Diperbaharui pada Jumat, 20 Agustus 2021 | 09:00

Black Shark 4 Hadirkan Keseruan Gaming dengan Refresh Rate Tinggi

harga black shark 4Foto: Black Shark

Black Shark 4 adalah hp gaming yang dibuat untuk memberikan kepuasan dalam hal performa dan tampilan visual. Hp ini dibekali dengan prosesor handal Snapdragon 870, dan layar yang mendukung refresh rate tinggi.

Hp gaming terbaru Black Shark 4 ini hadir untuk memenuhi kebutuhan pengguna akan sebuah smartphone yang bukan hanya sekedar untuk telepon atau berkirim pesan saja, namun juga sebagai perangkat andalan untuk berkreasi dan bermain game.

Visual menjadi salah satu keunggulan utama Black Shark 4 karena layarnya sudah mendukung refresh rate 144Hz, yang tentunya akan memberikan kepuasan optimal ketika digunakan untuk bermain game.

Selain itu, Black Shark 4 juga memiliki 720Hz Touch Reporting Rate (respon sentuh) yang akan memastikan kelancaran selama penggunaannya.

Lalu apa yang menjadi rahasia dibalik keunggulan refresh rate 144Hz dan 720Hz Touch Reporting Rate yang diusung oleh Black Shark 4? Sebelum membahasnya lebih dalam, saya akan membedah spesifikasi layarnya terlebih dahulu.

Spesifikasi Layar Black Shark 4

harga black shark 4

Black Shark 4 dibekali dengan layar jenis E4 AMOLED yang memiliki ukuran 6.67 inci. Layar buatan Samsung ini tidak hanya memiliki kualitas tampilan tajam dengan kontras yang pas, namun juga hemat daya.

Layar yang diusung Black Shark 4 memiliki tingkat kecerahan hingga 1500 nits, dengan kecerahan maksimum global 900 nits, rasio kontras 5000000:1, dan mampu mengurangi pemakaian daya hingga 15% lebih hemat.

Hal yang membuat tampilan layarnya sangat nyaman untuk mata adalah kemampuannya untuk mendukung tampilan HDR 10+ dan refresh rate 144Hz. Terlebih lagi dengan tingkat respon sentuh 720Hz yang membuat navigasi pada layarnya terasa begitu halus dan cepat.

Respon sentuh 720Hz ini memberikan akurasi kontrol yang lebih responsif dan cepat, terutama ketika digunakan untuk melakukan navigasi menggunakan beberapa jari sekaligus. Akurasi sentuhannya mencapai 0,004mm.

Dengan rasio aspek 20:9, layar AMOLED-nya mampu menghasilkan tampilan visual beresolusi 1080 x 2400 piksel. Mata pun tidak akan mudah lelah ketika bermain game untuk waktu yang lama.

Berikut spesifikasi umum dari Black Shark 4:

Kriteria Spesifikasi
Nama Produk 4 RAM 8GB ROM 128GB
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Dimensi 163.8 x 76.4 x 9.9 mm
Berat 210 g
Ukuran Layar 6.67 inch
Screen Resolution 2400 x 1080 Pixel
Resolusi Kamera Belakang 48 MP
Resolusi Kamera Depan 20 MP
Kapasitas Baterai 4500 mAh
Detail Prosesor SM8250-AC Snapdragon 870
GPU Adreno 650
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Pengalaman Gaming yang Memuaskan

harga black shark 4

Seperti yang sudah saya singgung di awal artikel ini, hadirnya refresh rate 144Hz pada layar Black Shark 4 dapat memberikan pengalaman bermain game yang lebih mulus tanpa lag.

Kecepatan refresh rate yang tinggi ini mampu secara cerdas beradaptasi dengan kecepatan refresh rate pada game-game terbaru yang membutuhkan tampilan grafis berat.

Selain itu, saya juga dapat mengkustomisasi tingkat kecepatan refresh yang diinginkan, untuk disesuaikan dengan kebutuhan game yang sedang dimainkan. Pengaturannya bisa dipilih pada 60Hz, 90Hz, hingga 120Hz.

Refresh rate pada Black Shark 4 menggunakan teknologi Motion Estimation, Motion Compensastion (MEMC), sehingga kualitas gerakan yang ditampilkan menjadi jauh lebih halus dari yang saya harapkan. Singkatnya, melampaui ekspektasi.

Teknologi ini mampu meningkatkan frame rate pada konten untuk memaksimalkan tampilan visual pada layar smartphone. Perbedaan yang paling dapat saya rasakan adalah berkurangnya efek blur pada gambar-gambar slow motion, atau tayangan dengan pergerakan cepat seperti balapan.

Keunggulan refresh rate ini juga lah yang membuat Black Shark 4 layak mendapat predikat sebagai salah satu hp gaming terbaik di tahun 2021.

Performa Kencang di Kelasnya

harga black shark 4

Semua keunggulan layar Black Shark 4 di atas juga tentunya didukung oleh sektor lain seperti  prosesor dan fitur yang diusungnya. Otak dibalik performa kencangnya adalah Snapdragon 870 dari Qualcomm.

Untuk menghasilkan performa terbaik, Qualcomm menggunakan platform pembangkit tenaga konektivitas yang mampu menampilkan sistem Modem-RF Snapdragon X55 5G dan Subsistem Qualcomm FastConnect 6800 pada Snapdragon 870.

Prosesor ini juga dibekali dengan CPU Kyro 585 yang akan secara bersamaan bekerja dengan pengolah grafis Adreno 650 untuk memberikan kinerja dan tampilan visual yang terbaik di kelasnya.

Fitur Gaming yang Seru

harga black shark 4

Untuk semakin menambahkan keseruan dan kenyamanan ketika bermain game, Black Shark 4 dibekali dengan fitur Magnetic Pop-Up Triggers yang merupakan tombol fisik tambahan.

Fungsi utama dari tombol tambahan yang akan muncul dari sisi samping perangkat ini adalah untuk memberikan pengalaman bermain game seperti menggunakan joystick, sehingga navigasi pada game dapat dilakukan dengan lebih nyaman.

Untuk mengetahui secara lengkap tentang Magnetic Pop-Up Triggers, Anda bisa membaca ulasan kami sebelumnya di sini.

Perangkat Pendingin Suhu

harga black shark magnetic cooler

Selain mencoba unit Black Shark 4, saya juga mencoba aksesoris tambahannya, Black Shark Magnetic Cooler, yang merupakan perangkat pendingin smartphone dengan cincin magnet 12 Nd FeB super kuat, dan dapat dipasang pada panel belakang smartphone.

Black Shark Magnetic Cooler menggunakan teknologi chip ultra-high energy efficiency ratio refrigeration dengan standar militer, dan mampu menyalurkan hembusan penuh 360 derajat, untuk menghilangkan hawa panas.

Perangkat pendingin ini mampu mengurangi suhu hp hingga 23℃, karena dibekali dengan 112 sirip pemindah panas dengan kipas berkecepatan 7200 RPM, serta pelat yang dibuat khusus untuk memindahkan panas secara efisien.

Selain untuk mendinginkan smartphone yang akan menambah lama waktu pemakaian, terutama ketika sedang bermain game, Black Shark Magnetic Cooler ini juga dapat digunakan sebagai sandaran ketika menonton series atau Youtube.

Praktis dan ringan, karena beratnya hanya 73 gram. Perangkat yang dijual terpisah ini kompatibel dengan banyak perangkat hp, dan bila hp yang digunakan tidak memiliki area magnetik, tersedia stiker magnetik yang dapat ditempel pada panel belakang hp.

Kesimpulan

Setelah mencoba Black Shark 4, perlu saya akui bahwa kehadiran dukungan refresh rate 144Hz pada hp gaming ini, mampu memberikan pengalaman bermain game yang lebih seru.

Apalagi ditambah dengan 720Hz Touch Reporting Rate yang membuat navigasi dalam game dapat dilakukan dengan cepat dan mulus.

Untuk spesifikasi yang diberikan, saya merasa harga yang ditawarkan oleh Black Shark 4 sangat sepadan dan tidak bisa dibantah lagi, ini adalah salah satu hp gaming terbaik rekomendasi saya.

Ingin membuktikannya sendiri? Black Shark 4 tersedia di toko official Black Shark di Lazada mulai tanggal 8 Agustus 2021, dan Anda juga bisa membelinya di toko offline Erafone. 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

895 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.