Diperbaharui pada Rabu, 2 September 2020 | 16:45

Review Duo Sharp Aquos Zero 2 dan Aquos R3

hp sharp terbaru

Memasarkan ponsel dengan fitur gaming-centric sepertinya menjadi tren terbaru dalam industri smartphone. Pun begitu dengan salah satu produsen Jepang bernama SHARP yang sudah banyak dikenal di pasar teknologi dunia.

Memunculkan dua versi hp Android Sharp terbaru dengan peruntukan yang berbeda, untuk hp gaming Sharp Aquos Zero 2 jadi andalan mereka.

Sementara di kelas multimedia creative, dan baru pertama ada di kelasnya untuk kategori hp content creator adalah Sharp Aquos R3.

Hp ini merupakan update generasi terbaru dari Sharp Aquos R2 yang pernah jadi raja di pasar Jepang di penghujung tahun 2019 lalu. Lantas seperti apa kelebihan keduanya dibanding ponsel gaming dan juga hp spesifikasi dewa yang ada saat ini?

Sharp Aquos Zero 2

sharp Aquos zero 2

Sebagai perkenalan, sedikit kami akan bahas tentang spesifikasi yang dibawa hp gaming Sharp Aquos Zero 2. Ponsel gaming Sharp Aquos Zero 2 menggendong prosesor Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm) dengan Adreno 640 GPU.

Disektor penyimpanan, Aquos Zero 2 dibekali dengan pilihan RAM 8 GB serta ruang penyimpanan internal 256 GB yang sayangnya tidak dapat diperluas.

Meski bentuknya terlihat sederhana, Sharp Aquos Zero 2 sudah memiliki layar OLED dari SHARP 6,4 inci 1 Billion Colors. Tak tanggung-tanggung, resolusi yang dicapai hingga FHD + 2340 x 1080 piksel dengan kerapatan piksel 403 ppi.

Masih kurang puas? hp gaming Sharp terbaru ini sudah disertai refresh rate 240hz. Menurut pengalaman kami, Sharp Aquos Zero 2 merupakan hp gaming pertama di dunia yang mampu mencapai refresh rate 240hz.

Biasanya, kecepatan refresh 240Hz lebih tinggi kebanyakan hanya dimiliki monitor gaming desktop di luar sana. Jadi, Anda bisa membayangkan dengan baik kemana arah teknologi ponsel cerdas.

Hal tersebut mungkin tidak terlepas dari kehebatan Sharp yang sudah dikenal sebagai produsen monitor serta TV dan Smart TV selama ini.

Sudah dipastikan, mesin hp gaming Sharp Aquos Zero 2 memiliki kemampuan dua kali lipat dari beberapa hp gaming di pasar saat ini. Sebut saja Black Shark 2, Rog Phone II, Nubia Magic Red 3, hingga Razer Phone II sekalipun.

Mungkin malah mendekati atau setara dengan generasi terbaru mereka jika berbicara tentang kemampuan refresh rate layarnya. Selain ketangguhan resolusi serta refresh rate yang dimiliki, hp gaming Sharp ini juga sudah memiliki perlindungan Gorilla Glass 6.

Ditunjang dengan keberadaan Dolby Vision dan Dolby Atmos serta HDR 10, 240Hz yang dimiliki semakin mumpuni ketika bermain game. Cukup gila ketika bermain PUBG menggunakan Sharp Aquos Zero 2 ini.

Layarnya sangat nyaman dan memiliki kesan halus, mata cukup tenang memandang layar meski dengan resolusi yang besar. Adreno 640 yang digendong terasa mengeluarkan semua kemampuan manipulasi warna dan gambar pada hp ini.

Terasa berbeda ketika menggunakan Black Shark 2 maupun ROG Phone II, versi hp gaming Sharp ini bisa benar-benar dinikmati untuk bermain game.

Anda juga bisa mengatur refresh rate menjadi 120Hz dan menjadikannya lebih nyaman. Ketajaman yang diberikan tidak menurun dengan ruang pandang yang lebih luas karena peningkatan ratio pada layar.

Selain mencoba PUBG beberapa game balap pun turut kami coba untuk mengetahui karakter layar dan kekuatan yang diberikan dari refresh rate yang dimiliki Aquos Zero 2.

Dengan desain yang tak terlalu garang, hp sharp Aquos Zero 2 mampu mengubah sudut pandang kami dari segi kualitas dan performa.

Sedikit menyinggung soal kamera, Aquos Zero 2 memiliki dual kamera belakang 12.2 MP (wide) dan 20 MP (ultrawide) serta kamera depan 8 MP untuk selfie.

Dibekali port USB Type-C untuk sinkronisasi dan pengisian daya. Sharp Aquos Zero 2 berjalan pada Android 10 dan semua ini didukung oleh baterai 3130 mAh. Ini mengukur 158 x 74 x 8,8 mm (tinggi x lebar x tebal) dengan berat total 141 gram termasuk baterai.

Sharp Aquos R3

sharp aquos r3

Dihadirkan pada gelaran IFA 2019 lalu, Sharp Aquos R3 kini resmi jadi penerus dari Aquos R2. Hp terbaru Sharp Aquos R3 ini menjadi harapan perusahaan untuk kembali menghidupkan dunia smartphone kelas mid-end mereka.

Seperti namanya, smartphone ini kompak karena hadir dalam ukuran layar yang lebih kecil. Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,2 inci dengan resolusi Quad HD+ 3120 x 1440 piksel dan layar tipe ProIGZO 1 Billion Colors dengan 485 PPI (piksel per inci).

Bodinya terbuat dari logam dan Polycarbonate. Standar sertifikasi smartphone adalah IP58 dan IP6X.

Layarnya hadir dengan perlindungan dan fitur-fitur canggih seperti Corning Gorilla Glass 5, layar kaca lengkung 3D, refresh rate 120 Hz hingga Dolby Vision.

Hal yang paling menonjol pada ponsel yang pertama kali dijual di Jerman, Belanda, dan Luxembourg ini adalah sisi desain yang nyeleneh serta kemampuan terbaik kamera yang dibawa.

Memiliki dual kamera utama dengan masing-masing resolusi 12.2 MP dengan fitue OIS serta 20.1 MP dengan kapasitas super wide angle hingga 125 derajat.

Sementara untuk kebutuhan selfie, Sharp Aquos R3 mengandalkan 16.3 MP kamera dengan kapasitas wide angle 80 derajat.

Baik kamera utama maupun selfie, keduanya memiliki tingkat kejernihan yang apik. Terlebih ditambahkan dengan ProPix2 AI Reality Camera yang mampu mengontrol white balance, contrast, hingga mengatasi blur yang kapanpun bisa terjadi.

Karenanya, hp ini masuk dalam kategori hp content creator. Kami berasumsi Aquos R3 memiliki potensi untuk bersaing dengan elit Android Samsung Galaxy S10, Huawei P30 Pro atau Google Pixel 3.

Meski saat pertama diumumkan masih menggunakan Android 9, tapi saat ini Anda tak perlu khawatir karena sudah bisa menikmati Android 10 di hp ini.

Kamera menjadi lebih penting daripada performa murni smartphone sendiri. Gambar bagus dengan kualitas tertinggi, hasil bokeh pun sangat indah.

Serta bidikan malam hari yang terlihat seperti diambil dengan lampu sorot lebih cerah dengan komposisi warna yang baik. Refresh rate 120Hz pada layar termasuk sangat tinggi. Sharp memastikan tampilan dari layar Aquos R3 sangat lembut serta bebas flicker.

Dipastikan hp terbaru Sharp ini akan menyenangkan para YouTuber dan pembuat video. Bukan untuk menonton, tetapi untuk kapan pun Anda memerlukan ponsel untuk menangkap momen dan gambar dalam bentuk video.

Selain itu, Sharp Aquos R3 jadi salah satu dari sedikit smartphone di pasaran yang layarnya dapat direkam tanpa khawatir berkedip. Berkat teknologi ProIGZO Sharp, setiap piksel dapat menahan energi yang diperlukan lebih lama tanpa kehilangan.

Staf video kami, Didi Sulityo aka Acong, memuji tampilan resolusi tinggi yang bebas flicker dan Aquos R3 selama pengerjaan video Unboxing Sharp Aquos R3 dan juga Review Sharp Aquos R3.

Tak lupa, kualitas 1 milyar warna yang dimiliki juga jadi pujian terbaik untuk Sharp yang mampu hadirkan kualitas terbaik pada Sharp Aquos R3.

Bahkan dengan adanya fitur di atas, Sharp berhasil melakukan upgrade besar-besaran dari seri Aquos R2.

Kesimpulan

Kedua hp terbaru Sharp, Aquos Zero 2 dan juga Aquos R3 memiliki performa yang menjanjikan di kelasnya. Meskipun demikian, kekurangan awal hanya terdapat dari desain classic walaupun sudah memiliki desain Edges Fit serta menggunakan 3D curved glass untuk keduanya.

Menariknya, penggunaan Cutting Edge Heat Dissipation cukup menguntungkan para gamer dalam menghindari panasnya ponsel.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.