Diperbaharui pada Rabu, 3 Maret 2021 | 09:39

Samsung Luncurkan TV Neo QLED dan Micro LED di 2021

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Samsung

Samsung Electronics Co., Ltd. memamerkan jajaran produk TV mereka di tahun 2021, yaitu lini MICRO LED, dan Samsung Neo QLED di acara virtual Unbox & Discover.

Selama berpuluh-puluh tahun, TV dipandang semata sebagai sarana untuk menonton film dan siaran, namun kini TV telah menjadi ruang konferensi dan pusat kebugaran. 

Dengan memanfaatkan banyaknya fitur yang tersedia pada televisi untuk pertama kalinya di setahun terakhir ini, orang-orang menemukan manfaat baru dari televisi dalam hidup mereka. 

Micro LED dengan Layar Edge-to-edge

Foto: Samsung

Teknologi Micro LED menawarkan pengalaman menonton yang luar biasa dan berkesan. LED inorganik di dalamnya membantu mencegah burn-in dan memastikan bahwa layar tetap jernih sepanjang masa hidupnya. 

Samsung pertama kali memperkenalkan Micro LED dalam wujud “The Wall” pada tahun 2018, yang merupakan sistem modul-modul yang dapat dikonfigurasi hingga mencapai sebesar 292 inci yang menghadirkan pengalaman tiada banding. 

Dengan fleksibilitas seperti itu, "The Wall" membutuhkan instalasi profesional di rumah atau kantor. Lalu di tahun 2021, Samsung mengumpulkan semua kemampuan dari teknologi Micro LED tersebut ke dalam form factor TV tradisional. 

Sekarang, konsumen dapat menghadirkan pengalaman sinematik di rumah dalam layar edge-to-edge dengan desain indah, tanpa memerlukan bantuan profesional untuk merakit dan memasangnya. 

Micro LED tersedia dalam ukuran 110 dan 99 inci secara global mulai akhir Maret 2021. Lalu menyusul ukuran 88 inci yang akan diluncurkan pada musim gugur, dan ukuran 76 inci di masa mendatang.

Samsung Micro LED dapat menjadi layar 4-in-1. Dengan fitur 4Vue (Quad View), konsumen dapat menonton konten dari empat sumber berbeda secara bersamaan. 

Penggemar acara olahraga dapat menonton empat pertandingan olahraga sekaligus, atau streaming film dan series, sambil memainkan video game. 

Samsung Neo QLED, Dibekali Fitur Gaming dan Kesehatan

Foto: Samsung

Samsung mengembangkan TV Neo QLED untuk meningkatkan pengalaman menonton, apapun tontonannya. Pengalaman menonton di Samsung Neo QLED dimungkinkan oleh Neo Quantum Processor dan Quantum Mini LED terbaru.

Pada ukuran hanya 1/40 kali ukuran TV LED konvensional, Quantum Mini LEDs menghadirkan kendali pencahayaan yang sangat baik. 

Dengan warna hitam yang kelam, cahaya yang lebih terang, dan teknologi upscaling yang lebih cerdas dari yang pernah ditawarkan Samsung TV manapun sebelumnya.

Samsung Neo QLED mampu menghadirkan gambar-gambar ultra realistik, baik ketika sedang menonton pertandingan sepakbola atau bermain game di konsol game.

Untuk mendukung permainan game, Samsung Neo QLED juga memiliki fitur yang akan menaikkan level permainan. Apalagi Samsung telah menjadi Official TV Partner dari Xbox Series X di Amerika Serikat dan Kanada. 

Pembaruan perjanjian kerja sama antara Samsung dan Xbox pada tahun ini membuat kedua pihak akan bersinergi menghadirkan pengalaman gaming yang tak tertandingi. 

Samsung Neo QLED dan QLED menawarkan kemampuan mutakhir unggulan untuk mewujudkan pengalaman gaming yang lebih tinggi bersama Xbox Series X. 

Sebagai tambahan, Samsung Neo QLED dan QLED membuat dapat menampikan setiap detail gambar dengan kejernihan 4K, 120 frame per second yang mulus, dan response time rendah 5,8ms.

Guna menghadirkan performa gaming yang lebih optimal lagi ke dalam lini Samsung Neo QLED dan QLED 2021, Samsung juga berpartner dengan AMD.

Hasil rekanan ini adalah untuk mengembangkan TV pertama dengan dukungan Freesync Premium Pro baik untuk PC dan game konsol untuk menyajikan pengalaman gaming HDR yang benar-benar spesial.

Sebagai tambahan, fitur Game Bar terbaru dari Samsung membantu gamer memonitor aspek-aspek permainan penting dengan cepat. 

Dari sana, gamer juga bisa mengakses Super Ultrawide Gameview yang menghadirkan aspek rasio ultra-wide (biasanya hanya tersedia di gaming monitor) ke televisi.

Bagi mereka yang menggemari fitness, Samsung Neo QLED menghadirkan training kebugaran dan gaya hidup sehat ke rumah. 

Samsung Health menghadirkan aplikasi-aplikasi partner yang memenuhi berbagai tingkat kebutuhan fitness maupun kesehatan, disertai konektivitas yang seamless ke perangkat mobile dan wearable. 

Pada 2021, Samsung Health menambahkan fitur Smart Trainer. Dengan kamera opsional yang dijual terpisah.

Smart Trainer memanfaatkan teknologi AI untuk menganalisis postur tubuh dan memberikan feedback secara real-time untuk membetulkan postur ketika menggunakan video instruksional.

Jajaran Samsung Neo QLED 8K akan tersedia dalam ukuran 65 inci, 75 inci, dan 85 inci, sementara model 4K akan menyajikan pilihan yang lebih beragam, dimulai dari ukuran 50 inci.

Soundbar Q Series 2021

Foto: Samsung

Untuk melengkapi lini TV Samsung di tahun 2021, pengalaman home theater di rumah bisa didapatkan dengan soundbar Samsung yang ada dalam lini produk Q Series 2021.

Soundbar Q Series 2021 menggunakan teknologi eksklusif Q-Symphony, yang mensinkronisasi audio dari Samsung TV, untuk menghadirkan suara 3 dimensi yang disempurnakan.

Soundbar ini bahkan mengukur lingkungannya untuk memproyeksikan audio ke arah yang dibutuhkan dengan presisi. Untuk pengalaman yang imersif, mendalam, dan kaya, Q950A menghadirkan 11.1.4 channel sound pertama di industri.

Fitur baru Bass Boost memungkinkan pengguna untuk menambahkan "lebih banyak boom" dengan satu klik saja. Bagi mereka yang memutar musik dari perangkat mobile, Tap Sound membuatnya semudah mengetukkan perangkat ke soundbar.

Sounbar Samsung Q950A mendukung beberapa voice assistant, termasuk Amazon Alexa dan Bixby, sehingga membuatnya lebih mudah untuk dikendalikan. 

Like us!

Komentar