Diperbaharui pada Jumat, 19 Februari 2021 | 14:57

Google Rilis Android 12 Developer Preview, Fokus ke Gaming

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Google

Sudah menjadi tradisi rutin bagi Google untuk merilis versi Developer Preview dari setiap sistem operasi Android terbaru mereka, dan kini giliran Android 12 versi Developer Preview yang dirilis untuk para pengembang dan reviewer.

Berdasarkan informasi dari beberapa bocoran yang kami rangkum, Android 12 Developer Preview ini menawarkan beberapa pembaruan dengan sorotan utama pada dukungan untuk mobile gaming dan interaksi sosial.

Seperti kita ketahui, perkembangan mobile gaming dewasa ini cukup cepat, dengan tampilan grafis yang semakin halus. Hal ini berdampak langsung pada performa smartphone. Terutama untuk game-game berat yang membutuhkan spesifikasi hp mumpuni.

Versi Developer Preview untuk Android 12 ini baru tersedia untuk para pengembang dan hanya bisa diinstal oleh pengembang yang berminat untuk menguliknya. 

Tujuan dari perilisan Android 12 versi Developer Preview ini tentunya agar Google dapat mengembangkan sistem operasi yang lebih baik dari generasi sebelumnya, melalui masukan-masukan dari para pengembang dan tech reviewer yang sudah mencobanya.

Bocoran spesifikasi yang berhasil kami rangkum meliputi perubahan pada tampilan notifikasi yang akan mengalami perombakan total baik dari segi desain, maupun jenis informasi yang akan ditampilkan.

Pengembangan lainnya dilakukan pada dukungan sistem audio, dimana pada Android 12 nantinya, akan dapat terintegrasi dengan baik pada sistem game. Hal ini tentunya menjadi fitur yang akan sangat dinantikan oleh para mobile gamer.

Update lainnya akan dilakukan pada sistem keamanan, dimana Google akan meningkatkan privasi penggunannya. Sayangnya, belum ada detail lebih jauh mengenai hal ini.

Bila hasil percobaan dan pengembangan pada Android 12 Developer Preview ini berjalan dengan mulus, maka bukan tidak mungkin versi beta dari Android 12 akan dirilis juga di tahun ini. Semoga.

Like us!

Komentar