Diperbaharui pada Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:43

Sony Luncurkan 4 TV Bravia XR dengan Fitur Khusus PS5

harga tv sony bravia xrFoto: Sony Indonesia

Sony Indonesia meluncurkan seri TV Bravia XR terbarunya, yaitu X90J 4K LED, X95J 4K LED, A80J OLED, dan Z9J 8K LED yang merupakan rangkaian TV premium Sony dengan teknologi Cognitive Processor XR pertama di dunia.

Keempat TV terbaru Sony ini juga dibekali dengan berbagai fitur hiburan, termasuk fitur khusus yang kompatibel dengan PlayStation 5 (PS5), dan memiliki teknologi audio yang diklaim dapat memberikan pengalaman menonton seperti di bioskop.

Menurut Kazuteru Makiyama, President Director PT Sony Indonesia 4 TV Bravia XR terbaru ini akan memaksimalkan pengalaman menonton, sebagaimana mata manusia melihat dan telinga manusia mendengarkan hal yang nyata. 

Teknologi Cognitive Processor XR diklaim mampu menganalisis silang setiap titik fokus dan secara otomatis mempertajam titik tersebut secara simultan, persis seperti cara otak manusia bekerja.

Cara kerja teknologi ini berbeda dari AI konvensional hanya dapat sekedar mendeteksi dan menganalisis elemen gambar.

Selain teknologi Cognitive Processor XR, rangkaian TV BRAVIA XR juga dilengkapi dengan fitur Sound-from-Picture Reality, yang menyelaraskan posisi suara dengan gambar pada layar dan dapat mengubah suara apapun menjadi surround sound 3D.

Keempat TV Sony Bravia XR ini juga dibekali dengan fitur XR Clarity yang didukung teknologi Cognitive Processor XR yang diklaim mampu menciptakan tekstur dan detail gambar yang terlihat seperti aslinya.

Tersedia juga fitur XR 4K Upscaling pada model TV X90J, X95J, dan A80J, serta fitur XR 8K Upscaling pada TV Z9J. Fitur ini memungkinkan peningkatan pada resolusi gambar ketika menonton film.

Panel X-Wide pada TV X95J dan Z9J akan memastikan kualitas gambar yang diklaim akan berubah bila dilihat dari sisi manapun. Warna akan tetap asli dari semua sisi.

harga tv sony bravia xrFoto: Sony Indonesia

Bagi pemilik PS5, rangkaianTV Sony Bravia XR terbaru ini dibekali dengan fitur yang didesain secara khusus untuk perangkat konsol game PlayStation 5 seperti Auto HDR Tone Mappin dan  Auto Genre Picture Mode, yang mendukung kompatibilitas HDMI 2.1 untuk resolusi dan frame rate tinggi 4K 120fps.

Fitur Auto HDR Tone Mapping diklaim mampu mengoptimalkan pengaturan HDR secara otomatis saat melakukan pengaturan awal dengan PS5. Fitur ini akan memberikan gambar optimal yang secara khusus disesuaikan dengan produk TV BRAVIA XR yang digunakan. 

Sementara itu, fitur Auto Genre Picture Mode akan secara otomatis membuat TV beralih ke mode gaming untuk memberikan aksi yang lebih responsif saat bermain game favorit. 

Keempat TV BRAVIA XR terbaru ini sudah didukung oleh Google TV yang terhubung dengan hands-free Google Assistant dan mendapat sertifikasi IMAX Enhanced TV.

Seri TV Sony BRAVIA XR dibanderol dengan harga mulai dari Rp16.999.000.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1495 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.