Diperbaharui pada Selasa, 6 Juni 2017 | 14:11

iOS 11 Resmi Meluncur dengan Banyak Ubahan Seru

Google telah resmi mengumumkan sistem Android baru, Android O beberapa waktu lalu. Hal ini pun membuat iOS bergerak cepat dengan mempersiapkan sistem penerus dari iOS 10.

Kabar ini pun terungkap jelas dalam ajang WWDC 2017 kemarin. CEO Apple Tim Cook resmi mengumumkan iOS 11 dengan sejumlah ubahan baru yang menarik. Pembaharuan utama pun dilakukan Apple pada sistem operasi untuk iPhone dan iPad ini agar kian nyaman dan bersaing dengan sistem Android.

Perubahan paling mencolok dalam iOS 11 ialah aplikasi SIRI yang kian pintar, aplikasi kamera yang kian responsive, hingga aplikasi Music yang kian jelas. Diharapkan ubahan ini bisa menyaingi iOS 10 yang sudah digunakan lebih dari 86% perangkat dan memperoleh 96% kepuasan konsumen.

Lalu apa saja fitur dan hal baru dalam iOS 11? Berikut ulasannya

1. Interface Baru

Salah satu ubahan penting dalam iOS terbaru ini ialah uses interface yang kian mudah digunakan. Apple menghadirkan control center untuk memudahkan penggunaan dalam satu halaman. Fitur 3D Touch pun dibuat lebih respon dan mudah diakses. Apple juga membenahi bagian lockscreen dan notification.

Apple juga menghadirkan car mode agar pengguna bisa berkonsentrasi dalam berkendara. Mode ini memungkinkan Apple mematikan semua notifikasi. Bila ada notifikasi penting, iOS 11 akan menghadirkan balasan otomatis bahwa pengguna sedang berkendara. Selain itu, Apple juga membenahi bagian file manager yang kian tertata dan bisa terhubung dengan iCloud, Dropbox hingga OneDrive.

Apple juga menghadirkan beberapa fitur baru yang sayangnya hanya berguna untuk Apple iPad Pro. Tak lupa iOS 11 juga hadir dengan mode split–screen yang kian apik.

2. Siri yang Kian Pintar

Apple Digital Assistant SIRI sudah digunakan lebih dari 375 juta pengguna setiap bulannya. Menyadari hal tersebut, Apple menghadirkan pembenahan pada SIRI agar kian pintar. Apple lebih membuat SIRI tampak manusiawi dengan suara wanita yang kian berkarakter. SIRI kini bahkan bisa mengenali kata – kata yang lebih sulit dan natural.

SIRI dalam iOS 11 bahkan bisa menerjemahkan kata dari Inggris ke Cina, Perancis, Jerman, Italia dan Spanyol dengan mudah. User interface pada SIRI pun dirubah. Ini semua untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan perangkat.

3. Apple Pay

Apple juga memperluas fitur Apple Pay dan mencakup pembayaran orang ke orang sehingga memposisikan Apple untuk menantang Venmo dan Square Cash. iOS 11 akan memperkenalkan Apple Pay Cash Card dimana pengguna akan dapat menyimpan dana yang diterima dari transaksi peer to peer. Uang ini bisa ditransfer ke rekening bank pribadi dengan mudah.

4. Aplikasi Kamera

iOS 11 memungkinkan pengguna untuk mengambil gam bar mode portrait dengan stabilasi gambar optic dengan flash atau HDR. Apple juga menambahkan efek loop dan bounce baru yang dapat digunakan ke Live Photos. Apple juga menambahkan High Efficiency Image File Format (HEIF) untuk mengecilkan file foto sehingga penyimpanan foto di iPhone atau iPad lebih lega. File yang kecil tanpa mengurangi kualitas juga memudahkan pengguna untuk membaginya secara langsung.

5. Maps Makin Lengkap

Dalam iOS 11, Apple juga membenahi bagian peta dengan menghadirkan peta dalam ruangan untuk bandara dan pusat perbelanjaan di kota-kota tertentu. Lay out mall akan tersedia untuk beberapa kota besar saja di tahun ini. Apple juga menghadirkan lebih dari 20 bandara utama termasuk bandara utama di Amerika dan beberapa bandara international.

6. Apple Music yang Makin Asyik

Berikutnya adalah adalah pembaharuan Apple Music. Di iOS 11 ini, layanan streaming musik buatan Apple tersebut memiliki fungsi mirip Spotify dengan fungsi sharing lagu dan sudah terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga seperti Shazam dan Nike+ Run Club.

7. AppStore dengan Tampilan Segar

Selain fitur-fitur baru tersebut, dalam iOS 11, Apple menghadirkan fitur lain berupa perekaman layar, keyboard satu tangan, facetime live photos dan beberapa perbaikan bug dan tweaks agar performa perangkat kian tangguh digunakan multitasking.

Kabarnya iOS 11 baru akan disebar pada musim gugur mendatang bersamaan dengan dirilisnya iPhone 8 dan iPhone 7s. Namun, untuk versi Beta sudah disebar mulai pertengahan Juni ini. Sistem operasi terbaru Apple ini bisa digunakan untuk iPhone 5s dan generasi terbaru iPhone hingga semua model iPad Air dan iPad Pro, iPad generasi kelima, iPad mini 2 dan lebih baru hingga iPod Touch generasi keenam.

Baca juga artikel:
Update iOS 10.3.2 Untuk iPhone dan iPad dengan Perbaikan Bug Terbaru
Hati-hati! Bug iOS 10 Terbaru Bisa Sebabkan Perangkat iOS Hang
Sering Hilang AirPods? Update ke iOS 10.3.1 dan Gunakan Fitur Find My AirPods
Like us!
Aris Wibowo

Contributor

3488 Posts