Diperbaharui pada Rabu, 7 April 2021 | 15:50

Review realme 8, Hp Menengah yang Tampil Mewah

Review realme 8
realme baru saja merilis dua hp terbaru mereka ke Indonesia, salah satunya adalah realme 8. Hp ini menjadi penerus dari seri sebelumnya yaitu realme 7. Itu artinya ada beberapa perubahan yang akan ditawarkan.

Nah, apa saja perubahannya? Saya pun berkesempatan untuk memegang langsung dan menguji kemampuan dari hp realme terbaru 2021 ini.

Berikut hasil review realme 8 yang didasarkan pada pengalaman saya menggunakannya selama beberapa hari.

Unboxing realme 8

Unboxing realme 8
Kotak realme 8 sendiri masih menggunakan warna khas yaitu kuning. Logo realme dengan angka 8 sangat jelas terpampang di bagian depan. Bagian belakang tertulis beberapa spesifikasi realme 8, seperti prosesor, kapasitas memori RAM hingga warna.

Saat membuka isi kotak penjualan realme 8 kita akan mendapatkan unit smartphone, kabel USB Type-C, Adapter 30W Dart Charge, pelontar kartu SIM, pelindung layar yang sudah terpasang, case smartphone, buku panduan cepat, dan kartu garansi.

Desain Lebih Mewah

review realme 8
Tampilan realme 8 cukup stylish yang mereka sebut dengan Infinite Bold Design. Bodinya pun cukup tipis dengan ketebalan hanya 8mm, lebih tipis dari seri sebelumnya yang punya bodi 9,4mm.

realme sendiri menetapkan hp ini untuk menjadi be the best performance stylish phone in mid-range dan menjadi standar baru di segmen mid-range.

Dimana ada hal menarik di bagian cover belakangnya. Unit realme 8 yang saya terima adalah warna Cyber Silver (ada juga pilihan warna Cyber Black) yang menampilkan kesan mewah layaknya sebuah hp premium.

Terlihat sebuah garis lebar yang terdapat slogan realme ‘Dare to Leap’. Jika dilihat dari beberapa sudut ia akan menghasilkan beberapa warna. Sedangkan sisi lainnya hanya berupa garis-garis halus dengan susunan yang rapi.

review realme 8
Cuma sayangnya cover belakang ini memang masih banyak meninggalkan jejak sidik jari. Jadi saya lebih suka menggunakan case yang memang sudah disiapkan realme dalam paket pembelian.

Memang sedikit terasa lebih tebal, tapi dengan memakai case akan membuat perangkat tetap bersih dari sisa sidik jari, serta lebih aman dari resiko terkena goresan.

Masih dibagian belakang, terpasang empat modul kamera yang disusun persegi, dua di atas dan dua dibawah. Sedangkan untuk LED flash ada dibawah modul kamera berdampingan dengan tulisan 64 MP Quad Camera.

Review realme 8
Tidak ada sensor fingerprint dibagian belakang maupun samping, karena realme menempatkan sensornya di dalam layar (in display fingerprint). Kemampuan sensor fingerprint di realme 8 sangat baik, karena bisa mengenali sidik jari dalam waktu cepat tanpa menekan layar dengan keras.

Sementara untuk port rasanya tidak jauh berbeda dengan hp realme lainnya, seperti penggunaan port USB Type-C, port audio 3,5mm hingga dua speaker dibagian bawah.

Layar Super AMOLED

review realme 8
Salah satu perbedaan yang cukup signifikan realme 8 dari seri sebelumnya ada pada layarnya. Kali ini realme sudah menggunakan layar Super AMOLED di lini 8 series (seri sebelumnya masih berjenis IPS).

Resolusinya juga sudah FullHD+ 1080 x 2400 pixel yang terpampang dalam ukuran layar 6,4 inci dengan tingkat kecerahan mencapai 1000 nits. Untuk penggunaan di dalam ruangan layarnya cukup memanjakan.

Tapi masih memiliki kelemahan ketika berada di bawah pancaran sinar matahari. Karena saya masih terasa sedikit kesulitan saat menggunakannya diluar ruangan di cuaca yang cerah.

Selain itu, resfresh rate layar ini juga masih standar 60Hz yang lebih rendah dari generasi sebelumnya dengan kapasitas 90Hz. Jadi disini realme memilih untuk meningkatkan kualitas warna layar dengan menurunkan tingkat resfresh rate.

Bagi saya sebenarnya ini bukan masalah besar, karena dengan 60Hz pun layar ini masih sangat nyaman digunakan. Tapi seandainya realme tidak menurunkannya tentunya akan jauh lebih baik.

Apalagi secara umum kualitas tampilan layarnya sangat bagus dengan warna yang benar-benar menonjol. Dan saya sangat menikmati tampilan layarnya untuk menonton Netflix, Youtube hinga bermain game.

realme UI 2.0 dan NFC

review realme 8
realme 8 sendiri berjalan dengan realme UI 2.0 berbasis Android 11. UI terbaru ini bisa dibilang cukup cepat dan lebih responsif serta membawa beberapa aplikasi bawaan. Tapi bila tidak dipakai kita masih bisa menghapusnya.

Selain itu, banyak fitur-fitur baru yang ditawarkan, salah satunya adalah Always on Display yang akan menampilkan info jam, notifikasi meski layarnya terkunci.

Ada juga fitur Dark Mode yang bisa dimodifikasi tingkat kegelapannya. Mulai dari rendah hingga hitam pekat, bisa dipilih sesuai dengan kenyamanan mata.

Yang pasti, realme UI 2.0 menghadirkan lebih banyak cara kepada kita untuk menyesuaikan tampilan perangkat. Seperti mengubah ikon, memilih theme dan lainnya.

Yang tak menarik, realme 8 tetap mempertahankan fitur NFC yang juga ada di seri sebelumnya. Fitur ini menjadi salah satu faktor saya dalam membeli hp.

Karena adanya NFC memudahkan saya untuk mengecek saldo e-money dan mengisi ulang saldonya hanya dengan menempelkan ke perangkat.

Kamera 64 MP

review realme 8
Sekarang lanjut pada kemampuan kameranya. Untuk spesifikasi, kamera realme 8 memiliki empat sensor dibagian belakang. Kamera ini terdiri dari kamera utama 64 MP,  8 MP, 2 MP dan 2 MP.

Kamera utama yang beresolusi 64 MP memiliki aperture f/1.8 sehingga memiliki pencahayaan yang besar. Ada juga fitur PDAF yang dapat mengunci titik fokus dengan cepat.

Kamera utama ini bisa digunakan dengan memilih menu 64M pada aplikasi kamera. Untuk kualitasnya cukup mumpuni di siang hari karena bisa menghasilkan foto yang cerah dengan tingkat warna terbaik. 

Berikut hasil foto kamera utamanya :

hasil foto realme 8
hasil foto realme 8
Kamera kedua realme 8 memiliki resolusi 8 MP dengan aperture f/2.3. Kamera ini berjenis ultrawide yang bisa digunakan untuk memotret dalam sudut lebar. Seperti memotret panorama, gedung-gedung atau pemandangan alam.

Untuk menggunakanannya pilih menu ‘Photo’ pada aplikasi kamera lalu pilih titik paling kiri nanti akan muncul notif ultrawide di bagian atas. Sudut yang dihasilkan mencapai 119 derajat. 

Berikut hasil foto ultrawide realme 8 :

hasil foto realme 8
hasil foto realme 8hasil foto night mode

Kamera ketiga di realme 8 merupakan kamera makro yang bisa digunakan untuk memotret objek dalam jarak yang sangat dekat (berkisar 4cm). Jadi objek akan terlihat lebih besar dari bentuk aslinya dan lebih terlihat detil.

Berikut hasil foto macro realme 8 :

hasil foto realme 8
Kamera terakhir di bagian belakang adalah kamera depth yang bisa digunakan untuk bikin foto bokeh. Kamera ini memang cukup digemari karena bisa membuat foto dengan latar belakang blur yang biasa dihasilkan kamera SLR dan mirrorless.

Meski hanya sebatas 2 MP namun hasil foto bokehnya cukup baik, efek blur terlihat cukup rapi dan natural. 

Berikut hasil foto bokeh realme 8 :

hasil foto realme 8

hasil foto realme 8

Di luar itu, realme juga memiliki fitur menarik pada kameranya, seperti tilt-shift mode, Starry Mode, Neon Portrait, Dynamic Bokeh & Dual-view Video yang sudah ditingkatkan.

Performa Helio G95

benchmark realme 8
Bicara performa, realme 8 menggunakan chipset yang sama dengan realme 7 yaitu MediaTek Helio G95. Artinya secara performa hp realme terbaru ini tidak jauh berbeda dengan seri pendahulunya.

Dalam kesempatan mereview realme 7, tim video Youtube Pricebook cukup terkesan dengan kemampuan chipset ini, terutama saat gaming. Begitu pula di realme 8, kemampuannya juga sangat apik.

Hampir semua game berat semacam PUBG, CODM, Genshin Impact bisa dimainkan dengan lancar meski tidak menggunakan setingan yang paling tinggi.

Setidaknya untuk PUBG saya masih bisa bermain dengan setingan maksimal grafis low dan frame rate ultra serta grafis HD dengan frame rate High.

Tidak perlu khawatir dengan panas berlebih, karena realme 8 sudah dibekali Copper Liquid Cooling System yang menghadirkan efisiensi pendinginan 14.4%.

Benchmark Skor
Geekbench 534 (single core) dan 1701 (multi core)
PCMark 9733
3DMark 2606 (Sling Shot Extreme), 1499 (Wild Life Stress Test) dan 1490 (Wild Life)
Antutu v9 359.150

Untuk skor benchmark, pengujian dengan Geekbench didapati skor 534 (single core) dan 1701 (multi core) dan berada di atas Samsung Galaxy A71. Lalu dengan PCMark, realme 8 memperoleh skor 9733.

Lanjut dengan 3DMark, skor yang tercatat adalah 2606 (Sling Shot Extreme), 1499 (Wild Life Stress Test) dan 1490 (Wild Life).

Terakhir adalah Antutu, dimana hp ini mendapat skor 359.150. Yang harus dicatat, saya sudah menggunakan Antutu versi 9. Jadi mungkin hasilnya akan berbeda jika menggunakan Antutu versi 8.

Baterai Tahan Lama

hasil foto realme 8
Sumber daya realme 8 berasal dari baterai berkapasitas 5000 mAh. Meski bukan yang terbesar, tapi ukuran baterai ini sudah termasuk besar untuk penggunaan sehari-hari.

Setidaknya untuk penggunaan normal tanpa gaming saya bisa memakai realme 8 selama 1 hari penuh dengan sisa baterai 25 persen.

Sedangkan dikombinasikan dengan bermain game tergantung pada durasi gamingnya. Untuk diketahui, saat memainkan game Call of Duty, dalam waktu 30 menit baterainya turun sebesar 7-8 persen di setingan high.

Lalu bermain PUBG dalam waktu satu jam menghabiskan baterai sebesar 5-6 persen dengan setingan grafis HD dan frame rate high.

Aktivitas Baterai Turun
Main game Call of Duty (30 menit) 7-8 persen
Main game PUBG (1 jam) 5-6 persen
Nonton Youtube HD (1 jam) 6-7 persen

Sementara saat memutar video Youtube, saya melakukan setingan dengan kecerahan layar sebesar 50 persen dan memutar video HD 720p. Hasilnya dalam waktu 60 menit baterai realme 8 hanya berkurang 6-7 persen saja.

Sekarang lanjut ke pengisian baterainya yang sudah mendukung teknologi pengisian cepat 30W. Dalam waktu 15 menit pengisian, baterainya sudah naik sebesar 34 persen. Lalu selama 30 menit sudah terisi hingga 60 persen.

Memasuki satu pengisian baterainya sudah terisi sebesar 98 persen, dan mencapai 100 persen di hitungan 1 jam 5 menit. Termasuk cepat dengan ukuran baterai 5000mAh.

Durasi Charging Baterai Terisi
15 menit 34 persen
30 menit 60 persen
1 jam 5 menit 100 persen

Kesimpulan

Bila dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu realme 7, spesifikasi realme 8 memang tidak berubah signifikan. Tapi secara desain, realme 8 terlihat lebih mewah dengan Infinite Bold Design yang futuristic.

Hp menengah yang tampilannya cukup menarik menurut saya. Apalagi realme juga meningkatkan kualitas layar dengan menggunakan layar Super AMOLED serta sensor fingerprint in display.

Secara performa memang tidak ada yang berbeda dari seri sebelumnya, masih menggunakan prosesor Mediatek Helio G95 dengan RAM 8GB dan ROM 128 GB.

Tapi secara performa realme 8 bisa menjadi pilihan untuk Anda, terutama yang mencari hp baru. Dengan harga Rp 3.599.000 (harga normal) Anda akan mendapatkan hp dengan layar Super AMOLED, kamera tajam, performa gaming mumpuni dan sudah punya fitur NFC.

Tapi jika melakukan pembelian saat early-bird sale tanggal 7 April 2021 pukul 18.00 serta flash sale 8 April 2021 pukul 09.00, harga realme 8 dibanderol menjadi Rp 3.399.000.

Kriteria Spesifikasi
OS Version 11
Ukuran Layar 6.4 inch
Screen Resolution 2400 x 1080 Pixel
RAM 8 GB
Memori Internal 128 GB
Detail Prosesor Helio G95 (12 nm)
Kecepatan CPU 2.05 GHz
Resolusi Kamera Belakang 64 MP
Resolusi Kamera Utama Lainnya 8, 2, 2 MP
Resolusi Kamera Depan 16 MP
USB Type-C, USB OTG
Kapasitas Baterai 5000 mAh
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

1417 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.