Diperbaharui pada Selasa, 30 Maret 2021 | 19:00

Sony Tutup PlayStation Store untuk PS3, PS Vita dan PSP

Oleh Restu Aji Siswanto

Sony Tutup PlayStation Store untuk PS3, PS Vita dan PSP-0Foto: PlayStation Store

Melalui laman resminya, Sony mengonfirmasi kabar tentang penutupan PlayStation Store untuk PS3, PS Vita dan PSP, melalui sebuah pengumuman resmi yang menyatakan bahwa seluruh layanan tersebut akan dihentikan.

Tanggal penutupan PlayStation Store untuk PS3 dan PSP dijadwalkan pada 2 Juli 2021, sementara layanan Store untuk PS Vita akan dihentikan mulai tanggal 27 Agustus 2021.

Kabar ini sebenarnya bukan sesuatu yang mengejutkan, karena memang dalam beberapa tahun belakangan ini, Sony sudah mulai mengurangi layanan untuk ketiga mesin tersebut. Hingga akhirnya akan ditutup total secara permanen.

Keputusan ini sangat bisa dipahami, terutama melihat semakin sedikitnya pemain, dan tidak adanya pengembang game yang membuat game baru untuk ketiga platform tersebut.

Pada pengumuman resminya, Sony juga menjabarkan fitur apa saja yang masih bisa diakses, dan tidak bisa diakses setelah PlayStation Store untuk ketiga platform tersebut ditutup.

Pemain PS3, PS Vita, dan PSP masih dapat mengunduh ulang dan emmainkan game-game yang telah mereka beli di PlayStation Store, begitu juga dengan media lainnya yang telah dibeli.

Namun setelah penutupan, pemain tidak dapat lagi membeli game dan konten digital baru, dan segala layanan yang ditawarkan pada PlayStation Store untuk PS3, PS Vita, dan PSP.

Akun PlayStation Store yang dimiliki oleh pemain hanya dapat digunakan untuk mengakses dan membeli game serta konten digital untuk PS4 dan PS5 saja.

Tentunya pengumuman ini menjadi sebuah berita yang membuat kecewa para pemain game PS3, PS Vita, dan PSP, namun harus diakui, hal ini memang tidak dapat terhindarkan.

Nah, sebelum PlayStation Store untuk ketiga platform benar-benar ditutup secara permanen, kalian bisa menikmati sepuas-puasnya layanan yang ditawarkan, hingga bulan Juli nanti.

Like us!

Komentar