Diperbaharui pada Rabu, 17 Februari 2021 | 18:08

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V

Oleh Suci Risanti

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V-0Foto: Mitsubishi

Mitsubishi resmi meluncurkan mobil barunya, Mitsubishi Outlander 2022 di Amerika Serikat, mobil tersebut merupakan penerus dari SUV Outlander yang rilis pada tahun 2012.

Mitsubishi Outlander 2022 dibekali dengan tampilan dengan gaya Dynamic Shield khas Mitsubishi, serta merupakan mobil pertama yang berkolaborasi dengan platform aliansi Mitsubishi dan Nissan Rogue 2021. Seperti apa spesifikasinya?

Desain Mitsubishi Outlander 2022

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V-1Foto: Mitsubishi

Pada eksterior, Mitsubishi Outlander 2022 ini mengambil inspirasi gaya dari konsep Engel Berg Tourer dengan pengaturan split-headlight, yang memberikan tampilan khas pada Mitsubishi.

Mobil ini dibekali LED tipis yang berguna sebagai lampu di siang hari dan lampu sein. Selain itu, juga terdapat lampu kabut LED di bumper.

Dari segi body, mobil ini memiliki garis-garis yang menampakkan unsur dinamis, serta dibekali roda yang berukuran 20 inci dengan lengkungan roda depan dan belakang. 

Sementara pada bagian belakang Mitsubishi Outlander, terdapat lampu belakang tipis yang senada dengan lampu depan mobil tersebut.

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V-2Foto: Mitsubishi

Pada bagian interior, terdapat dua layar media hiburan yang menggunakan gaya Rogue, begitu juga dengan kontrol HVAC, cluster instrument digital dengan lebar 12 inci, head-up display, dan electronic shift selector.

Mobil Mitsubishi Outlander ini memberikan beberapa varian warna khusus untuk mempercantik kabinnya, seperti semi-anilin dan trim aluminium untuk varian tertingginya.

Kursi baris ketiga bisa dilipat dengan konfigurasi 50/50 untuk ruang kargo tambahan, sedangkan kursi pada baris kedua mendapat pengaturan 40/20/40.

Mesin dan Fitur Mitsubishi Outlander 2022

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V-3Foto: Mitsubishi

Mitsubishi Outlander 2022 dibekali mesin 2,5 liter inline-four dengan CVT, dimana mesin tersebut hampir sama dengan yang digunakan oleh Nissan Rogue 2021.

Mesin tersebut juga dapat mengirimkan 181 tenaga kuda (135kW) dengan torsi 245 Nm ke roda depan atau kepada empat rodanya.

Pihak Mitsubishi mengatakan bahwa mereka menjanjikan efisiensi yang lebih baik untuk mesin Outlander baru daripada mesin yang digunakan pada mobil Outlander sebelumnya.

Menariknya dari mobil Mitsubishi Outlander 2022 ini, menggunakan sistem penggerak empat roda yang disebut Super All-Wheel Control (S-AWC), dimana sistem tersebut dapat mengintegrasikan kopling tengah hidrolik untuk membagi torsi langsung ke roda depan dan belakang, serta tidak bergantung dengan selip roda untuk mengirim tenaga ke ujung yang berlawanan kendaraan.

Mitsubishi Outlander 2022 Siap Menantang Honda CR-V-4Foto: Mitsubishi

Namun, jika selip roda tersebut terdeteksi, maka sistem tersebut akan mengerem roda yang berputar untuk menjaga agar tenaga tetap mengalir ke roda yang memiliki traksi. 

Mobil Mitsubishi Outlander 2022 ini juga mampu mengerem masing-masing roda di tikungan untuk mengurangi understeer dan memberikan stabilitas lebih agar mobil tidak kehilangan keseimbangan.

Mobil Mitsubishi ini dibekali beberapa fitur, seperti fitur keselamatan yang disebut MI Pilot Assist, Adaptive Cruise Control, dan Lane Keep Assist yang berfungsi membantu mengurangi kelelahan kepada pengemudi.

Selain itu, terdapat juga fitur lain, seperti emergency braking, collision warning, dan blind spot monitoring.

Untuk harga, mobil Mitsubishi Outlander 2022 ini dibanderol mulai dari $ 26.990 atau setara Rp 370 jutaan. Hingga kini, belum ada informasi apakah mobil tersebut akan dirilis secara global atau hanya tersedia di Amerika Serikat.

Like us!

Komentar