Diperbaharui pada Selasa, 13 April 2021 | 20:17

Harrier VS Harrier, Tata VS Toyota, Menang Mana?

Oleh Imam Ali

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Penamaan mobil dalam industri otomotif merupakan salah satu tindakan yang paling sulit dalam bisnis.

Anda membutuhkan sebuah nama yang sekali diperdengarkan dapat langsung menggiring orang terkait dengan mobil atau perusahaan pembuatnya. 

Ini akan membuat setiap orang ketika mendengar istilah atau kata yang berkaitan dengan nama mobil tersebut akan langsung membuat orang melukis gambar mobil tersebut dalam memori meskipun yang dimaksud adalah produk lain dengan nama yang sama.

Seperti halnya ketika seseorang menyebutkan kata Kijang, bisa jadi yang Anda pikirkan adalah Toyota Kijang dan bukan hewan Kijang.

Terkait penamaan, ada yang unik dari salah satu perusahaan produsen otomotif asal India Tata.

Perusahaan yang dikenal dengan sebutan Tata Motor di Indonesia ini sepertinya sudah malas untuk memberikan nama baru pada SUV terbaru buatan mereka.

Uniknya, bukan nama tentang aktor Bollywood ataupun cerita Ramayana dan Mahabharata, tapi malah menggunakan nama yang persis dengan SUV milik Toyota.

Harrier, nama tersebut merupakan salah satu nama besar SUV besutan produsen Jepang yang cukup melegenda. Bahkan keunikan lain pun hadir dari desainnya yang kami anggap cukup hampir menyerupai.

Karena hal tersebut, kami tertarik untuk mengulas perbedaan dari kedua Harrier ini. Berikut adalah beberapa poin untuk membantu Anda membedakan keduanya dan melihat mana yang lebih unggul. Harrier atau Harrier, Toyota atau Tata, Jepang atau India?

Eksterior

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Perbedaan terbesar antara kedua Harrier adalah Tata sedikit lebih tajam dari bagian belakang dimana Toyota lebih melengkung yang menambah tampilan premium.

Kedua mobil ini memiliki atap miring untuk memberikan tampilan sedikit sporty, tetapi Toyota Harrier terlihat lebih terlihat sementara Tata Harrier tidak terlalu terlihat kecuali jika Anda memperhatikan dengan lebih seksama.

Bagian depan Toyota Harrier memiliki lampu depan LED tajam yang terintegrasi dengan gril krom depan.

Di sisi lain, bagian depan Tata Harrier serupa tetapi dengan DRL dan lampu depan yang lebih tajam dan terpisah, tidak seperti Toyota yang berada di tempat yang sama.

Penampilan mobil adalah preferensi pribadi dan yang satu ini, kami memberikan kemenangan kepada Toyota Harrier karena tampilan mobilnya yang premium.

Hal ini sama sekali tidak membuat Tata Harrier terlihat jelek atau jelek karena memiliki kelebihan tersendiri dalam penampilan dibandingkan Toyota. 

Tetapi menilik dari masalah aero dinamis, kami lebih memilih mobil yang lebih melengkung daripada yang tampak lebih tajam.

Interior

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Sekilas saja, Toyota Harrier memiliki tampilan yang lebih premium jika dibandingkan dengan Tata Harrier yang terlihat agak hambar dengan balutan warna senada di sekelilingnya.

Interior Toyota Harrier memiliki kombinasi warna hitam dan biru yang sangat bagus yang membuatnya terlihat sangat rapi.

Toyota Harrier sudah dibekali head unit 7 inci model terbaru. Tapi disisi lain, Tata Harrier mendominasi dengan berbekal head unit 8,8 inci.

Dari segi entertainment, mulai dari unit music player hingga speaker Tata terlihat lebih unggul. Untuk urusan panel ventilasi AC, baik Toyota dan Tata memiliki jumlah dan posisi yang sama.

Bagian yang terlihat lebih menarik dari Harrier milik Toyota dibanding Harrier milik Tata adalah kombinasi warna panel dashboard dan tacometer.

Mesin

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Tata Harrier didukung mesin Kryotec 2.0 L Diesel dengan daya maksimum 167.67bhp dan 350Nm.

Sedangkan Toyota Harrier, memiliki mesin bensin hybrid 2.5L yang didukung oleh dua motor listrik. Ini menghasilkan tenaga 194hp dan torsi maksimum 213Nm.

Tata memiliki torsi lebih besar tetapi lebih sedikit hp sementara Toyota memiliki lebih banyak hp namun torsi lebih sedikit.

Mari kita lakukan penjelasan singkat tentang apa artinya. Semakin banyak torsi yang dimiliki mesin, semakin banyak 'pekerjaan' yang dapat dilakukannya sementara tenaga kuda adalah seberapa cepat 'pekerjaan' yang sama dapat dilakukan.

Lebih banyak tenaga kuda berarti lebih banyak kecepatan sementara lebih banyak torsi berarti lebih banyak kekuatan.

Mobil balap ringan memiliki lebih banyak tenaga kuda lebih sedikit torsi sementara truk memiliki lebih banyak torsi dan lebih sedikit tenaga kuda.

Sekarang sudah jelas mobil mana yang harus mengerti maksudnya lagi. Dalam kendaraan untuk penggunaan pribadi, lebih banyak tenaga kuda lebih unggul daripada lebih banyak torsi.

Fitur

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Tata Harrier mendapatkan head unit 8,8 inci bersama dengan 9 speaker JBL premium. Sistem intertainment yang dimiliki mendukung permainan Android auto dan apple car yang sekarang menjadi norma.

Sedangkan Toyota, kelengkapan intertainment yang dimiliki terasa kurang di zaman sekarang.

Beberapa produk mobil Toyota sudah mendapatkan fitur Appel Car Play dan dukungan otomatis Android, sayangnya Toyota Harrier bukan salah satunya.

Ini adalah poin minus yang sangat besar dan tentunya memungkinkan Tata Harrier menang atas Toyota.

Namun, ketika muncul versi facelift di tahun 2021 ini, Toyota seakan mengamuk dalam menjejalkan beragam perangkat intertainment premium di dalam Harrier terbaru mereka.

Bagasi

Ruang bagasi dasar Toyota Harrier dengan semua jok tegak sekitar 456 liter sedangkan Tata Harrier berkapasitas 425 liter.

Kedua mobil memiliki fitur split 60:40 yang memungkinkan lebih banyak ruang. Jika dilihat secara kasat mata, keduanya masih masuk ke dalam kategori imbang.

BBM

Toyota Harrier vs Tata Harrier

Di sinilah letak kemiripan keduanya, sama-sama menawarkan jarak tempuh serupa yaitu 15-16 km / l Liter dalam kondisi berkendara normal.

Namun tetap waspada, karena ketika melaju di jalan dengan kondisi kemacetan yang tinggi, mobil ini seperti kelaparan dengan konsumsi masing-masing mencapai 8-10 km / 1 Liter.

Keamanan

Satu-satunya perbedaan terbesar pada kedua mobil tersebut adalah tidak adanya Paket "Toyota Safety Sense P" di Tata Harrier.

Fitur Safety Sense P Package, Adaptive cruise control, lane departure alert, adaptive high beam system. Fitur ini tidak tersedia di Tata Harrier.

Tapi fitur keselamatan lainnya seperti ABS dengan EBD, airbag, bantuan pendakian bukit, sistem kontrol traksi, program stabilitas elektronik semuanya ada di kedua Harrier.

Kesimpulan

Baik Tata dan Toyota bisa meluncur dengan kedua Harrier mereka tapi itu akan membuat perbedaan harganya mungkin agak terlalu tinggi.

Secara keseluruhan, keduanya adalah mobil yang benar-benar solid dan akan menyenangkan melihat mereka bertarung saat Toyota Harrier diluncurkan di India.

Like us!

Komentar