Diperbaharui pada Selasa, 13 April 2021 | 13:29

Toyota GR Supra Edisi Terbatas Melaju di Eropa, Hanya 90 Unit di Dunia!

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Toyota Global

Toyota memperkenalkan GR Supra Jarama Racetrack Edition terbaru yang dipasarakan secara terbatas di Eropa dengan menawarkan elemen gaya unik dan spesifikasi tinggi.

Kehadiran Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition ini menambah jajaran eksklusif mobil supercar Toyota, dengan daya tarik fundamental khas GR Supra.

Desain dan tampilan mobil sport Toyota ini terlihat gagah, dengan warna Horizon Blue yang unik, sporty, dan mencerminkan ketangguhan di jalanan.

Desain Interior dan Eksterior

Foto: Toyota Global

Produksi Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition diproduksi secara terbatas sebanyak 90 unit, khusus untuk pelanggan di Eropa, dengan mengikuti ketentuan yang mengacu pada kode A90 coupe.

Nama unit terbaru ini terinspirasi dari sirkuit Spanyol yang menjadi lokasi pertama kalinya GR Supra diperkenalkan.

Warna Horizon Blue yang diusung GR Supra Jarama Racetrack Edition terlihat kontras dengan lapisan warna hitam doff pada velg berdiameter 19 inci dan kaliper rem berwarna merah.

Mobil ini didukung oleh mesin bawaan Supra 3000 cc 6-silinder 340 dk, dengan performa sportcar yang dibangun di atas sasis mobil yang seimbang, dan mengusung “golden ration” yang ideal antara trek ban lebar dan jarak sumbu roda pendek.

Pada bagian dalamnya, terdapat desain interior yang dilapisi kulit Alcantara hitam dengan jahitan biru. Salah satu hal menarik dari mobil ini adalah jok yang memiliki pengaturan memori dan pemanas yang terintegrasi.

Beralih ke kabinnya, terlihat sisian dasbor serat karbon yang mencantumkan nomor seri dalam proses produksi, yang juga menampilkan denah sirkuit Jarama, lengkap dengan logo khas Toyota GR Supra.

Performa Suspensi, Mesin, dan Fitur

Foto: Toyota Global

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition memiliki suspensi variabel adaptif yang dilengkapi dengan mode ‘Normal’ dan ‘Sport’, diferensial aktif, kemudi yang disetel bobotnya, dan rem sport Brembo bertenaga disertai 4 kaliper depan aluminium dan cakram depan berventilasi 348 mm.

Mesin turbo pada mobil ini disesuaikan dengan transmisi otomatis 8-speed dan dilengkapi perpindahan cepat.

Toyota GR Supra diklaim dapat menyentuh akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 4,3 detik saat menggunakan launch control, lengkap dengan torsi puncak 500 Nm yang dihasilkan dari putaran mesin 1600 hingga 4500 rpm.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition diantaranya ada navigasi satelit dengan pemetaan 3D, Apple CarPlay dan Android Auto, Supra Connect, dan sistem audio 10-speaker.

Fungsi multimedia dapat dikontrol dengan menggunakan layar sentuh jenis TFT berukuran 8,8 inci, dan untuk fungsi tertentu, dapat diaktifkan melalui fitur pengenalan suara.

Mobil ini juga memiliki rangkaian fitur keselamatan aktif yang lengkap, termasuk Pre-Collision System yang mampu mengenali pejalan kaki, dan kemampuan untuk mengenali pengendara sepeda di siang hari.

Toyota GR Supra Jarama Racetrack Edition mulai dijual di Eropa sejak akhir Maret 2021, dengan tanggal peluncuran spesifik yang bervariasi sesuai dengan pasar setiap negara.

Like us!

Komentar