdapat terdapat logo Simbadda dengan lampu indikator berwarna biru di bagian atasnya.

Sedangkan di posisi belakang, Anda dapat menemukan sejumlah port koneksi seperti USB 2.0 (digunakan untuk port flash drive), microUSB (berfungsi sebagai port charging), headphone jack 3.55mm, dan port microSD. Untuk melindungi semua port tersebut, telah diberi pelapis pelindung berbahan karet.

Fitur

Speaker Simbadda CST903N tidak hanya menjadi speaker nirkabel, tapi juga memiliki fitur FM Radio, microSD, USB 2.0 dan Powerbank. Untuk beralih fungsi ke fitur FM Radio, Anda cukup menekan tombol menu (M) yang ada di atas.

Untuk menangkap siaran raido dengan kualitas suara yang jernih, Anda harus menggunakan kabel microUSB yang terpasang atau kabel headphone jack 3.55mm yang berfungsi sebagai antena.

Di menu radio ini Anda tidak perlu repot-repot mencari siaran radio satu persatu, cukup tekan tombol play/pause dan perangkat akan mencari dan menyimpan semua siaran radio secara otomatis. Untuk berpindah ke siaran radio lain Anda bisa menggunakan tombol volume (+ atau -).

Perangkat audio portabel ini juga menyediakan port USB 2.0 yang bisa Anda gunakan untuk memainkan lagu melalui flash drive. Tinggal masukkan flash drive yang sudah berisi lagu ke port USB, dan lagu akan dimainkan secara otomatis.

Sama seperti FM Radio, tekan tombol volume (+) untuk memainkan lagu berikutnya atau (-) untuk kembali ke lagu sebelumnya. Proses yang sama juga berlaku ketika ingin memutar lagu menggunakan kartu microSD. Cukup masukkan kartu microSD dan lagu favorit secara otomatis akan terdengar.    

Speaker Simbadda CST903N juga bisa berfungsi sebagai powerbank yang bisa digunakan untuk mengisi baterai perangkat lain. Meski hanya menggunakan baterai Li-Ion berkapasitas 3000mAh, namun masih bisa dimanfaatkan sebagai charger alternatif untuk mengisi daya smartphone yang kehabisan baterai.  

Yang menarik, saat terkoneksi melalui smartphone, speaker Simbadda ini juga bisa menjadi output suara ketika ada panggilan masuk. Karena Simbadda telah menyematkan mic yang bisa dimanfaatkan untuk berkomunikasi. Jadi saat ada panggilan masuk atau ingin melakukan panggilan Anda tidak perlu lagi mengangkat smartphone ke telinga, karena proses komunikasi bisa dilakukan melalui Speaker Simbadda CST903N.    

Performa

Mengoneksikan Simbadda CST903N ke perangkat lain melalui bluetooth cukup mudah dan cepat. Saat diaktifkan dengan menekan tombol power agak lama, perangkat ini sudah siap di pairing dengan laptop atau smartphone. Semakin mudah karena Anda akan mendapat panduan melalui asisten suara yang ada di dalam perangkat. Prosesnya hanya memakan waktu beberapa detik saja, tergantung dari area yang dapat dijangkau bluetooth. Jarang paling koneksi Bluetooth antara speaker dan smartphone atau perangkat lain, sekitar 10 meter.

Bicara kualitas, performa audio yang dihasilkan perangkat ini masih bisa dibilang cukup baik. Suara yang dihasilkan terdengar keras dan lantang. Saat diseting ke volume paling tinggi pun suara yang keluar tidak pecah.

Hanya saja, untuk output bass masih terasa kurang nendang. Apalagi ketika memainkan lagu dengan format audio yang kecil, suara yang dihasilkan tidak terdengar harmonis. Usahakan penempatan speaker Simbadda tidak terhalang oleh dinding tembok atau kaca agar koneksi Bluetooth tetap stabil.

Meski demikian, secara umum perangkat ini masih bisa diandalkan untuk menemani aktivitas sehari-hari, saat bekerja di kantor ataupun di rumah. Bentuknya yang ringkas juga tidak terlalu memakan banyak ruang.

Kesimpulan

Dengan bandrol harga yang masih cukup terjangkau, Simbadda CST903N bisa menjadi alternatif speaker portabel untuk menenami aktivitas Anda. Menyediakan banyak opsi untuk mendengarkan musik, bisa melalui koneksi bluetooth, flash drive ataupun kartu memori microSD. Termasuk menyediakan fitur FM Radio untuk mendengar lagu terbaru dari siaran radio favorit. Mengenai layanan purna jual Anda juga tidak perlu khawatir, karena Simbadda menawarkan garansi satu tahun. Kalian bisa membeli speaker Simbadda terbaik melalui Lazada.

Baca juga artikel:
Evercoss Winner T+ Compo, Ponsel Musik dengan Speaker Besar
Razer Leviathan Mini, Speaker Bluetooth Bersuara Super
Logitech Luncurkan Speaker Warna-warni yang Menawan

Komentar