Diperbaharui pada Rabu, 24 Februari 2021 | 10:56

Samsung Umumkan Sensor Kamera 50 MP ISOCELL GN2 dengan Dual Pixel Pro

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Samsung

Samsung secara resmi mengumumkan sensor kamera 50 MP baru mereka, ISOCELL GN2 yang dibekali dengan teknologi baru Dual Pixel Pro, dan konsumsi daya yang lebih baik dan efisien dari generasi sebelumnya (GN1).

Meningkatnya kebutuhan akan hasil foto smartphone yang lebih baik, menjadi salah satu pemicu Samsung untuk meningkatkan performa pada sensor kameranya.

Sensor baru ini diklaim dapat memotret foto beresolusi 100 MP yang dihasilkan melalui proses pengaturan ulang warna piksel, dengan menggunakan algoritma cerdas terbaru mereka.

ISOCELL GN2 1 / 1,12 inci adalah sensor gambar dengan 50 juta piksel berukuran 1,4μm, yang mampu menghasilkan foto dengan sangat detail dalam pengaturan biasa.

Pada lingkungan dengan pencahayaan rendah seperti di dalam ruangan, sensor dapat mensimulasikan piksel 2,8μm yang lebih besar dengan teknologi binning empat piksel untuk menyerap lebih banyak cahaya, menghasilkan gambar yang lebih terang dan lebih tajam.

Teknologi Dual Pixel Pro

Foto: Samsung

Melalui sensor kamera barunya, Samsung sekaligus memperkenalkan teknologi Dual Pixel Pro, yang dapat memproses gambar dengan cara memisahkan piksel hijau secara diagonal.

Sebelumnya, gambar diproses dengan memisahkan piksel merah, hijau, dan biru secara vertikal. Dengan teknologi baru ini, maka sensor akan menjadi lebih cepat dan memiliki autofocus yang lebih akurat.

Hasilnya, kamera akan mampu menghasilkan foto beresolusi tinggi yang tajam, dengan lebih baik bila dibandingkan dengan sensor kamera generasi sebelumnya, karena sistem kunci fokus pada ISOCELL GN2 menjadi lebih cepat.

Selain dapat menghasilkan foto berkualitas HDR, sensor kamera ISOCELL GN2 juga mendukung perekaman gambar video 1080p @480fps, dan kualitas 4K @120fps.

Xiaomi dikabarkan akan menjadi vendor pertama dengan perangkat smartphone yang akan menggunakan sensor kamera ISOCELL GN2. Perangkat yang dimaksud adalah Xiaomi Mi 11 Ultra.

Rumor yang berhembus sekarang juga mengatakan bahwa Xiaomi Mi 11 Ultra akan dibekali dengan tiga kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 48 MP, dan kamera telephoto 48 MP.

ISOCELL GN2 saat ini sedang dalam tahap produksi dan akan dipasarkan secara global.

Like us!

Komentar