Diperbaharui pada Selasa, 29 Juni 2021 | 17:56

5 Keunggulan MediaTek Dimensity 5G Open Resource Architecture

mediatek Dimensity 5G Resource ArchitectureFoto: MediaTek

MediaTek mengumumkan Dimensity 5G Resource Architecture yang akan memberikan akses kepada produsen kustomisasi perangkat dengan menyediakan akses closer-to-metal pada chipset Dimensity 1200.

Kostumisasi ini memberikan fleksibilitas kepada produsen smartphone untuk untuk menyesuaikan fitur-fitur pada produk smartphone buatannya seperti AI, multimedia, dan kamera

Dimensity 5G Open Resource Architecture juga memberikan fleksibilitas lebih untuk menyesuaikan ragam fitur utama perangkat smartphone 5G untuk menghadapi ragam segmen pasar yang berbeda. 

Selain akses closer-to-metal untuk fitur-fitur kamera, tampilan, grafik, dan artificial intelligence (AI) processing units (APU), teknologi ini juga dapat menyesuaikan sensor dan sub-sistem konektivitas dalam chipset Dimensity 1200.

MediaTek Dimensity 5G Open Resource ArchitectureFoto: MediaTek

MediaTek Dimensity 5G Open Resource Architecture dapat diaplikasikan untuk memberikan penyesuaian sbb:

Pengalaman Multimedia: Dengan akses ke in-chip, AI multi-core dan prosesor display, produsen smartphone dapat menyesuaikan pengalaman multimedia dan menghadirkan lebih banyak sinergi antara chipset dan tampilan layar, serta perangkat keras audio.

Artificial Intelligence Picture Quality (AI-PQ) dan AI Super Resolution (AI-SR) dari MediaTek dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan algoritme dengan kustomisasi parameter video dan deteksi skenario yang didukung oleh data pembelajaran mendalam, atau menyesuaikan elemen tampilan secara dinamis.

Multiprosesor Hibrida: Arsitektur sumber daya terbuka ini dapat menyempurnakan performa perangkat dan efisiensi daya melalui penyesuaian penetapan beban kerja di seluruh sumber daya pemrosesan chipset. 

Penyempurnaan ini termasuk pada unit pemrosesan pusat (CPU), unit pemrosesan grafis (GPU), akselerator pembelajaran mendalam, dan prosesor visual.

Pemrosesan AI: Menggunakan fondasi NeuroPilot dari MediaTek, produsen smartphone akan memiliki akses yang lebih baik ke MediaTek deep learning accelerator (DLA) dalam MediaTek APU. 

Keunggulan ini memungkinkan penerapan kustomisasi pada penjadwal multi-threaded dan algoritme yang disesuaikan. 

Akses yang dapat dipilih termasuk kemampuan DLA untuk mengintegrasikan tipe data INT8, INT16 dan FP16 dalam satu perangkat keras AI, yang meningkatkan tingkat presisi perangkat, kinerja, dan efisiensi daya.

Mesin Pemroses Kamera: Produsen smartphone akan mendapatkan akses mentah ke image signal processor (ISP) kamera untuk secara langsung mengontrol aliran data yang segera mengikuti setelah konten diambil. 

Dimensity 5G Open Resource Architecture dari MediaTek ini memberi  akses ke mesin perangkat keras kamera low-level dari chipset Dimensity 1200 untuk mengoptimalkan konfigurasi agar sesuai dengan parameter, sensor kamera, dan pengaturan perangkat lunak yang mereka pilih. 

Dengan keunggulan ini, maka produsen smartphone dapat menyesuaikan mesin pemrosesan visual berbasis perangkat keras chipset, seperti pemetaan kedalaman, stabilisasi gambar, mesin warp, koreksi warna, dan lain-lain.

Konektivitas: MediaTek Dimensity 5G Open Resource juga dapat digunakan untuk menyinkronkan fitur Bluetooth terbaru dengan profil untuk mencocokkan aksesori nirkabel seperti headset atau periferal game.

MediaTek mengungungkapkan bahwa teknologi Dimensity 5G Open Resource Architecture akan secepatnya diterapkan pada perangkat smartphone yang mengusung chipset Dimensity 1200, dan akan tersedia di pasar global mulai Juli 2021.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1496 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.