Diperbaharui pada Senin, 17 Mei 2021 | 15:33

MediaTek Luncurkan Dimensity 900, OPPO Reno6 Jadi yang Pertama?

hp mediatek dimensity 900Foto: MediaTek

MediaTek kembali mengembangkan jajaran platform 5G mereka dengan meluncurkan chipset Dimensity 900 yang mendukung kamera 108 MP, refresh rate 120Hz, dan perekaman video 4K HDR.

Prosesor yang digadang-gadang akan langsung head to head dengan prosesor 5G dari Snapdragon seri 700 milik Qualcomm ini diklaim mampu mencapai frekuensi CPU maksimum hingga 2.4Hz.

Pengolah grafis (GPU) dari MediaTek Dimensity 900 memiliki basis desain ARM Mali-G68, dengan dukungan untuk WiFi-6 dan Bluetooth 5.2

Spesifikasi ini menempatkan smartphone dengan MediaTek Dimensity 900 di kelas mid-range, atau menengah, sehingga harga yang ditawarkan kemungkinan masih dalam kisaran harga yang terjangkau.

hp mediatek dimensity 900Foto: MediaTek

Pada penggunaan kamera normal, MediaTek Dimensity 900 diklaim mampu mendukung pemotretan dengan menggunakan empat buah kamera secara bersamaan, dan dukungan video 4K HDR yang pada umumnya hanya ada pada smartphone flagship.

Bagi pengguna smartphone yang lebih mengutamakan kualitas tampilan layar, kemampuan MediaTek Dimensity 900 untuk mendukung refresh rate 120Hz perlu diperhitungkan.

Refresh rate 120Hz sangat nyaman ketika smartphone digunakan untuk bermain game, karena akan memaksimalkan kualitas tampilan grafis dari game yang sedang dimainkan. Jadi bukan tidak mungkin kalau hp MediaTek Dimensity 900 juga memiliki salah satu keunggulan pada gaming.

Terlebih lagi, smartphone di segmen kelas menengah yang ada di pasaran saat ini, rata-rata hanya mendukung refresh rate antara 60 – 90Hz saja. Hp dengan refresh rate yang tinggi, cenderung lebih diminati.

OPPO kabarnya akan menjadi vendor pertama yang akan menggunakan MediaTek Dimensity 900. Rumor menyebutkan bahwa hp pertama yang akan mengusung prosesor ini adalah OPPO Reno6.

Sejauh mana kebenaran kabar tersebut, masih belum dapat dikonfirmasi, karena rumor lain menyebutkan bahwa OPPO Reno6 akan mengusung MediaTek Dimensity 1200. Hingga kini belum ada pernyataan resmi baik dari MediaTek, maupun OPPO. Kita tunggu saja.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.