Diperbaharui pada Kamis, 10 Juni 2021 | 13:00

Samsung Chromebook 4, Teman Belajar yang Asik

Oleh Nur Abdillah

Samsung Chromebook 4
Jika Anda sedang mencari laptop untuk mendukung kegiatan balajar anak, baik pembelajaran jarak jauh maupun tatap muka terbatas, tidak ada salahnya mencoba Samsung Chromebook 4.

Bukan tanpa alasan, karena Chromebook Samsung pertama dihadirkan di Indonesia ini bobotnya sangat ringan hanya 1,18kg dengan layar 11,6 inci dan resolusi HD. Ketebalannya hanya 16,7mm, jadi sangat nyaman untuk dibawa kemanapun.

Tidak hanya itu, Samsung Chromebook 4 juga mempunyai durabilitas tinggi serta di dukung daya baterai yang tahan hingga 12,5 jam, sesuai untuk para pelajar Indonesia.

Menurut Lukman Basuki, IT & Mobile B2B Business Senior Manager, Samsung Electronics Indonesia, Samsung Chromebook 4 menyajikan pengalaman Chrome OS yang sederhana, cepat, dan seamless, mengoptimalkan teknologi cloud untuk mendukung sistem belajar mengajar yang inovatif dan kolaboratif.

“Samsung Chromebook 4 membantu keseharian siswa yang multitasking, berpindah dengan mudah antara video call dengan guru, kerja kelompok dengan teman sekelas, mencari inspirasi tugas di Youtube, menyusun karangan, dan banyak lagi,” tambahnya. 

Secara performa, Samsung Chromebook 4 mengombinasikan prosesor Intel Celeron Processor N4020 yang didukung RAM 4GB LPDDR4 serta ruang penyimpanan 32GB eMMC.

Samsung Chromebook 4
Perangkat ini berjalan dengan Chrome OS dan sudah menggunakan konektivitas Gigabit Wi-Fi yang memungkinkan perangkat ini men-download dan meng-upload data berukuran besar dengan cepat. 

Chrome OS juga memungkinkan akses yang cepat ke aplikasi-aplikasi penting untuk keperluan sekolah termasuk cloud database. Untuk akses yang mudah, aplikasi dan penyimpanan data bisa dilakukan melalui cloud yang mudah diakses oleh guru dan siswa.

Mulai dari mengakses kelas online, bahan pelajaran, materi pekerjaan rumah, catatan-catatan kelas, maupun tugas-tugas yang membutuhkan kolaborasi, dari mana saja sepanjang koneksi Internet tersedia. Sekolah pun tidak perlu menambahkan harddisk dengan kapasitas besar karena semua materi belajar mengajar tersimpan di cloud. 

Pengalaman cloud bisa langsung dinikmati pengguna Chromebook 4 yang terintegrasi secara seamless dengan layanan aplikasi Google. Sebut saja seperti Classroom, Gmail, Meet dan Drive yang dilindungi perlindungan keamanan digital yang berlapis.

Kegiatan belajar anak juga makin lengkap berkat adanya stereo speaker, mic digital internal, dan kamera HD 720p yang membantu video conference kelas online. 

Yang tak kalah penting, Chromebook 4 sudah dilengkapi dengan baterai yang mendukung waktu pakai hingga 12,5 jam tanpa perlu terus duduk di dekat colokan listrik. 

Samsung memberikan perlindungan dan kemudahan pengelolaan terhadap seluruh perangkat Samsung Chromebook 4. Bagi lembaga pendidikan yang menggunakan Samsung Chromebook 4, disediakan update berkala Operating System dan software, serta security patches secara reguler untuk mencegah terjadinya kebocoran data dan meminimalisir risiko serangan siber. 

“Dirancang ramping dan ringan, Samsung Chromebook 4 memiliki durabilitas tinggi, memenuhi standar military-grade (Mil-STD-810G[1]) yang telah diuji mencakup transit drop, getaran, suhu tinggi, maupun perubahan suhu ekstrim, sehingga sangat aman dan tangguh untuk dibawa-bawa dan juga penggunaan terus-menerus,” kata Lukman.

Like us!

Komentar