Diperbaharui pada Jumat, 30 April 2021 | 14:38

VW ID 4 dan VW ID 4 GTX, Mobil Listrik 299 Tenaga Kuda

Oleh Imam Ali

vw id 4 GTX

Crossover listrik Volkswagen ID 4 baru saja mulai beredar di AS. Belum selesai keriuhannya, VW mendorong langsung dengan turut memunculkan versi dengan ID 4 dengan performa terbaik yang dijuluki GTX di Jerman.

Perbedaan utama antara VW ID 4 standar dan VW ID 4 GTX adalah penambahan motor kedua yang meningkatkan performa secara signifikan. VW mengklaim GTX mampu memberikan kekuatan 299 tenaga kuda dengan catatan waktu 0-60 mph hanya 6,2 detik, cukup solid untuk crossover listrik.

GTX juga mendapat keuntungan dari tampilan yang sedikit lebih agresif berkat kaki-kaki yang  

macho. Ditambah dengan trim gelap dan beberapa elemen desain pencahayaan baru, seperti lampu rem yang membentuk huruf X saat menyala.

Volkswagen mengatakan tujuannya adalah untuk membuat ID 4 GTX ini terlihat seperti Mark VIII GTI, hasilnya hampir mendekati kewewahannya.

interior vw id 4 gtx

Interiornya juga dipastikan berbeda dengan interior standar ID 4 yang polos, tetapi mungkin tidak sesuai dengan selera semua orang. Itu karena dashboard GTX dan juga wilayah pilar pintu dibungkus dengan kulit imitasi biru diimbangi jahitan merah.

Agak aneh dan bentrok, desain luar mobil terlihat sangar, namun gaya elegan di bagian dalam yang disuguhkan kurang gahar meski jahitan merah pada jok masih bisa mengobati mata yang sayu.

GTX di AS mengusung motor ganda ID 4 dengan spesifikasi yang pada dasarnya sama. Harga Jerman untuk ID 4 GTX mulai dari 50.415 euro (sekitar $ 61.000, meskipun itu termasuk pajak), dan itu akan mulai menjangkau pelanggan di Eropa musim panas ini.

Lantas, apakah kedua mobil Volkswagen ini akan masuk ke pasar Indonesia? Terlebih dengan kebijakan PPnBM di pasar otomotif Indonesia saat ini dan juga VW cukup mendapat tempat yang baik di mata konsumen Indonesia.

Like us!

Komentar