Diperbaharui pada Senin, 2 Oktober 2023 | 10:31

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya-0Foto: Unsplash

Firma keamanan siber Malwarebytes, baru-baru ini mendeteksi adanya malware berbahaya pada salah satu aplikasi Barcode Scanner yang ada di Google Play Store.

Aplikasi Barcode Scanner yang dimaksud tersebut merupakan aplikasi buatan Lavabird LTD yang dikonfirmasi membawa virus malware Trojan yang terdeteksi sebagai Android/Trojan.HiddenAds.AdQR.

Berdasarkan informasi dari blog resmi Malwarebytes tersebut, malware ini terdeteksi setelah pembaruan aplikasi pada 4 Desember 2020.

Aplikasi Barcode Scanner yang awalnya tidak bermasalah tersebut, ternyata dipenuhi dengan malware. Hal tersebut diketahui melalui cache halaman web Google Play.

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya di Android

Malware atau malicious software merupakan salah satu ancaman cyber crime yang berbentuk suatu program atau file berbahaya, yang dibuat untuk merusak komputer, smartphone, atau menginfeksi sebuah situs website.

Lalu, bagaimana cara mengenali aplikasi Barcode Scanner berbahaya tersebut? Simak caranya berikut ini.

1. Buka Settings

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya-1

Cara yang pertama, buka pengaturan pada smartphone untuk menampilkan halaman khusus yang terdapat beberapa menu di dalamnya. 

2. Klik Apps

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya-2

Selanjutnya, klik Apps pada halaman settings untuk menuju halaman khusus yang menampilkan seluruh aplikasi pada smartphone.

3. Klik Aplikasi Barcode Scanner

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya-3

Pengguna dapat menyentuh aplikasi Barcode Scanner apapun yang sudah pernah diunduh pada smartphone, untuk menampilkan halaman 'App Info' yang khusus terkait informasi tentang aplikasi tersebut.

4. Klik App Details in Store

Cara Mengenali Aplikasi Barcode Scanner Berbahaya-4

Berikutnya, pengguna dapat mengklik app details in store untuk mengetahui apakah aplikasi Barcode Scanner-nya tersedia di Google Play Store atau tidak. 

Jika aplikasi tersebut tidak tersedia, maka kemungkinan terdapat malware pada aplikasi tersebut. Namun, jika aplikasi Barcode Scanner ini tersedia di Google Play Store, maka aplikasi tersebut aman dari malware.

Itu lah cara mudah untuk mengetahui apakah terdapat malware pada aplikasi Barcode Scanner. Pastikan untuk selalu mengunduh aplikasi Barcode Scanner yang terpercaya di Google Play Store untuk menghindari bahaya malware.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1662 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.