Diperbaharui pada Jumat, 31 Maret 2023 | 10:20

Cara Memilih HDD Internal Terbaik untuk Laptop dan PC

cara memilih hdd internalFoto: Pexels

harddisk atau HDD adalah salah satu peripheral laptop dan desktop yang berfungsi untuk menyimpan data, baik dokumen, video, musik, film dan banyak lagi.

Sebuah desktop atau laptop tanpa harddisk tidak akan berfungsi sama sekali karena program sistem operasi untuk menjalankannya juga tersimpan di harddisk. 

Saat ini banyak sekali terdapat tipe-tipe HDD, baik yang dibedakan berdasarkan konektornya (IDE, SATA, RAID, SCSI), yang dibedakan ukuran (3,5 inci dan 2,5 inci) dan yang dibedakan jenisnya (harddisk konvensional dan SSD).

Selain itu harddisk juga dibedakan berdasarkan kapasitas simpannya, mulai dari 250 GB, 500 GB, 1 TB, 2 TB, 4 TB dan masih banyak lagi. 

Seperti yang diketahui, ada 2 tipe harddisk untuk perangkat PC, yaitu HDD internal dan harddisk eksternal. Dalam artikel ini, kami hanya ingin memfokuskan pada harddisk internal.

Tentang HDD Internal

harddisk internal
Sesuai namanya, harddisk internal merupakan perangkat penyimpan data yang berada di dalam perangkat PC dan laptop. Untuk mengaksesnya kita harus membuka PC atau laptop terlebih dahulu karena sifatnya tidak portable dan memiliki ukuran agak besar.

Namun, kelebihan dari harddisk internal dilengkapi dengan kecepatan yang lebih baik. Perangkat ini terhubung dengan interface khusus seperti PATA (Parallel ATA), SATA (Serial ATA), serta SAS (Serial Attached SCSI). Namun, saat ini hampir semua harddisk internal menggunakan interface SATA.

SATA sendiri merupakan sebuah interface yang menghubungkan host bus adapter ke perangkat penyimpanan seperti harddisk. Perangkat ini menggunakan cakram berputar saat membaca maupun menulis data.

Dalam perkembangannya, harddisk internal telah mengalami beberapa perubahan, baik dari jenis, kapasitas hingga interface yang digunakan.

Anda bisa mengenal tipe harddisk berdasarkan jenisnya, interface yang digunakan, teknologi yang disematkan dan berdasarkan ukurannya.

Tidak hanya itu, seiring perubahan teknologi yang berlangsung cukup cepat kini kapasitas harddisk pun semakin besar dan semakin cepat.

Dengan kapasitas yang besar yang didukung kecepatan tinggi, tentunya sangat membantu aktivitas dan pekerjaan kita sebagai pengguna.

Bahkan lebih luas lagi tipe ini digunakan untuk gaming. Karena harddisk untuk gaming memang membutuhkan kapasitas besar dan kecepatan tinggi untuk menyokong game dengan grafis tinggi.

Perbedaan HDD Internal Laptop dan PC

harddisk pc dan laptop
Seperti yang sudah diuraikan bahwa harddisk internal ini sudah tertanam di PC dan laptop. Mengingat ukuran antara PC dan laptop berbeda, tentu mempengaruhi harddisk yang digunakan.

Pada umumnya, perbedaan dasar antara harddisk internal PC dan laptop terletak pada ukuran fisik. Dimana harddisk internal untuk PC umumnya menggunakan ukuran 3,5 inci dengan bentuk lebih besar.

Sedangkan laptop menggunakan harddisk internal dalam ukuran 2,5 inci. Namun bicara kecepatan keduanya memiliki kemampuan yang sama, tergantung dari kecepatan yang diinginkan (5400RPM, 7200RPM, 10.000RPM dan 15.000RPM).

Namun ada juga harddisk internal dalam jenis SSD (Solid State Drive) yang memiliki transfer rate lebih cepat. Beda dengan harddisk, SSD ini bisa digunakan untuk PC. Namun untuk memasangnya memerlukan sebuah adapter 3,5″ sesuai dengan di PC.

Perbedaan HDD PC dan CCTV

Harddisk cctvSeperti diketahui, CCTV atau sering dikenal sebagai kamera pengawas juga menggunakan harddisk sebagai media penyimpanan.

Secara fisik harddisk untuk CCTV dan PC memiliki bentuk yang sama. Meski demikian, antara keduanya memiliki perbedaan secara optimalisasi dan fitur. Berikut perbedaannya:

  • Harddisk pada PC dibuat untuk penyimpanan dan memiliki kemampuan baca dan tulis serta kemampuan transfer data. Sedangkan harddisk CCTV diciptakan dengan kemampuan 90% untuk merekam video (24 jam sehari selama seminggu) dan 10% untuk preview dan diputar ulang. Itu artinya harddisk CCTV dibuat jauh lebih tangguh dari milik PC
  • Harddisk CCTV mendukung firmware streaming video yang dirancang dan dibuat untuk kinerja tulis.
  • Harddisk CCTV diciptakan untuk merekam data 24 jam dalam seminggu dari beberapa kamera atau saluran. Sehingga jau lebih tangguh dibanding harddisk pada PC.
  • Harddisk CCTV menawarkan efisiensi dengan daya rendah dan juga memastikan suhu tetap dingin.
  • Dengan kemampuannya, harddisk CCTV dipasarkan dengan harga yang tidak jauh berbeda dengan harddisk PC.

Cara Memilih HDD Internal Terbaik

hddFoto: Tested

Saat ini banyak sekali terdapat tipe-tipe harddisk yang bisa dibeli. Jika tidak pintar dalam memilih bisa-bisa Anda salah dalam membeli harddisk.

Karena harddisk memiliki perbedaan yang didasarkan pada konektornya (IDE, SATA, RAID, SCSI), ukuran (3,5 inci dan 2,5 inci) dan yang dibedakan jenisnya (harddisk konvensional dan SSD).

Selain itu harddisk juga dibedakan berdasarkan kapasitas simpannya, mulai dari 10GB, 20GB, 40GB, 80GB, 200GB, 1TB, 2TB, dan yang lebih tinggi lagi.

Untuk membantu memilih harddisk yang sesuai dengan kebutuhan, berikut ini ada beberapa tips yang berguna:

1. Lihat Kebutuhan Kapasitas Simpan

harddisk internal kapasitas
Saat ini peningkatan kapasitas harddisk terus berkembang semakin besar dan sangat cocok untuk seorang programmer, grafik designer, atau film/video editor.

Standar minimum untuk kapasitas harddisk minimal 1TB adalah suatu keharusan. Atau bisa memilih diatas kapasitas tersebut, tergantung dari keinginan konsumen, ada opsi 3TB, 4TB, 8TB, 10TB, 20TB atau hingga 60TB.

Namun untuk seorang pelajar atau mahasiswa yang butuh harddisk untuk skripsi, pekerja kantoran yang butuh untuk kerja, maka harddisk dengan kapasitas 500GB sudah lebih dari cukup.

Dengan kapasitas 500GB, sudah bisa menyimpan ribuan dokumen, mendengarkan musik selama puluhan ribu jam, serta beratus-ratus film dengan kualitas DVD. Jika kebutuhkan Anda melonjak, bisa ditambahkan dengan harddisk eksternal.

2. Lihat Jenis Komputernya (MAC atau PC)

harddisk untuk macFoto: ifixit

Saat ini jenis platform komputer yang paling banyak dipakai adalah OS X dan Windows atau Mac dan PC. Mac adalah produk komputer buatan Apple, sementara PC dibuat oleh perusahaan lain selain Apple, dan mempergunakan OS Windows (walaupun ada juga yang menggunakan OS Linux dan sejenisnya).

Kedua platform dari dua jenis komputer yang berbeda tersebut membutuhkan harddisk yang berbeda juga.

OS X mempergunakan file sistem bernama HFS+ sementara Windows mempergunakan file sistem FAT dan NTFS. Saat ini yang paling umum ada di pasaran adalah harddisk dengan format NTSF dan FAT yang dibuat untuk platform Windows.

Komputer MAC dapat membaca isi sebuah harddisk dengan format NTFS namun tak dapat mengubah isinya (edit atau menyimpan data) begitu pula sebaliknya.

Jika ingin membeli sebuah harddisk untuk MAC/PC maka yang perlu diperhatikan adalah formatnya, namun semua harddisk bisa dipergunakan untuk MAC asalkan diformat ulang terlebih dahulu agar kompatibel dengan OS X. 

3. Pahami Tujuan Penggunaannya

harddisk velociraptorDengan teknologi komputer saat ini, ada banyak sekali jenis hiburan yang bisa didapatkan, antara lain menonton film dan video streaming dari YouTube dan Netflix ataupun bermain game offline dan online.

Jika hobi Anda menikmati hiburan berupa streaming video dan mendownload film, maka harddisk biasa dengan kapasitas 1TB sudah lebih dari cukup.

Namun jika hobinya adalah bermain game, baik online maupun offline, selain harddisk dengan kapasitas besar, dibutuhkan juga harddisk dengan fitur transfer data yang cepat. 

Saat ini yang paling cepat mentransfer data adalah harddisk dengan jenis SSD, namun sayangnya harddisk jenis SSD ini masih sangat mahal, jauh lebih mahal dari harddisk biasa dengan kapasitas yang sama. Selain itu SSD dengan kapasitas besar juga masih langka. 

4. Perhatikan Kode Warna (Untuk Produk Western Digital)

harddisk wd

Bila Anda akan membeli HDD Internal merek Western Digital, maka ada yang diketahui terkait dengan warna-warna pada produk mereka dan apa artinya. Berikut penjelasannya:

  • Harddisk Western Digital Blue (WD Blue) – harddisk ini punya keseimbangan antara kehAndalan dan performa, oleh sebab itu produk ini ditujukan untuk penggunaan pada komputer jenis desktop/PC yang dipergunakan sehari-hari.
  • Harddisk Western Digital Green (WD Green) – harddisk jenis ini diklaim ramah lingkungan karena memiliki fitur untuk menghemat energi. harddisk jenis ini sangat cocok bagi mereka yang cinta lingkungan serta membutuhkan media penyimpanan yang tidak berisik dan tidak terlalu menimbulkan banyak panas.
  • Harddisk Western Digital Black (WD Black) – harddisk jenis ini memiliki performa yang paling tinggi dan oleh karenanya cocok bagi mereka yang bekerja di bidang multi media, desain, dan juga yang hobi ngegame.
  • Harddisk Western Digital Red (WD Red) – harddisk jenis ini bukan untuk PC atau laptop, melainkan untuk jaringan skala kecil seperti kantor kecil dan jaringan rumahan yang terhubung ke NAS (Network Attached Storage) yang biasanya selalu terhubung ke internet.
  • Harddisk Western Digital Purple (WD Purple) – harddisk ini adalah harddisk untuk desktop/PC yang dirancang untuk bekerja 24 jam sehari. harddisk tipe ini biasanya lebih banyak dipergunakan untuk CCTV, mesin kasir toko 24/7 dan semua perangkat komputer yang hidup 24 jam sehari.

Rekomendasi HDD Internal Terbaik

Merk hdd terbaikSaat ini cukup banyak merek harddisk dan SSD yang bisa ditemukan di pasaran. Banyak vendor yang terus merilis produk terbaru mereka dengan teknologi dan kapasitas yang beragam.

Teknologi yang disematkan menawarkan keunggulan masing-masing dan tidak dimiliki memiliki pesaing. Apalagi harga yang ditawarkan juga tidak jauh berbeda. Untuk memudahkan memilih, berikut akan kami uraikan harddisk internal terbaik untuk PC maupun laptop.

HDD Internal Terbaik Untuk PC

Berikut ini beberapa rekomendasi merek HDD internal terbaik untuk PC atau komputer desktop, yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran.

1. Seagate

Seagate merupakan salah satu merek yang sangat eksis di industri harddisk. Sudah tidak terhitung berapa banyak harddisk yang mereka luncurkan kepasaran. Seagate merupakan supplier besar di pasar micro computer dalam kurun tahun 1980-an.

Hingga kini, Seagate masih mendominasi pasar harddisk. Perusahaan ini telah mengembangkan harddisk 5,25 inci pertama pada tahun 1980. Produk ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 5MB saja.

Pada masa sekarang ini, harddisk Seagate sudah memiliki kapasitas yang sangat besar dan bervariasi. Produk Seagate sendiri terdiri dari beberapa varian seperti Barracuda series, Surveillance (untuk CCTV), Pipeline, Momentus Thin, St series, Constellation, dan Sv35 series.

HDD Internal Terbaik Seagate untuk PC:

Nama Harga di Pasaran
Seagate Barracuda 1TB Rp 355.000
Seagate SV35 1TB Rp 350.000
Seagate Barracuda 500GB Rp 110.000
Seagate Barracuda 2TB Rp 599.999
Seagate Barracuda 250GB Rp 670.000

2. Western Digital

Western Digital (WD) menjadi salah satu produsen harddisk komputer terbesar di dunia. Western Digital didirikan pada tanggal 23 April 1970 dan dengan cepat menjadi pembuat semikonduktor khusus.

Pada tahun 1971, WD memperkenalkan produk pertamanya WD1402A UART. Saat ini Western Digital memiliki rangkaian produk harddisk yang terbagi dalam beberapa seri yaitu Caviar, WD, Green SSD, Velociraptor, Se-Series dan Av-Gp.

Masing-masing series ini terbagi lagi dalam opsi warna seperti blue, black, green dan red.  

HDD Internal Terbaik WD untuk PC:

3. Hitachi GST

Hitachi Global Storage Technologies (HGST) merupakan penggabungan bisnis harddisk antara IBM dan Hitachi yang didirikan pada tanggal 6 Januari 2003.

Namun di tahun 2012, HGST diakuisisi oleh Western Digital dengan merek dan produk terpisah dari produk utama mereka. Sejak itu, Hitachi meluncurkan harddisk dengan beragam kapasitas untuk konsumen.

Pada bulan November 2013 misalnya, Hitachi mengumumkan harddisk berkapasitas 6 TB yang menggunakan helium. Dan dilanjutkan bulan September 2014 dengan meluncurkan prodk sejenis dengan kapasitas lebih besar 10TB menggunakan shingled magnetic recording untuk meningkatkan densitas.

harddisk internal Hitachi terdiri dari dua series yaitu Travelstar, Ultrastar dan Touro.

HDD Internal Hitachi Terbaik untuk PC:

Nama Harga di Pasaran
HGST Travelstar 7K1000 1TB Rp 855.000
HGST Travelstar 5K1000 1TB belum ada harga
HGST Ultrastar 7K4000 3TB belum ada harga
HGST Travelstar Z5K500 500GB belum ada harga
HGST Ultrastar 7K4000 4TB belum ada harga

HDD Internal Terbaik Untuk Laptop

Berikut ini beberapa rekomendasi merek HDD internal terbaik untuk laptop, yang bisa Anda temukan dengan mudah di pasaran.

1. Western Digital

Western Digital (WD) juga memiliki rangkaian harddisk untuk laptop yang paling banyak digunakan konsumen. Di harddisk internal untuk laptop ini, ada dua series yang tersedia yaitu WD series dan Green SSD. Keduanya juga memiliki model yang bervariasi.

HDD Internal Terbaik WD untuk Laptop:

2. Samsung

Seperti yang sudah diketahui, Samsung perusahaan Korea Selatan yang terbesar dan merupakan ikon dari Samsung Group. Tidak hanya perangkat elektronik saja, namun membawahi beragam produk lainnya, termasuk harddisk yang bagus.

Khusus di industri semikonduktor, Samsung menghasilkan komponen seperti DRAM, SDRAM, Flash Memory dan Hard Drive.

Khusus untuk harddisk, Samsung banyak memiliki produk berjenis SSD untuk laptop. Secara umum, lini harddisk Samsung terdiri dari beberapa varian yaitu 850 Series, 840 Series, 750, 960 EVO, 950 dan HD Series.

HDD Internal Terbaik Samsung untuk Laptop:

3. Toshiba

Toshiba Corporation (Toshiba) cukup diperhitungkan dalam industri penyimpanan dan menawarkan rangkaian teknologi harddisk internal terbaik, mulai dari harddisk drive (HDD), drive solid state hybrid (SSHD), dan solid state drive ( SSD).

Performa harddisk Toshiba tidak kalah dengan pesaingnya dan banyak digunakan pada laptop konsumen. Harga harddisk Toshiba memang sedikit lebih rendah sehingga banyak dicari. 

Ada beberapa varian harddisk Toshiba yang terdiri dari MQ-Series, MK-Series dan Bare series.

HDD Internal Terbaik Toshiba untuk Laptop:

Nama Harga di Pasaran
Toshiba MQ01ABF050 500GB Rp 165.000
Toshiba MK5059GSXP 500GB belum ada harga
Toshiba MQ01ABD100 1TB Rp 577.000
Toshiba THNSNH512GCST 512GB SSD Rp 2.800.000

Kesimpulan

Dengan mengetahui jenis dan merek HDD internal serta perbedaannya, tentu akan memudahkan Anda dalam memilih harddisk yang bagus serta sesuai dengan kebutuhan perangkat yang dimiliki.

Apalagi kini sudah tersedia pilihan merek HDD internal dengan beragam fitur dan teknologi penyimpanan, dengan menawarkan keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya. 

Selain merek-merek HDD internal yang ada pada artikel ini, tentunya masih banyak produsen lain yang juga memiliki produk sejenis dengan harga yang bervariasi. Jangan lupa untuk selalu pilih yang terbaik, ya!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.