Diperbaharui pada Selasa, 27 Juli 2021 | 17:11

MediaTek Luncurkan Chip Kompanio 1300T, Ini 5 Keunggulannya

chipset mediatek terbaruFoto: MediaTek

MediaTek mengumumkan peluncuran Kompanio 1300T pada Selasa (27/7). Kompanio 1300T merupakan sebuah SoC yang dirancang untuk memberikan pengalaman luar biasa di seluruh perangkat komputasi. 

Kompanio 1300T dibangun di atas teknologi proses 6nm terdepan dan mampu menghadirkan performa premium pada tablet dengan kecanggihan teknologi 5G, multimedia, AI, dan gaming untuk pengalaman pengguna premium. 

Chip baru MediaTek ini memungkinkan OEM untuk menciptakan tablet yang kuat, ringan, dan portabel untuk kebutuhan belajar mengajar daring, bisnis, layanan streaming, game, dan aplikasi-aplikasi AI.

Spesifikasi Kompanio 1300T

Chip Kompanio 1300T dibangun di atas teknologi proses 6nm TSMC dan mengintegrasikan CPU octa-core dengan core Arm Cortex-A78 yang berkinerja tinggi dan core Arm Cortex-A55 yang hemat daya. 

Selain itu, nine-core Arm Mali-G77 MC9 GPU berperforma tinggi memberikan kinerja komputasi premium dan mendukung kecepatan frame yang tinggi untuk gaming yang lebih lama dan lebih lancar.

Perangkat yang dibekali dengan Kompanio 1300T dapat menghadirkan konektivitas Wi-Fi yang lebih cepat untuk mendukung kinerja ultra-efisien dan masa pakai baterai yang diklaim lebih awet

Chip ini menggabungkan APU (AI processing unit) dari MediaTek untuk menghadirkan daya komputasi AI yang kuat dan hemat energi untuk aplikasi suara dan visual terbaru.

Selain itu, Kompanio 1300T juga dapat mengintegrasikan teknologi 5G dari MediaTek, dengan dukungan atas rangkaian lengkap 5G sub-6GHz band, 5G-2CA serta Dual 5G SIM, selain mendukung peningkatan 5G Elevator Mode & 5G HSR Mode.

Kinerja tersebut memungkinkan pengguna perangkat untuk menikmati konektivitas berkecepatan tinggi di berbagai aplikasi. 

Sedangkan untuk multimedia, Kompanio 1300T mendukung teknologi multi-scene HDR10+, AI-PQ (picture quality) dan mesin pelindung mata chip-level MediaTek untuk memfilter cahaya biru.

Tersedia juga dukungan untuk monitor ganda dengan dua layar full HD, untuk memberikan pengguna pengalaman visual terbaik. 

Chip ini juga mendukung teknologi perekaman video HDR 4K dan mengintegrasikan fitur pencitraan, encoding, decoding, dan pemutaran terbaru untuk kemampuan video 4K yang optimal.

5 Keunggulan Kompanio 1300T

chipset terbaru mediatekFoto: MediaTek

1. Tampilan Warna yang Disempurnakan

Chip ini mendukung tampilan 2.5K dengan kecepatan refresh rate hingga 120Hz, juga mengintegrasikan teknologi kecepatan frame dinamis yang cerdas dan dukungan untuk pemutaran playback video HDR10+. 

Dilengkapi dengan teknologi MiraVision MediaTek dan mesin pelindung mata, Kompanio 1300T dapat secara cerdas mengubah atribut gambar seperti saturasi rona, kecerahan, ketajaman, resolusi, dan kecepatan frame untuk meningkatkan kualitas visual.

2. Pencitraan Profesional

Chip terbaru dari MediaTek ini memungkinkan desain multi-kamera dengan kamera 108MP, encoding dan decoding video 4K 60fps, perekaman video HDR 4K chip-level, Multi-Depth Smart Focus dan AI-Clear Streaming untuk fotografi superior, perekaman video, dan kemampuan streaming langsung.

3. Pengenalan Suara Cerdas

Kompanio 1300T memungkinkan asisten suara bertenaga AI dan mengintegrasikan fungsi voice on wakeup (VoW) berdaya sangat rendah. 

Dengan beberapa kerangka kerja audio bawaan, ini memberikan decoding audio yang sangat baik dan output audio multi-saluran, yang akan menciptakan pengalaman audio-visual yang menakjubkan.

4. Pengalaman Gaming yang Ditingkatkan

Platform baru ini menampilkan HyperEngine 3.0 MediaTek dan pengoptimalan gaming untuk jaringan, kontrol, performa, efisiensi daya, dan kualitas gambar, yang memberikan para gamer keunggulan sepersekian detik dalam gaming untuk mengungguli permainan.

5. Koneksi Berkecepatan Tinggi

Dengan tersedianya dukungan full band untuk 5G Sub-6GHz dan 2CC Carrier Aggregation (2CC CA), Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2, chip Kompanio 1300T memungkinkan koneksi jaringan berkecepatan tinggi di semua skenario, baik pengguna terhubung melalui jaringan broadband seluler atau nirkabel.

Chip Kompanio kini telah diadopsi secara luas oleh banyak produsen perangkat, termasuk Chromebook dan tablet. Komputer tablet yang ditenagai oleh platform Kompanio 1300T rencananya akan diumumkan pada kuartal ketiga tahun 2021.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

786 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.