Diperbaharui pada Rabu, 15 September 2021 | 08:00

iPhone 13 Resmi Meluncur, Harga Mulai 9 Jutaan

harga iphone 13 pro maxFoto: Apple

Apple resmi mengumumkan jajaran iPhone 13 series dengan meluncurkan empat model dalam seri ini, yaitu iPhone 13, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max, dan iPhone 13 Mini. Seperti yang sudah diduga sebelumnya, tidak banyak perubahan dari sisi desain bila dibandingkan dengan iPhone 12

Sebelumnya beredar rumor bahwa Apple tidak akan merilis model mini lagi di tahun ini, namun beberapa bocoran yang beredar mengindikasikan bahwa kabar tersebut tidak benar. Terbukti dengan pengumuman resmi dari Apple, dimana model mini masih dipertahankan.

harga iphone 13 pro maxFoto: Apple

Dengan desain yang tidak menunjukan perbedaan signifikan dari seri iPhone sebelumnya, lalu bagaimana dengan spesifikasi iPhone 13 series ini? Tentu ada peningkatan. Berikut spek lengkap dan harga iPhone 13 series terbaru.

iPhone 13

iPhone 13 membawa layar Super Retina XDR OLED yang sudah mendukung HDR10 dan Dolby Vision. Layar berukuran 6.1 inci yang diusungnya, mampu menghasilkan tampilan visual beresolusi 1170 x 2532 piksel.

Hp iPhone terbaru ini dibekali dengan prosesor iOS 15 dengan chipset Apple A15 Bionic dan memori RAM 6 GB untuk ketiga varian yang masing-masing memiliki memori internal 128 GB, 256 GB, dan 512 GB.

Beralih ke kamera, iPhone 13 mengusung konfigirasi kamera ganda yang terdiri dari kamera wide dan ultrawide. Kedua kamera ini memiliki resolusi 12 MP, dengan dukungan dual kamera selfie beresolusi 12 MP juga.

Performanya ditunjang oleh baterai yang sudah mendukung pengisian daya cepat 20W yang diklaim dapat mengisi hingga 50% dalam waktu 30 menit, dan mendukung pengisian daya nirkanel dengan MagSafe 15W dan Qi charging 7.5W.

iPhone 13 Pro

iPhone 13 Pro memiliki layar yang tidak berbeda dengan iPhone 13 yang berukuran 6.1 inci. Spek yang sama juga terdapat pada jenis layarnya yang menggunakan Super Retina XDR OLED.

Perbedaan yang paling signifikan pada layarnya adalah, di iPhone 13 Pro, sudah mendukung refresh rate 120Hz sebagai tambahan dari dukungan HDR10 dan Dolby Vision yang diusungnya.

Perbedaan lainnya juga terletak pada kamera, dimana iPhone 13 Pro memiliki konfigurasi quad kamera yang terdiri dari kamera wide, telephoto, dan ultrawide 12 MP, dengan tambahan kamera TOF-3D LiDAR scanner.

Pada sisi depannya, terdapat dual kamera selfie yang terdiri dari kamera utama 12 MP berlensa wide, dan kamera SL 3D untuk kedalaman yang dibekali dengan sensor biometrik.

harga iphone 13Foto: Apple

iPhone 13 Pro Max

Varian tertinggi dari iPhone 13 series adalah iPhone 13 Pro Max yang mengusung ukuran layar lebih besar, 6.7 inci. Layarnya menggunakan jenis Super Retina XDR OLED yang mendukung refresh rate 120Hz, HDR10, dan Dolby Vision.

Pada model tertinggi ini, Apple membenamkan prosesor iOS 15 dengan chipset Apple A15 Bionic seperti pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro. Hp Apple terbaru ini membawa RAM 8 GB.

Pada sektor kamera, tidak ada perbedaan signifikan bila dibandingkan dengan iPhone 13 Pro, karena model Pro Max ini juga membawa konfigurasi quad kamera dan kamera selfie yang sama.

Secara head to head, perbandingan iPhone 13 Pro Max dan iPhone 13 Pro, hanya menunjukkan perbedaan signifikan pada ukuran layar saja, yang membuat model tertinggi ini jadi lebih besar secara keseluruhan.

iPhone 13 Mini

Sesuai namanya, iPhone 13 Mini adalah varian terendah dengan ukuran yang jauh lebih kecil bila dibandingan dengan ketiga saudaranya di seri iPhone 13 ini.

iPhone 13 Mini mengusung layar Super Retina XDR OLED berukuran 5.4 inci yang sudah mendukung HDR10 dan Dolby Vision yang setidaknya membuat kualitas tampilannya masih cukup baik.

Model ini juga dibekali dengan prosesor dan chipset yang sama, begitu juga dengan dual kamera utama yang memiliki resolusi 12 MP + 12 MP, dan dual kamera selfie 12 MP + SL 3D.

Secara keseluruhan, iPhone 13 Mini adalah versi kecil dari iPhone 13, dengan perbedaan paling signifikan yang terlihat pada ukurannya saja. Hp ini bisa jadi opsi terbaik bagi pengguna yang tidak menyukai iPhone dengan ukuran besar.

Harga dan Ketersediaan

Selain mengumumkan jajaran iPhone 13 series, Apple juga mengumumkan daftar harga untuk keempat model dalam seri ini, dengan harga mulai dari 9 jutaan.

Harga iPhone 13 dibanderol di angka mulai dari $799 (sekitar Rp 11,3 jutaan), sementara iPhone Mini dijual di harga mulai $699, atau sekitar Rp 9,9 jutaan.

Model iPhone 13 Pro dimulai dengan harga $999 (sekitar Rp 14,2 jutaan) dan harga iPhone 13 Pro Max dibanderol mulai dari $1099 atau sekitar Rp 15,6 jutaan.

Keempat model iPhone 13 akan rilis pada 24 September 2021.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

790 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia, maupun yang tidak masuk pasar lokal. Selain gawai, juga aktif menulis tentang otomotif, dan mengulas berbagai macam produk elektronik. Ketertarikan pada teknologi dan gawai, menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.