Diperbaharui pada Jumat, 22 April 2022 | 11:42

Mengupas Fitur Nightography Samsung Galaxy S22 Ultra 5G untuk Video Low Light

harga samsung galaxy s22 ultra 5g

Samsung Galaxy S22 Ultra 5G hadir di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2022 dengan membawa kemampuan kamera epic dengan berbagai fitur terbaru yang semakin menegaskan posisi Galaxy S Series sebagai lini smartphone yang unggul di sektor kamera.

Mengusung kamera dengan sensor 108 MP, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G memiliki kemampuan Cinematic Video, dan akses ke aplikasi Expert RAW untuk menghasilkan video berkualitas tinggi.

Kehadirannya telah membuat standar baru pada teknologi kamera smartphone. Apalagi kamera pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga mampu meningkatkan kualitas konten video bercahaya rendah (low light) melalui kemampuan Nightography yang dimilikinya.

Dengan keunggulan tersebut, menghasilkan konten video malam hari dengan kualitas terbaik menjadi mungkin. Terutama dengan semakin populernya video dengan low light cinematography.

Tren Low Light Cinematography

harga samsung galaxy s22 ultra 5g

Kreativitas dalam membuat konten video semakin berkembang seiring dengan hadirnya kamera smartphone yang dibekali dengan spesifikasi mumpuni untuk merekam gambar dengan kualitas yang setara dengan hasil rekaman kamera konvensional.

Sejak tahun 2020, banyak kreator konten yang mulai berpindah menggunakan smartphone untuk membuat konten-konten video karena beberapa alasan, selain lebih ringan untuk dibawa ke mana-mana, hasil rekamannya juga tajam dan ketika diedit, kualitasnya tidak berkurang.

Seiring dengan hal tersebut, kini muncul tren merekam video di malam hari. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi produsen smartphone, termasuk Samsung, untuk menciptakan kamera hp yang dapat digunakan merekam video di malam hari.

Samsung dikenal dengan inovasi pada teknologi kamera yang hingga kini masih menjadi salah satu yang terdepan. Kamera pada seri S dibekali dengan fitur yang memungkinkan pengguna smartphone untuk merekam video pada kondisi di mana cahaya yang ada di lokasi sangat minim.

Memasuki tahun 2022, kamera pada Samsung Galaxy S22 Ultra 5G semakin disempurnakan dengan kemampuan Nightography untuk menjawab tantangan tersebut. Pengguna amatir maupun filmmaker profesional bisa memanfaatkan fitur-fitur pada kamera ini untuk membuat konten low light cinematography.

Samsung bahkan menggandeng kreator konten dan sutradara ternama Indonesia untuk mencoba langsung kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G untuk membuat film dark tone yang hasilnya selayaknya sebuah film yang direkam dengan kamera profesional.

Mengulik Kemampuan Nightography Samsung Galaxy S22 Ultra 5G

harga galaxy s22 ultra 5g

Sebagai model tertinggi dari Galaxy S22 5G Series, sudah sewajarnya Galaxy S22 Ultra 5G memiliki keunggulan yang lebih dari kedua saudaranya. Smartphone ini dibekali dengan Nightography yang tercanggih di seri ini.

Dengan memanfaatkan segala keunggulan yang dibawa oleh Nightography, pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat memotret sekaligus meekam video dengan kualitas yang lebih jernih dan tajam di malam hari. Kemampuan ini mendukung kedua kamera, belakang dan depan.

Pengguna Samsung Galaxy S22 Ultra 5G dapat merekam konten video low light dengan kualitas setara film berkat dukungan dari perangkat keras dan lunak yang bekerja secara bersamaan secara maksimal di malam hari.

Dukungan sensor piksel 2.4μm memungkinkan kamera untuk menangkap cahaya di kondisi dengan cahaya redup secara lebih baik. Perlu dicatat juga, ini merupakan sensor piksel terbesar Samsung saat ini. Keuntungan yang didapatkan tentunya hasil foto dan rekaman video yang lebih cerah.

harga samsung galaxy s22 ultra 5g

Khusus untuk merekam video di malam hari dengan kondisi low light, Samsung Galaxy S22 Ultra 5G juga dapat memaksimalkan teknologi video yang diusung oleh kameranya seperti meningkatkan kemampuan Auto Framerate.

Dengan Auto Framerate yang telah ditingkatkan ini, kamera Samsung Galaxy S22 Ultra mampu menyesuaikan FPS dan kecepatan rana terhadap kondisi cahaya di lokasi, sehingga hasil rekaman video mendapatkan tingkat kecerahan yang lebih baik. Detil pada gambar meningkat dan kadar noise-nya menjadi sangat minim.

Fitur-fitur tersebut sangat cocok untuk pengguna yang ingin membuat film pendek menggunakan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G, apalagi bila pengambilan gambar dilakukan pada malam hari. Ditambah lagi, kameranya juga mengusung teknologi Super Night Resoution.

Pengambilan gambar di malam hari memang memiliki tantangan tersendiri, terutama untuk membuat film dengan dark tone, dimana kestabilan dan kejernihan gambar sangat dibutuhkan. Super Night Resolution membantu memberikan kejernihan saat rekaman di kondisi low light.

Teknologi ini dapat menggabungkan berbagai frame untuk mendapatkan resolusi terbaik untuk setiap video yang direkam pada malam hari. 

Semua teknologi dan kemampuan Nightography dari Samsung Galaxy S22 Ultra 5G terbukti sangat membantu dalam membuat konten video low light. Selain itu, hadir juga teknologi Super HDR yang membuat hasil rekaman video menjadi lebih realistis.

Gambar-gambar yang direkam pada kondisi low light akan membutuhkan kontras warna yang baik, dan Super HDR mampu mengoptimalkan setiap titik gelap dan terang pada video. Algoritma AI bekerja secara cerdas untuk menganalisa setiap frame untuk menyerap cahaya agar detil dan warna menjadi lebih detil di malam hari.

Membuat Video Cinematic dengan Nightography

harga samsung galaxy s22 ultra 5g

Hasil rekaman dari konten video yang direkam menggunakan Nightography dari Samsung Galaxy S22 Ultra 5G akan menjadi lebih menarik Ketika disajikan dengan gaya sinematik selayaknya sebuah film. Salah satu elemen penting dalam cinematic video adalah gambar yang stabil.

Untuk mendukung perekaman video di malam hari dengan kondisi low light, kamera yang stabil sangat dibutuhkan, dan Samsung Galaxy S22 Ultra 5G hadir dengan Super Steady System yang dibekali dengan Artificial Intelligence Video Digital Image Stabilization (AI VDIS).

Sistem ini membuat kamera dapat menganalisa pergerakan smartphone ketika digunakan hingga empat kali lebih cepat dari generasi sebelumnya, sehingga menghasilkan gambar yang stabil dengan minim getaran (shake).

Dengan semua keunggulan tersebut, maka sudah cukup meyakinkan bahwa kamera Samsung Galaxy S22 Ultra 5G adalah pilihan yang tepat untuk membuat film di malam hari. Penasaran ingin mencobanya sendiri?

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1043 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.