Diperbaharui pada Kamis, 25 Februari 2021 | 14:28

Google Luncurkan 6 Fitur Baru untuk Android, Apa Saja?

Oleh Suci Risanti

Foto: Unsplash

Baru-baru ini, Google resmi menambahkan fitur baru untuk perangkat Android pada Rabu, 24 Februari 2021, yang diumumkan melalui halaman website Twitter Android.

Berdasarkan informasi dari unggahan website tersebut, terdapat 6 fitur baru yang bisa dinikmati oleh pengguna Android mulai dari pemeriksaan password, pengiriman pesan terjadwal, TalkBack, Google Assistant versi terbaru, Google Maps dengan mode dark mode, dan Android Auto. Nah, untuk apa sih kegunaannya? 

1. Pemeriksaan Password

Foto: Android (Twitter)

Fitur pertama adalah fitur pemeriksaan password di Android, dimana pengguna dapat menyimpan password untuk seluruh aplikasi di akun Google. 

Fitur baru ini memungkinkan pengguna untuk mendapat pemberitahuan keamanan ketika memasukkan password ke dalam suatu aplikasi melalui fitur Autofill.

Namun, jika aplikasi tersebut tidak aman, maka Google akan memberikan notifikasi peringatan, sehingga data dan akun pengguna tetap aman. Fitur pemeriksaan password ini tersedia untuk smartphone yang menjalankan sistem operasi Android 9 atau di atasnya.

2. Pengiriman Pesan Terjadwal

Foto: Android (Twitter)

Fitur yang kedua adalah pengiriman pesan terjadwal, yang memungkinkan pengguna untuk menulis pesan dan mengirimkannya di waktu yang telah ditentukan sesuai keinginan. 

Fitur ini berguna bagi pengguna yang ingin mengirimkan pesan kepada keluarga atau teman di zona waktu yang berbeda. 

Pesan akan secara otomatis terkirim sesuai jadwal yang telah ditentukan. Untuk menggunakan fitur ini, Pengguna hanya perlu memperbarui Google Message versi terbaru atau mengunduhnya di Google PlayStore.

3. TalkBack

Foto: Android (Twitter)

Fitur selanjutnya adalah fitur TalkBack, dimana fitur tersebut memudahkan pengguna yang memiliki keterbatasan penglihatan.

Lewat fitur TalkBack, pengguna tidak perlu untuk melihat layar smartphone dan hanya perlu menyentuh dan scroll layar, yang nantinya TalkBack akan mengarahkan pengguna melalui suara untuk membaca notifikasi pengguna, aplikasi, dan lainnya. 

Selain itu, menu dan gestur dari fitur TalkBack ini dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengguna. 

4. Pembaruan Asisten Google

Foto: Android (Twitter)

Fitur keempat, adalah fitur pembaruan untuk google Assistant, yang dapat membantu pengguna untuk membuka atau melakukan sesuatu di smartphone-nya hanya dengan menggunakan suara pengguna seperti “Ok Google”. 

Selain itu, fitur ini juga dapat aktif tanpa harus menyentuh atau membuka kunci layar smartphone pengguna. 

5. Dark Theme untuk Google Maps

Foto: Android (Twitter)

Fitur berikutnya, pengguna dapat mengaktifkan atau menonaktifkan mode dark theme di Google Maps kapan pun kamu mau. 

Dengan fitur ini, memungkinkan pengguna untuk menghemat daya baterai smartphone dan warna yang tidak mencolok saat digunakan pada malam hari. Fitur ini tersedia di versi Google Maps terbaru.

6. Pembaruan Android Auto

Foto: Android (Twitter)

Fitur yang terakhir adalah pembaruan untuk Android Auto yang membuat perjalanan pengguna lebih menghibur. Fitur ini juga menawarkan permainan trivia seperti  Jeopardy melalui Google Assistant.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan shortcuts layar kunci, yang memudahkan pengguna jika ingin menghubungi seseorang atau menyesuaikan termostat dari jarak jauh.

Nah, itu dia fitur-fitur yang baru ditambahkan oleh Google. Tunggu apa lagi? Segera update aplikasi Google sekarang ya!

Like us!

Komentar