Diperbaharui pada Jumat, 6 Oktober 2023 | 18:30

itel S23+, Murah, Mewah, Performa Puas! People Choice Banget

review itel s23+

Dalam dunia smartphone yang semakin berkembang, kita seringkali dihadapkan pada pilihan berbagai merek dan model yang berbeda. Setiap smartphone memiliki ciri khasnya sendiri, dan salah satu yang menonjol adalah itel S23+.

Lahir dengan harga murah, namun bisa dijadikan sebagai hp pilihan masyarakat saat ini. Terutama bagi mereka yang menginginkan device dengan spesifikasi tinggi serta tampilan mewah, namun harga tetap ramah. Hal ini juga berlaku bagi para gamers casual yang masih dalam taraf mencoba untuk menjadi pro atau sekedar menghilangkan penat sesaat.

Ada beberapa aspek yang membuat itel S23+ menonjol, seperti desain yang elegan, layar yang memukau, performa yang tangguh, dan fitur-fitur menarik yang ditawarkan.

Desain yang Elegan

review itel s23+

Salah satu hal pertama yang mencuri perhatian saat melihat itel S23+ adalah desainnya yang elegan. Smartphone ini mengadopsi gaya modul kamera yang mirip dengan iPhone, yang saat ini menjadi tren di dunia smartphone.

Modul kamera tersebut juga menampung lampu LED flash, sehingga terdapat hanya dua kamera di bagian belakang. Material body-nya terbuat dari polikarbonat, tetapi saat digenggam, Anda akan merasakan kesan yang halus dan proporsional.

Salah satu aspek menarik dari desain ini adalah ukurannya yang cukup untuk dimasukkan ke dalam saku celana tanpa terlalu mencolok. Meskipun desainnya menarik, ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Setelah beberapa hari pemakaian, kami melihat adanya bekas sidik jari dan goresan kecil pada bodi, yang mungkin mengganggu beberapa pengguna. Selain itu, ada masalah panas yang terkadang terjadi saat menjalankan banyak aplikasi, tetapi ini wajar mengingat performa yang cukup tangguh yang akan kita bahas nanti.

Layar

review itel s23+

Layar adalah salah satu komponen paling vital pada sebuah smartphone, dan itel S23+ memanjakan pengguna dengan layarnya yang memukau. Layar ini adalah panel AMOLED 3D curved berukuran 6.78 inci, dengan screen-to-body ratio mencapai 93%.

Dibekali dengan resolusi Full HD+ serta memiliki refresh rate 60Hz. Layar tersebut juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5, yang membuatnya tahan terhadap goresan dan gesekan, bahkan terhadap koin atau kunci.

Salah satu hal yang membuat layar ini istimewa adalah color gamut yang luas, yang itel klaim mencapai hingga 99% DCI-P3. Meskipun kami tidak dapat menguji persentase ini secara pasti, saat menonton video dengan beragam warna, layar ini tetap memberikan akurasi warna yang memuaskan.

Fitur Always On Display juga merupakan tambahan yang bagus, meskipun kamingnya hanya berlangsung selama beberapa detik. Keunikan mulai terlihat ketika pertama kali dioperasikan, yakni munculnya fitur Notifikasi yang bernama Dynamic Bar.

Fitur baru yang diberikan itel pada S23+ ini seolah mereplikasi Dynamic Island milik iPhone 15 terbaru yang memudahkan pengguna ketika membuka kunci layar, menerima panggilan, hingga informasi daya baterai dan lainnya.

Performa Tangguh

review itel s23+

Selanjutnya, mari kita bahas performa dari itel S23+. Ponsel ini menggunakan chipset Unisoc T616, yang pada kenyataannya memiliki performa lebih tinggi dibandingkan dengan MediaTek Helio G80, menurut data yang kami lihat di Versus.com atau Nano Reviews.

Hp RAM 8GB yang dapat diperluas hingga 16GB dari itel ini memiliki kapasitas penyimpanan internal 256GB. Uniknya, itel menambahkan “Atom Storage Technology” pada S23+ yang memastikan kecepatan data di dalam perangkat selalu optimal, bahkan hanya berkurang sekitar 3% dalam waktu 4 tahun pemakaian.

Hasil uji performa dengan menggunakan Antutu Benchmark versi 10 menunjukkan bahwa itel S23+ mampu stabil mencapai skor sekitar 300 ribu poin. Untuk smartphone kelas entry-level, skor ini sudah cukup mengesankan. Demikian juga dengan hasil pengujian PCMark, yang menunjukkan skor sekitar 7885 poin.

Selama penggunaan sehari-hari, seperti penggunaan media sosial atau aplikasi Google Suite, itel S23+ masih nyaman digunakan. Anda dapat membuka banyak aplikasi sekaligus tanpa masalah.

Namun, kami harus mengakui bahwa back cover ponsel dapat menjadi panas terutama saat menjalankan banyak aplikasi. Hal ini adalah konsekuensi wajar mengingat performa yang ditawarkan oleh ponsel ini, terutama dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu di bawah 2 juta.

Kriteria Spesifikasi
RAM 8 GB
Memori Internal 256 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2 GHz
Dimensi -
Berat 178 g
Ukuran Layar 6.78 inch
Screen Resolution 1080 x 2400 Pixel
Technology AMOLED
Resolusi Kamera Belakang 50 MP
Resolusi Kamera Depan 32 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
NFC Ya
Detail Prosesor Tiger T616 (12 nm)
GPU Mali-G57 MP1
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Kamera

review itel s23+

Selain desain, layar, dan performa yang mengesankan, itel S23+ juga dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik. Salah satu yang paling mencolok adalah sektor kameranya. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 megapiksel, yang menciptakan foto yang tajam dan jelas.

review itel s23+

Besarnya resolusi kamera itel S23+ ini juga selaras dengan keberadaan sensor yang memiliki diafragma f/1.6 dan didukung AI Scene Recognition, Super Night Mode, kemampuan hingga 10x zoom, sampai Eye Tracking dan Portrait Lite.

Terdapat juga kamera dengan kedalaman 2 megapiksel yang dapat memberikan efek bokeh yang memukau. Kamera depannya juga naik drastis menjadi 32 megapiksel, yang ideal untuk selfie berkualitas tinggi.

review itel s23+

Ponsel ini mampu merekam video dalam mode 1080p 30fps untuk kedua kamera, dan fitur-fitur seperti Ultra Steady Video dan Super Night Mode memberikan fleksibilitas lebih dalam fotografi dan videografi Anda.

Baterai

review itel s23+

Baterai itel S23+ berkapasitas 5,000 mAh, mendukung fast charging hingga 18W dan tentunya sudah menggunakan port USB-C. Kami mencoba beberapa kali selama penggunaan, hanya perlu mengisi baterai dari nol hingga penuh dalam waktu selama dua jam.

Bahkan tak jarang ketika baterai masih tersisa 10%, hanya membutuhkan waktu satu setengah jam saja untuk membuat S23+ ini menjadi 100%. Meski terasa panas saat beroperasi pada hal berat, seperti penggunaan di atas 30 menit hingga bermain game seperti Mobile Legend, namun sejauh percobaan hal tersebut tidak terlalu mengganggu performa yang didapatkan.

Harga Murah Fitur Mewah

review itel s23+

Dengan harga Rp1.899.000 juta, itel tetap tidak main-main dengan hp terbaru mereka kali ini. Hp itel S23+ sudah bisa kalian dapatkan lewat website official itel atau Tokopedia. Ada juga promo Tokopedia Card dengan Cicialn 0% berikut dengan tambahan bonus proteksi gadget.

Generasi tertinggi dari itel S23 series ini tetap dibekali dengan ragam fitur yang biasa terdapat pada hp flagship. Salah satu fitur yang menarik adalah NFC, yang memudahkan Anda untuk melakukan top-up e-money, yang semakin penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti saat parkir, menggunakan angkutan umum, atau membayar tol.

Yang lebih menarik lagi, itel S23+ dilengkapi dengan AI Chat GPT, yang memungkinkan Anda berinteraksi dengan perangkat dengan perintah suara, seperti membuat jadwal perjalanan saat bepergian atau menjalankan tugas-tugas tertentu.

Kesimpulan

itel S23+ adalah ponsel yang memiliki kombinasi desain elegan, layar memukau, performa tangguh, dan fitur-fitur menarik yang membuatnya menonjol di kelasnya. Kekurangan seperti masalah panas saat penggunaan berat masih bisa dianggap hal wajar bagi kami, karena memang pada dasarnya Hp apapun yang digunakan untuk bermain game ataupun bekerja secara berlebih pasti akan terasa panas.

Namun dengan harga Rp1.899.000 serta fitur-fitur unik seperti AI ChatGPT, itel S23+ adalah pilihan yang patut dipertimbangkan bagi mereka yang mencari smartphone kelas menengah yang berkinerja baik dan memiliki banyak fitur menarik.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1612 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.