Diperbaharui pada Selasa, 13 April 2021 | 13:49

Toyota Harrier Baru 2000cc, Tampang Sangar 800 Jutaan, Hybrid?

Oleh Imam Ali

Toyota Harrier 2021

Toyota sejatinya telah resmi meluncurkan Harrier generasi baru atau versi 2021 ini secara global pada Juni 2020 lalu.

Usai hadir lebih dulu di Jepang, kemudian Amerika Serikat dengan nama Venza, kini Toyota Harrier terbaru juga telah dipasarkan di Asia Tenggara.

Harrier generasi baru yang hanya tersedia dalam satu pilihan mesin yakni M20A-FKS berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga 173 ps atau setara 171 tk dan torsi 203 Nm dengan transmisi otomatis CVT.

Tenaga ini jelas lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya yang mencapai 231 ps atau setara 229 tk dan torsi 350 Nm.

Meski begitu, akselerasi mobil ini masih terbilang baik. Menurut klaimnya, SUV ini sanggup berakselerasi 0-100 kpj dalam 9,7 detik, serta memiliki kecepatan maksimal 190 kpj.

Toyota Harrier 2021

Sementara itu, klaim konsumsi bahan bakarnya juga terbilang irit, mencapai 15,3 km per liter. Raihan ini bahkan meningkat dari model sebelumnya yang mengusung mesin turbo, sekitar 13 km per liter.

Selain ubahan dari sektor dapur pacu, basis mobil ini kini menggunakan TNGA-K, yang sedikit lebih besar dan lebih rendah dari sebelumnya.

Desain secara umum masih membawa bahasa yang mirip dengan pendahulunya. Namun terasa lebih segar, terutama bagian lampu depan dan belakang yang kini jauh lebih modern menggunakan LED teknologi baru.

Pada sektor kaki-kaki, pelek kini mendapat desain baru dual-tone berukuran 18 inci. Sedangkan suspensi masih menggunakan MacPherson strut di depan dan double wishbones di belakang.

Namun Toyota menyebutkan bahwa geometri suspensi telah diubah, sehingga performa lebih baik, dengan keseimbangan handling yang lebih terjaga.

interior Toyota Harrier 2021

Alhasil peredaman kabin bakal lebih halus lagi. Soal kenyamanan, Harrier tampaknya telah banyak berbenah. Disebutkan juga bahwa kekedapan kabin jauh lebih baik, berkat sistem penggerak yang lebih halus.

Adapun di kabin terdapat interior yang tampak berbeda lebih mewah dari sebelumnya. Bahkan ada sejumlah fitur baru, termasuk panoramic sunroof yang dapat diredupkan dan juga kaca spion digital.

Head unit sudah mengusung teknologi terkini, di mana telah dilengkapi dengan Apple CarPlay dan konektivitas Android Auto.

Tersedia juga enam buah speaker, head up display, serta kamera mundur yang akan memudahkan Anda.

Tak ketinggalan terdapat fitur wireless charging, dual zone AC dengan teknologi Nanoe X, heated steering wheel, heated and ventilation seats, dashcam, power tailgate, dan Toyota Safety Sense.

Toyota Harrier Hybrid

Toyota Harrier hybrid 2021

Toyota Harrier versi 2021 kabarnya bakal hadir dalam varian hybrid juga. Generasi terbaru Toyota Harrier ini akan menjadi perbaruan besar yang dilakukan sejak terakhir kali SUV keluaran pabrikan otomotif asal Jepang tersebut mendapat penyegaran pada 2014.

Toyota Harrier 2021 mendapat peningkatan dengan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), yang membuat SUV perkotaan ini berdimensi sedikit lebih besar dari versi terdahulunya dan memungkinkannya untuk dibekali dua varian mesin.

Pilihannya adalah mesin konvensional 4-silinder berkapasitas 2.000 cc yang dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT, serta mesin berkapasitas 2.500 cc dengan teknologi hybrid dan  direct injection.

Masing-masing mampu menyemburkan tenaga hingga 171 hp pada 6.600 rpm dan 222 hp. Baik model konvensional maupun hybrid Toyota Harrier terbaru ini akan hadir dalam varian dengan konfigurasi front-wheel drive (FWD) dan all-wheel drive (AWD).

Tidak hanya hadir dengan varian dan platform baru, Toyota Harrier 2021 pun sudah dibekali bermacam sistem keselamatan dan bantuan pengemudi termutakhir, yang termasuk di antaranya fitur Toyota Safety Sense.

Toyota Harrier 2021 hybrid

Sistem keselamatan yang sudah mulai disematkan pada keluaran-keluaran terbaru Toyota ini mampu mendeteksi pejalan kaki dan pesepeda.

Untuk memudahkan pengemudi ketika memarkir Toyota Harrier-nya, ada fitur Intelligent Clearance Sonar yang didukung Parking Support Brakes yang dapat membantu mobil untuk memantau dan mengenali objek yang bergerak dengan kecepatan rendah di sekitar mobil.

Sedangkan, untuk Toyota Harrier versi hybrid, disediakan colokan listrik 1.500 watt 100 V yang dapat digunakan jika membutuhkan asupan listrik darurat untuk kebutuhan rumah tangga, layaknya genset.

Meski baru hendak dijual di Jepang, tentunya akan menjadi pengalaman luar biasa jika dapat melihat dan mencoba langsung performa dan kemampuan mobil berfitur canggih dan serba bisa seperti Toyota Harrier 2021 ini.

Bicara soal harga, kini Toyota Harrier dibanderol sekitar Rp 879,5 juta dengan pilihan warna Steel Blonde Metallic, Slate Grey Metallic, Dark Blue Metallic, Precious Black, dan White Pearl Crystal Shine.

Like us!

Komentar