Diperbaharui pada Senin, 25 Januari 2021 | 10:41

Deretan Smartphone Berbagai Merk yang Akan Rilis Tahun Ini

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Xiaomi

Memasuki awal kuartal pertama tahun 2021, beberapa vendor smartphone tidak menunggu terlalu lama untuk mengumumkan smartphone terbaru besutannya.

Seperti kita ketahui, Samsung ada di deretan pertama yang meluncurkan Galaxy S21 Series mereka. Peluncuran tersebut sepertinya akan disusul oleh Xiaomi yang akan meluncurkan Xiaomi Mi 11 di Indonesia.

Selain itu, ada juga Honor View40 (View 40), yang merupakan smartphone pertama Honor setelah resmi berpisah dengan Huawei. Lalu ada LG K42 yang dibekali dengan ketahanan kelas militer.

Pricebook secara khusus merangkum semua smartphone yang telah diumumkan di tahun ini, baik yang sudah dan akan rilis, sekaligus memberikan bocoran beberapa smartphone yang dirumorkan akan meluncur di tahun yang sama.

Daftar Smartphone Baru Tahun Ini

Samsung Galaxy S21 Series

Foto: Samsung

Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung, tidak mau menunggu lama untuk mengumumkan smartphone flagship terbaru mereka di tahun ini. Terbukti dengan diumumkannya Samsung Galaxy S21 Series di awal tahun.

Seri S Samsung ini dirilis dalam tiga model yakni Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G, dan Galaxy S21 Ultra 5G. Dua dari smartphone tersebut sudah bisa dipesan di Indonesia melalui sistem pre-order.

Samsung Galaxy S21 Series dibekali dengan layar Dynamic AMOLED 2X dan prosesor terbaru Samsung, Exynos 2100. Keunggulan utama seri ini terletak pada kemampuan kameranya.

Xiaomi Mi 11

Foto: Xiaomi

Dari Korea, kita meluncur ke Tiongkok dengan Xiaomi Mi 11 yang sudah lolos uji coba tingkat kandungan dalam negeri (TDKN), berdasarkan informasi yang kami dapatkan pada situs Kementerian Perindustrian.

Kabar ini sekaligus mengonfirmasi kehadirannya di Indonesia, dan kita hanya tinggal menunggu waktu peluncuran resminya. Sebelumnya, Mi 11 sudah diluncurkan secara resmi di Tiongkok pada akhir tahun 2020.

Hp Xiaomi dengan layar AMOLED dan prosesor Snapdragon 888 terbaru ini diharapkan dapat bersaing dengan smartphone buatan vendor lain dikelas yang sama. Apalagi dengan dukungan kamera 108 MP yang diusungnya.

Honor View40

Foto: Honor

Setelah resmi memisahkan diri dari Huawei, Honor tidak perlu menunggu lama untuk mengumumkan smartphone terbaru mereka di tahun yang baru. Apalagi, ini merupakan produk pertama setelah “bercerai”.

Honor View 40 direncanakan akan meluncur ke pasaran pada kuartal kedua tahun ini. Hp ini dibekali dengan layar AMOLED berukuran 6.72 inci, dengan chipset Mediatek MT6889Z Dimensity 1000+ terbaru.

Smartphone Honor terbaru ini memiliki triple camera dengan konfigurasi 50 MP + 8 MP + 2 MP, dan kamera depan beresolusi 16 MP.

LG K42

Foto: LG

Untuk kelas entry, LG K42 telah meluncur secara resmi di India pada 22 Januari 2021 lalu. Hp LG ini memiliki keunggulan utama dalam hal ketahanan fisik, karena telah mendapatkan sertifikasi kelas militer.

Bodi LG K42 diklaim dapat terhadap segala macam benturan dan dapat digunakan pada berbagai kondisi cuaca. Hp ini memiliki layar berukuran 6.6 inci, dengan chipset MediaTek Helio P22.

Belum ada kabar apakah LG K42 akan dirilis secara global, atau hanya khusus untuk pasar India saja.

Samsung Galaxy A52 5G

Foto: OnLeaks

Selain meluncurkan flagship terbarunya, Samsung juga akan segera meluncurkan smartphone seri A terbaru mereka. Produk yang akan diperkenalkan adalah Samsung Galaxy A52 5G. Seperti namanya, hp ini akan dibekali jaringan 5G, namun ada juga opsi model 4G.

Perbedaan utama pada Galaxy A52 5G dan 4G terletak pada chipset yang digunakan. Model 5G dibekali dengan Snapdragon 750G, sementara model 4G ditenagai oleh Snapdragon 720G.

Versi baru dari Samsung Galaxy A52 ini kabarnya akan meluncur di pertengahan tahun 2021.

Rumor Smartphone yang Akan Rilis Tahun Ini

Selain daftar smartphone yang telah diumumkan secara resmi, terdapat beberapa model smartphone dari beberapa vendor yang rumornya akan dirilis juga di tahun yang baru ini. Berikut daftarnya.

ASUS ROG Phone 5

Pasar hp gaming akan diramaikan dengan kehadiran smartphone ROG terbaru ASUS. Bocoran penampakan smartphone ROG terbaru ini sudah muncul melalui sebuah unggahan video, namun belum ada detail terkait nama resmi, maupun spesifikasinya.

Smartphone ROG yang kabarnya akan mengusung Snapdragon 888 ini kemungkinan akan diberi nama ROG Phone 5. Namun sumber lain mengatakan, nama resminya kemungkinan adalah ROG Phone 4.

Huawei P50 Pro

Rumor seputar Huawei P50 Pro ini lebih banyak membahas tentang kapan smartphone terbaru Huawei ini akan meluncur ke pasaran, karena kehadirannya sudah hampir dapat dipastikan.

Hp terbaru Huawei ini kabarnya akan meluncur secara resmi di bulan Maret 2021. Belum ada bocoran lain terkait P50 Pro.

OPPO Find X3 Pro

Pada akhir 2020 lalu, OPPO meluncurkan sebuah teaser yang diduga kuat merupakan Find X3 Pro. Hp yang kabarnya akan mengusung Snapdragon 888 ini dibekali dengan triple camera 50 MP + 13 MP + 3 MP.

LG Velvet 2

LG dikabarkan akan meluncurkan smartphone lipat LG Velvet 2 di bulan Maret 2021. Belum ada detail resmi terkait spesifikasinya, namun diduga kuat, hp ini akan mengusung Snapdragon seri 700.

Samsung Galaxy Z Series

Samsung semakin percaya diri dengan deretan smartphone layar 120Hz mereka, termasuk hp layar lipat Samsung Galaxy Z Flip 3 yang dikabarkan akan meluncur pada bulan Juni 2021 mendatang dengan mengusung layar ini.

Seperti kita ketahui, Samsung telah merilis beberapa model smartphone layar lipatnya di tahun 2020, dan sepertinya pengembangan jenis hp ini tidak akan berhenti.

Kita lihat saja, apakah tren hp lipat ini masih akan terjadi di tahun ini, atau malah meredup sebelum pertengahan tahun.

Deretan Samsung Galaxy Z Series yang diharapkan meluncur di tahun ini adalah Galaxy Z Flip 3, Galaxy Z Fold 3, dan Galaxy Z Fold E.

Apple iPhone 13

Belum lengkap rasanya kalau disetiap tahun tidak ada iPhone generasi baru. Perusahaan asal Amerika Serikat, Apple, dikabarkan akan meluncurkan iPhone 13 mereka tahun ini.

Beberapa rumor secara seragam mengatakan bahwa ini akan menjadi iPhone pertama yang menerapkan teknologi pemindai sidik jadi di bawah layar.

Smartphone Lainnya

Selain beberapa smartphone di atas yang dirumorkan akan meluncur tahun ini, terdapat beberapa smartphone lainnya seperti Nokia 7.3 5G, Nokia 9.3 PureView, dan OnePlus 9 Series. Persaingan semakin menarik, nih!

Like us!

Komentar