Diperbaharui pada Senin, 8 Juli 2019 | 15:06

Mengenal Teknologi Android Terbaru 2019, Lebih Banyak Fitur

Android Q

Android adalah platform paling populer di dunia saat ini, artinya produk teknologi milik Google ini memiliki pengguna dengan jumlah paling banyak dibandingkan dengan platform pintar lainnya termasuk iOS dan Windows. Karena itu wajar jika perkembangannya selalu diperhatikan oleh masyarakat dunia, kira-kira ada teknologi baru apa lagi yang dikeluarkan oleh Google untuk Android mengingat kebutuhan manusia akan produk teknologi saat ini sudah tidak mungkin disangkal lagi. Kali ini akan dibahas mengenai teknologi terbaru dari Android terutama untuk perangkat smartphone-nya, dan juga ada fitur baru apa saja dari Android Q yang merupakan sistem operasi paling anyar dari si robot hijau ini.

Teknologi Android terbaru 2019

Android QSudah mulai masuk pertengahan tahun 2019, sama dengan tahun-tahun sebelumnya tahun ini pun diwarnai dengan berbagai macam perangkat Android yang baru yang bisa Anda simak jika sedang ingin upgrade ponsel yang lama. Berikut adalah teknologi perangkat Android yang paling baru dan akan terus jadi tren di tahun 2019 ini:

Gaming smartphone yang makin ramai

Bagi para gamers akan makin dimanjakan dengan berbagai macam perangkat-perangkat ponsel baru yang didesain khusus untuk bermain game sebagai fokus utamanya. Desain yang lebih futuristik, mesin yang lebih tangguh dengan sistem pendingin yang lebih baik, plus chipset tangguh akan membuat ponsel-ponsel gaming ini makin berjaya. Beberapa gaming smartphone yang cukup laris di pasaran saat ini antara lain adalah Razer Phone 2, Asus ROG Phone, dan Xiaomi Black Shark.

Teknologi kamera yang lebih canggih

Teknologi Android 2019 selanjutnya yang makin membuat para pengguna smartphone bersemangat adalah teknologi mesin kamera dan pengolah gambar yang lebih baik dari sebelumnya. Para pembuat smartphone mulai sadar bahwa smartphone photography memiliki peningkatan yang luar biasa cepat karena didukung dengan adanya media sosial untuk berbagi foto. Tidak hanya jumlah kamera yang makin banyak, perangkat Android juga akan dilengkapi dengan perangkat lunak yang bisa mengolah jepretan kamera jadi terlihat lebih mulus dan bening.

Layar tanpa bingkai

Samsung ngotot untuk membuat desain layar tanpa bingkai atau bezelless adalah tren ponsel Android selanjutnya dan nampaknya sekarang tren ini mulai makin ada gaungnya. Berbagai macam desain ponsel premium yang baru memiliki desain tanpa bezel dan hanya memiliki lubang kecil di bagian layar untuk tempat kamera depan. Layar model seperti ini membuat tampilan layar jadi jauh lebih lebar dan memberikan pengalaman visual yang lebih nyata dibandingkan sebelumnya.

Layar lipat

Teknologi Android terbaru 2019 lainnya untuk layar selain menggunakan layar tanpa bingkai adalah layar yang bisa dilipat. Samsung Fold adalah produk nyata pertama yang menggunakan teknologi ini tapi kabarnya beberapa vendor smartphone yang lain juga sudah memiliki desain ponsel lipat untuk dirilis dalam waktu yang belum ditentukan.

Fitur Android terbaru 2019

Android

Android mulai meluncurkan sistem operasinya yang paling baru yaitu Android Q. Versi betanya sudah bisa diunduh dan digunakan hanya untuk perangkat Pixel dan sebagian perangkat Android yang baru saja. Kabarnya versi final dari Android Q ini akan diluncurkan bulan Agustus ini tapi sebagian fiturnya sudah banyak dibahas di kalangan antusias Android. Berikut adalah fitur terbaik dari Android Q:

1. Android Q mendukung perangkat dengan layar lipat dan layar berteknologi inovatif lainnya

2. Multitasking jadi lebih mudah dengan adanya gelembung mengambang yang muncul pada layar Anda. Misalnya ketika sedang membuka aplikasi tertentu kemudian ada yang mengirimkan pesan pada Anda maka Anda bisa dengan mudah saling membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi pesan sepenuhnya dan menutup aplikasi yang sedang dibuka

3. Adanya dark theme yang bisa diaktifkan dengan cara mengubah light theme menjadi dark theme untuk menjadi tema yang default, atau dengan mengaktifkan fitur battery saver. Untuk bersi beta saat ini warna nuansa gelap baru muncul di bagian pengaturan menu tapi jika sudah final nanti dark theme akan membuat seluruh tampilan Android Q Anda jadi bernuansa gelap

4. Pengguna akan memiliki kontrol yang lebih baik untuk mengatur aplikasi mana saja yang boleh dan tidak boleh mengakses data lokasi Anda, data nomor kontak, data foto dan video, dan data pribadi Anda lainnya yang disimpan di perangkat.

5. Scoped Storage adalah fitur baru yang dipasang di Android Q untuk memberikan kontrol kepada pengguna bagaimana aplikasi bisa mengakses data yang disimpan di memori eksternal

6. Live Caption adalah aplikasi bawaan Android Q yang dikembangkan untuk membantu para penyandang disabilitas atau mereka yang memiliki gangguan pendengaran dan sulit bicara agar bisa tetap berkomunikasi menggunakan ponsel dengan cara yang lebih mudah dipahami

Meski belum dikonfirmasi, kabarnya Android Q juga akan memiliki sistem perangkat lunak yang mendukung perangkat keras yang memiliki teknologi untuk menggunakan wajahnya sebagai pembuka kunci perangkat, mirip dengan Face ID yang dimiliki oleh Apple

Android Q juga akan memberikan dukungan sistem bagi perangkat yang akan menghilangkan tombol back dan menggantinya dengan gestur tertentu. Fitur ini ditanamkan untuk mendukung tren teknologi layar yang makin tidak ber-bezel sehingga para pembuat ponsel pun harus cari cara lain untuk menggantikan fungsi tiga buah tombol yang biasanya ada di bagian bawah layar.

Itu dia beberapa fitur baru Android Q yang bisa digunakan oleh pengguna awam, masih banyak lagi  fitur lainnya terutama untuk para developers pembuat aplikasi Android agar bisa membuat aplikasi yang lebih kompatibel dengan Android Q.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1096 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.