Diperbaharui pada Jumat, 17 September 2021 | 19:48

Huawei MatePad T8 Kids Edition, Menyenangkan dan Aman untuk Anak

review Huawei MatePad T8 Kids Edition

Pembelajaran online sempat menjelma menjadi hal yang lumrah bagi anak pra sekolah hingga mahasiswa. Meski demikian, masa transisi pandemi yang berangsur positif belakangan ini mulai memberikan celah yang baik untuk dunia belajar mengajar dengan kembali berada di ruang kelas fisik atau ruang kuliah.

Secara tidak langsung, kebutuhan akan teknologi untuk membantu pengalaman belajar baru juga menjadi kunci terbaik untuk perkembangan anak. Hal ini yang mendasari Huawei merilis MatePad T8 Kids Edition.

Produk ini miliki kesamaan yang pasti dengan versi T10 Kids Edition, yakni diperuntukan untuk anak usia dini. Tipikal produk Huawei MatePad Kids Edition ini sangat aman digunakan untuk anak.

Tidak hanya kandungan food grade pada case yang membalut bodi Huawei MatePad Kids Edition, tapi juga beragam fitur yang disediakan memiliki keamanan untuk menjaga kesehatan anak serta mampu memberikan edukasi yang lebih kreatif lewat aplikasi bawaan yang disertakan.

huawei matepad t8 kids edition

Huawei MatePad T8 Kids Edition menjadi kelanjutan dari Huawei MatePad T10 Kids Edition. Yakni sebagai komitmen Huawei untuk terus menghadirkan produk anak yang aman, nyaman, dan dapat menjadi pendukung edukasi, mengasah kreatifitas dan motorik anak. 

Kalau MatePad T10 Kids Edition digunakan untuk kakak, MatePad T8 Kids Edition cocok diberikan bagi adiknya. Karena layar yang lebih kecil yakni 8 inci sehingga adik kecil nyaman menggenggamnya. 

Huawei MatePad T8 Kids Edition juga memiliki beberapa fitur menarik untuk membantu perkembangan anak dimasa pertumbuhan.

Lantas apa saja kelebihan yang dibawa Huawei MatePad T8 Kids Edition? Apa alasan tablet Huawei terbaru ini sangat cocok jika diberikan untuk anak-anak

Guna mencari jawaban dari pertanyaan tersebut, Pricebook akan memberikan ulasan lengkap terkait review Huawei MatePad T8 Kids Edition.

Bodi Kokoh dengan Rasio Layar yang Besar

review Huawei MatePad T8 Kids Edition

Anak-anak yang lahir di tahun 2000-an memiliki kepekaan yang tajam terhadap dunia teknologi. Pesatnya perkembangan teknologi tak urung membuat generasi saat ini dituntut untuk terbiasa dan mengenal jauh lebih dekat dengan dunia digital dibandingkan generasi sebelumnya.

Tablet menjadi solusi terbaik yang mampu dengan cepat menggantikan buku sekolah fisik serta alat tulis tradisional lainnya. 

Dan memiliki teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan serta menyelaraskan minat orang tua dan anak-anak, pastinya sangat membantu.

Secara konstruksi, Huawei MatePad T8 Kids Edition bisa dikatakan sangat kokoh. Hal ini dapat kami rasakan ketika pertama kali menyentuhnya.

Karena ini merupakan jenis tablet untuk anak, sama seperti model MatePad T10 Kids Edition, sosok Huawei MatePad T8 Kids Edition ini semakin kuat daya tahan tubuhnya dengan keberadaan casing berbahan food grade.

Casingnya sendiri dilengkapi dengan sebuah tali dan juga engsel jinjing yang membuat anak-anak sangat mudah untuk membawa tablet ini layaknya sebuah tas kecil.

Bahkan para orang tua tak perlu khawatir jika tablet ini diperlakukan secara ekstrim oleh anak saat penggunaanya seperti diseret, digigit, atau bahkan sengaja atau tanpa sengaja di banting.

review huawei matepad t8 kids edition

Ini semua dikarenakan, selain sudah tersertifikasi food grade, lapisan casing berbahan karetnya cukup tebal untuk menghindarkan tablet anak Huawei MatePad T8 Kids Edition dari benturan keras.

Menilik kembali ke artikel review Huawei MatePad T10 Kids Edition sebelumnya, pastinya hal tersebut sudah sangat familiar.

Beralih ke urusan layar, Huawei MatePad T8 Kids Edition memiliki layar 8 Inci dengan rasio screen to body mencapai 80%. Ukuran ini tak bisa dianggap kecil bagi sebuah layar tablet untuk anak.

Berat tablet Huawei untuk anak yang hanya 310 gram ini juga terbilang ringan di tangan mungil anak.

Meski diperuntukan khusus sebagai tablet untuk anak, Huawei MatePad T8 Kids Edition juga tetap memberikan dukungan kamera utama 5 Megapixel dan juga kamera selfie dengan resolusi 2 Megapixel yang cukup baik untuk digunakan saat video call.

Kesehatan Tetap Terjaga, Kontrol Orang Tua Tetap Aman

review huawei matepad t8 kids edition

Dibalik layar besarnya tetap tersimpan keamanan dan kenyamanan untuk anak. Mulai dari fitur Blue Light Filter, Bumpy road alerts, eBook Mode, hingga Posture alert dihadirkan Huawei pada MatePad T8 Kids Edition untuk menjaga kualitas mata anak saat menggunakan Tablet anak ini.

Blue Light Filter memberikan pengaturan cahaya secara otomatis redup dan terang sesuai jarak pandang mata untuk memberikan kenyamanan pada pupil anak.

Selain itu, fitur Bumpy Road alerts memberikan peringatan bagi anak ketika aktif memainkan tablet sambil berjalan lewat guncangan yang terjadi agar tetap aman. Fitur ini akan terasa ketika anak memainkan tablet di dalam mobil dengan jalanan yang bergelombang.

Sementara itu, eBook Mode melindungi mata anak dari cahaya terang penuh warna sepanjang hari dengan merubahnya menjadi mode baca hitam putih. Ini sangat bermanfaat ketika anak menggunakan tablet sambil tiduran atau saat malam hari dengan penerangan cahaya yang kurang maksimal.

review Huawei MatePad T8 Kids Edition

Fitur terakhir yakni Posture Alert memberikan peringatan postur atau peringatan untuk bergerak setelah berbaring atau berada dalam satu posisi yang cukup lama.

Fitur ini sangat membantu memperbaiki posisi anak yang bisa saja menunduk atau meringkuk dalam waktu lama dan berakibat buruk pada perkembangan posturnya saat memainkan tablet.

Fitur lain yang juga cukup berguna dalam mengatasi masalah kontrol orang tua saat anak menggunakan gadget adalah Fitur Digital Balance yang berfungsi untuk mengatur manajemen waktu penggunaan tablet bagi anak.

Keberadaan fitur Digital Balance dengan opsi parent control ini juga memberi ketenangan bagi orang tua. Pasalnya, di fitur tersebut orang tua juga bisa mengatur beragam aplikasi yang bisa digunakan anak.

parent control

Selain membatasi pemakaian, orang tua juga bisa membatasi berbagai jenis aplikasi yang terdapat di dalam tablet Huawei untuk anak ini. Dengan begitu, orang tua tak lagi khawatir aplikasi apa yang dimainkan oleh anak.

Fitur ini juga dirancang untuk membantu anak-anak mengembangkan pola atau kebiasaan dalam memanfaatkan teknologi kearah yang lebih sehat dan berkelanjutan. 

Pengaturan dapat dengan mudah dimodifikasi untuk membatasi berapa kali sehari atau berapa lama anak diperbolehkan menggunakan tablet mereka.

Aplikasi Edukasi Kids Corner

review Huawei MatePad T8 Kids Edition

Perangkat Huawei MatePad T8 Kids Edition ini juga memiliki ruang edukasi atau sebuah aplikasi yang disebut Kids Corner. Kids Corner juga bisa dijadikan sebagai taman bermain virtual yang dapat dijelajahi tanpa harus mendapatkan pengawasan orang tua.

Pada dasarnya fitur ini bertindak sebagai platform untuk belajar dan bersenang-senang. Di dalamnya terdapat bermacam game edukasi yang mengasah ketrampilan, kecepatan, serta ketelitian anak.

Kids Corner menawarkan aplikasi lain yang bisa diandalkan untuk mengasah kreatifitas anak melalui karakter lucu yang terdapat pada BabyBus, Azoome, Marble Kids, dan juga Go Kids.

Menariknya, di dalam Babybus terdapat beragam permainan seru, mulai dari game menggambar, game teka-teki, hingga game lain yang mengasah otak anak dengan cara menyenangkan.

Di sana juga terdapat Azoome yang juga menjadi salah satu aplikasi penunjang seru bagi anak. Selain menjadi aplikasi rujukan untuk bermain game dukasi, lewat Azoome anak-anak akan di ajarkan cara berkomunikasi dan bertanggung jawab kepada akun.

babybus

Azoome bisa dijadikan sebagai sebagai awal perkenalan anak pada platform social media.  Baik BabyBus dan juga Azoome, keduanya juga dibekali dengan beragam video edukasi yang menarik dan menyenangkan.

Intinya, melalui aplikasi edukasi dari Huawei MatePad T8 Kids Edition ini, pengetahuan anak terkait huruf, warna, angka, serta budi pekerti serta lainnya dapat diasah dalam bentuk yang lebih menyenangkan.

Tablet Anak dengan Baterai Besar

review Huawei MatePad T8 Kids Edition

Terlepas dari segala jenis fitur parental control dan juga kesehatan anak, kurang pas rasanya jika tidak membahas masalah baterai.

Tablet Anak dari Huawei ini semakin mengesankan dengan kapasitas 5100mAh yang dimiliki. Jika digunakan tanpa pengaturan atau fitur control orang tua, MatePad T8 Kids Edition ini cukup mampu bertahan hingga 12 jam dengan penggunaan tanpa henti.

Pastinya sangat bisa membuat mata anak lelah jika memainkannya mulai dari baterai 100% hingga layar mati atau kehabisan baterai.

Ada hal unik lain yang kami temukan pada sisi baterai. Selain kapasitas besar dan tahan lama, model charging yang diusung sudah menggunakan fitur smart charge, dimana orang tua tidak perlu lagi khawatir mengisi daya baterai dalam waktu lama, atau lupa mencabut baterai.

Fitur ini cukup bisa menjauhkan kekhawatiran setiap orang tua dari resiko kecelakaan saat mengisi daya baterai.

Dengan fitur smart charge ini, Huawei MatePad T8 Kids Edition secara otomatis akan memutus arus pengisian baterai pada angka 80%. Untuk mencapai 100% orang tua hanya cukup mencabut kabel charging lalu memasang kembali untuk mengisi penuh baterai.

Harga dan ketersediaan

review huawei matepad t8 kids edition

Huawei MatePad T8 Kids Edition sudah dapat dimiliki pada periode first sale di tanggal 23 September hingga 10 Oktober dengan harga Rp 2.499.000. Kemudian untuk Huawei MatePad T10 Kids Edition dengan harga Rp 2.899.000 klik tautan berikut. Konsumen dapat melakukan pembelian secara online di Lazada, Shopee, JDID, BliBli, Tokopedia, dan eraspace.com. Untuk offline store dapat di Huawei Experience Store (HES), erafone, Urban  toko dan diler mitra Huawei.

Pada periode tersebut, setiap pembelian MatePad T8 Kids Edition dan MatePad T10 Kids Edition, konsumen akan mendapat hadiah langsung senilai Rp 3 juta berupa langganan aplikasi Baby Panda World (3 bulan VIP), azoome (1 bulan VIP membership), Vidio Premier (platinum 3 bulan), Marble Alphabet (1 bulan VIP).

Kemudian dapat memilih hadiah boneka ekslusif atau gift box. Selain itu ada pula fasilitas bunga cicilan 0% hingga 6 bulan, dan Servis VIP (Servis Online Personal). Juga produk ini didukung oleh sejumlah mitra yakni BCA, BNI, CIMB Niaga, Citi, digibank by DBS, Mandiri, GoKids, Moms ID, dan iM3 Ooredoo.  Serta ada pun dukungan dari Educa Studio.

Kesimpulan

review huawei matepad t8 kids edition

HUAWEI MatePad T8 Kids Edition ini merupakan taman bermain yang aman untuk anak-anak Anda. Mulai dari bodynya yang ringan, serta keberadaan casing food grade yang aman bagi anak, hingga layar besar yang nyaman serta tambahan kamera untuk kesenangan anak, cukup membuat Huawei MatePad T8 Kids Edition ini menjadi paket lengkap sebagai sarana atau perlengkapan baru untuk edukasi anak. 

Terlebih, selain keberadaan fitur parental control yang lengkap, Huawei juga menyediakan fitur yang menjaga kesehatan mata dan juga postur tubuh anak dalam bermain tablet.

Tertarik untuk memberikan yang terbaik pada si kecil dengan Huawei MatePad T8 Kids Edition ini? Cukup dengan mengunjungi situs resmi Huawei untuk mendapatkan info lebih lanjut, atau langsung menuju Official Store Huawei untuk langsung membeli Huawei MatePad T8 Kids Edition.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1014 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.