Diperbaharui pada Selasa, 26 April 2022 | 14:14

Review Samsung Galaxy A33 5G, Harga 4 Jutaan Worth It Banget!

harga samsung galaxy a33

Samsung meluncurkan Galaxy A33 5G di Indonesia pada awal April 2022 dengan membawa spesifikasi yang menyorot pada keunggulan kamera, layar Super AMOLED yang luas, kapasitas memori yang besar, serta baterai jumbo.

Galaxy A Series memang masih sangat popular di pasaran, terutama di Indonesia. Hadirnya Galaxy A33 5G yang dibanderol di harga awal 4 jutaan ini selain menambah deretan hp Samsung terbaru di Tanah Air, juga sekaligus mengukuhkan posisi Samsung di semua segmen smartphone.

Selain spesifikasi yang sepadan dengan harga yang ditawarkan, hp Samsung ini juga sudah mendukung jaringan 5G yang memiliki keunggulan pada transfer data dan koneksi yang lebih cepat..

Namun satu hal yang kerap menjadi pertanyaan konsumen ketika akan membeli hp baru adalah, apakah harga yang dibanderol tersebut sudah sepadan dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang ditawarkannya?

Pricebook berkesempatan untuk membuktikan hal tersebut dengan mencoba langsung Samsung Galaxy A33 5G. Berikut ulasan lengkapnya.

Unboxing

harga samsung galaxy a33

Seperti pada Galaxy A Series lainnya, desain kotak Galaxy A33 5G juga sangat sederhana, minimalis, dan terlihat simple, dengan warna dominan putih, serta nama dan gambar produk di sisi bagian depannya.

Kotaknya memiliki desain geser untuk membuka, dan pada bagian dalamnya, saya menemukan satu unit perangkat Samsung Galaxy A33 5G berwarna Awesome Blue dengan kelengkapan berupa SIM ejector, kabel USB Type C (C to C), buku panduan, dan kartu garansi.

Desain dan Tampilan Layar

harga samsung galaxy a33

Desain Samsung Galaxy A33 5G cukup simple dan minimalis dengan layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang mampu menghasilkan tampilan dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2400 piksel). Kamera selfie dapat ditemukan pada sisi tengah atas layar.

Warna Awesome Blue yang saya ulas terlihat cukup kekinian, dan rasanya ketika dipegang juga cukup nyaman, karena memang ukurannya pas di tangan saya (159.7 x 74 x 8.1mm). Selain itu, bobitnya juga cukup ringan, hanya 186 gram saja.

harga samsung galaxy a33 5g

Beralih ke panel belakangnya, saya menemukan modul kamera yang memiliki konfigurasi quad camera pada pojok kiri atas. Jajarannya terdiri dari kamera 48 MP + 8 MP + 5 MP + 2 MP.

Desain bahan yang digunakan pada panel belakangnya menggunakan bahan yang anti selip, sehingga ketika diganggam, terasa solid. Pada bagian tengah bawah ada tulisan "Samsung" berwarna putih yang khas.

Uji Kamera

harga samsung galaxy a33 5g

Bagian yang paling saya sukai adalah uji kamera, apalagi dengan quad camera yang diusung oleh Samsung Galaxy A33 5G, rasanya jadi tambah semangat untuk mencobanya. Keempat kamera ini terdiri dari kamera utama berlensa wide, yang memiliki resolusi 48 MP.

Kamera keduanya (lensa ultrawide) memiliki resolusi 8 MP yang menjadi andalan untuk mengambil gambar lansekap. Untuk kebutuhan makro, hadir kamera 5 MP. Lalu ada juga kamera kedalaman (depth) yang akan memastikan kualitas bokeh pada hasil jepretannya.

Seperti biasa, saya menguji kemampuan kamera belakangnya terlebih dahulu. Pada pemotretan dengan sudut kamera standar, hasil fotonya cukup baik. Hal yang saya sukai dari kameranya adalah kontras dan warna.

harga samsung galaxy a33 5g

Foto yang saya ambil pada siang hari terlihat tajam, dengan warna yang mendekat warna asli dari objek yang saya foto. Pada daerah perkotaan, kontras warna gedung dan lahan hijau membaur dengan baik. Tingkat saturasinya juga cukup baik.

harga samsung galaxy a33 5g

Beberapa gambar close up yang saya ambil juga hasilnya cukup baik, terutama ketika menangkap detil-detil kecil yang jarang terlihat, bahkan dengan mata telanjang.

harga samsung galaxy a33 5g

Foto potret yang dihasilkan dari kamera belakangnya juga bagus. Bokehnya terlihat natural. Pada pengambilan gambar potret close up, bokehnya terlihat sangat natural, namun ketika sudut pengambilannya agak jauh, bokehnya terlihat sedikit artifisial.

harga samsung galaxy a33 5g

Beralih ke kamera depan, saya mencoba untuk melakukan beberapa foto selfie di luar dan dalam ruangan. Pada pemotretan di luar ruangan, hasil jepretannya cukup baik, dengan cahaya yang cukup dan detil yang sangat tajam. Namun tonalnya kekuningan.

harga samsung galaxy a33 5g

Ketika selfie dilakukan di dalam ruangan, tonal warna juga masih agak kuning, dengan bokeh yang terlihat agak kesulitan untuk memisahkan objek dengan latar belakang. Selain itu, dengan cahaya yang tidak terlalu rendah, terlihat sedikit noise.

harga samsung galaxy a33 5g

Secara keseluruhan, kualitas kamera Samsung Galaxy A33 5G cukup memuaskan dan sesuai dengan ekspektasi untuk kisaran harga yang ditawarkan. Berikut beberapa contoh jepretan lainnya.

harga samsung galaxy a33

harga samsung galaxy a33
harga samsung galaxy a33

Untuk foto dan video yang tidak terlalu spesifik, saya rasa smartphone ini sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Performa

review samsung galaxy a33

Samsung Galaxy A33 5G hadir dengan prosesor Exynos 1280 yang didukung oleh opsi RAM 6 GB atau 8 GB. Pada tes benchmark, CPU hp ini mendapatkan skor 97691, sementara total skor AnTuTu yang diperolehnya adalah 386920.

Ulasan yang saya buat dalam hal performa merupakan hasil uji yang dilakukan selama beberapa hari menggunakan perangkat Samsung Galaxy A33 5G dengan RAM 6 GB/128 GB sebagai daily drive untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari yang ringan hingga cukup intens.

review samsung galaxy a33

Pada penggunaan standar seperti mengakses internet, chat, membuka aplikasi, hingga melakukan berbagai aktivitas di akun media sosial, performa Samsung Galaxy A33 5G cukup baik dan mampu memenuhi ekspektasi saya.

Respon layarnya cepat ketika saya harus berpindah-pindah aplikasi. Semua berjalan mulus, apalagi ketika saya menggunakannya untuk menikmati konten multimedia. Layar Samsung Galaxy A33 5G sangat lancar ketika digunakan untuk bernavigasi.

review samsung galaxy a33 5g

Karena bukan mobile gamer, maka untuk uji bermain gim saya lakukan dengan mengakses dan mencoba bermain gim-gim yang umum dipilih untuk uji performa seperti PUBG, dan beberapa game online yang tidak memerlukan instalasi.

Refresh rate 90Hz menunjukkan kualitas optimalnya ketika smartphone digunakan untuk bermain gim. Untuk performanya sendiri, secara umum sudah cukup baik. 

Pada gim-gim online, performa layarnya sangat lancar tanpa kendala, namun ketika digunakan bermain game yang lebih berat seperti PUBG, sesekali ada lag, walau secara keseluruhan tidak terlalu mengganggu.

Uji Baterai

review samsung galaxy a33 5g

Selama beberapa hari menggunakan Samsung Galaxy A33 5G, saya merasakan sendiri kinerja baterai yang sangat awet bahkan ketika smartphone digunakan secara intens selama seharian. Selain itu, baterai juga tidak cepat panas.

Pada penggunaan normal, baterai Samsung Galaxy A33 5G dapat bertahan hingga kurang lebih 12 jam pemakaian dalam satu hari, sebelum diperlukan pengisian ulang. Pengujian ini dilakukan dengan menggunakan SIM card jaringan.

Ketika berpindah menggunakan WiFi untuk mengakses internet, baterainya bisa bertahan hingga 10 – 11 jam waktu penggunaan dalam satu hari, tergantung aktivitas apa saja yang dilakukan.

Pada uji berikutnya, saya menggunakan smartphone ini untuk menonton tayangan di Netflix, Disney+ Hotstar, dan beberapa layanan streaming lainnya, selama seharian penuh.

Uji baterai untuk menoton ini dilakukan saat baterai berada di angka 100 persen pada sekitar jam 7 pagi, lalu pada malam hari sekitar jam 11, baterai yang tersisa tinggal 27 persen.

Ketika bermain beberapa jenis game mulai dari yang ringan hingga berat selama kurang lebih 2 jam, baterai yang awalnya berada di angka 100 persen, berkurang hingga mencapai angka 53 persen.

Karena paket pembelian Samsung Galaxy A33 5G tidak menyertakan adaptor/charger, maka untuk mengisi dayanya, saya menggunakan charger Samsung Galaxy S10+ 15W.

Waktu pengisian baterainya juga cukup cepat, sisa daya kurang dari 10 persen terisi enuh dalam waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Secara keseluruhan, performa baterai Samsung Galaxy A33 5G sangat bisa diandalkan untuk mendukung berbagai aktivitas selama seharian penuh.

Kesimpulan

review samsung galaxy a33 5g

Banderol harga Samsung Galaxy A33 5G yang dijual di angka 4 jutaan rasanya sangat sepadan dengan apa yang ditawarkan oleh hp Samsung terbaru ini, terlebih untuk kualitas kameranya. Jujur, saya puas sekali untuk hal yang satu ini.

Secara keseluruhan, performanya pun cukup kencang dan mulus, sehingga sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan mulai dari bekerja, hingga menikmati konten-konten multimedia.

Bagi Anda yang sedang mencari hp 4 jutaan dengan spesifikasi yang mumpuni, maka salah satu rekomendasi yang saya berikan adalah Samsung Galaxy A33 5G ini. Baik digunakan sebagai daily drive atau hp kedua, tidak mengecewakan dan worth it banget!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1043 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.