Diperbaharui pada Selasa, 19 Januari 2021 | 10:14

Bosch Perkenalkan AIoT untuk Kesehatan, Bisa Tes Cepat Virus Corona

Oleh Restu Aji Siswanto

Foto: Bosch

Bosch mengabungkan kecerdasan buatan (AI) dan konektivitas (IoT) di bidang kesehatan, untuk memuat AIoT yang membantu meningkatkan efisiensi enegrgi dan memerangi virus corona.

Ide ini awalnya tercetus dari potensi hebat yang ditawarkan data, kecerdasan buatan dan konektivitas dalam memberi manfaat kepada masyarakat dan lingkungan. 

Mengandalkan AIoT, Bosch akan melanjutkan kontribusinya melindungi bumi dan turut berkiprah di ranah kesehatan dunia.

Solusi Bosch di Bidang Kesehatan

Kembali berpartisipasi pada ajang pameran inovasi elektronik global terbesar, Consumer Electronics Show (CES) 2021, Bosch mengusung kampanye “Sustainable #LikeABosch” dengan menghadirkan ragam solusi cerdas dan berkelanjutan, termasuk inovasi AIoT terbaru di bidang Kesehatan.

Bosch Sensortec, Sensor Self-learning AI BHI260AP

Foto: Bosch

Bosch menghadirkan sensor self-learning, AI pintar pertama di dunia yang ditanamkan ke dalam smartband (fitness tracking), atau smartwatch

Sensor AI-nya dapat berjalan mandiri sehingga tidak memerlukan koneksi internet lagi. Penggunaan energi semakin efisien dan kerahasiaan data lebih terjaga.Sensor mampu mengukur parameter seperti kualitas dan kelembapan udara.

Sensor juga menginformasikan tingkat konsentrasi aerosol dalam udara – data yang penting untuk dapat mengantisipasi virus corona. 

Bosch Human Skin Temperature Detection

Foto: Bosch

Solusi berupa kamera keamanan ini dapat membantu dalam pencegahan virus. AI memungkinkan kamera menjalankan beragam aplikasi khusus sesuai kebutuhan pelanggan. 

Sebagai contoh, kamera terintegrasi dengan video analitik cerdas yang mampu mengecek suhu tubuh tanpa kontak, tanpa perlu mengenali subjek (berfungsi secara anonim), dan dengan presisi tinggi. 

Selain itu, karena menggunakan solusi perangkat lunak Bosch Security and Safety Systems, kamera ini dapat mendeteksi kerumunan di fasilitas publik sesuai aturan protokol kesehatan yang berlaku. 

Teknologi ini diganjar penghargaan Inovasi CES 2021, menjadi salah satu dari empat solusi Bosch yang dipilih tahun ini.

Bosch Vivalytic

Foto: Bosch

Sangat relevan dengan situasi pandemi Covid 19 sekarang, Bosch Vivalytic hadir sebagai perangkat uji PCR virus corona yang mampu mengevaluasi lima sampel secara bersamaan dalam waktu 39 menit saja.

Bahkan, sampel positif dapat dideteksi kurang dari 30 menit - berkat perangkat lunak yang telah diperbarui, Pengembangan sistem Vivalytic ini merupakan hasil kolaborasi bertahun-tahun antara penelitian serta rekayasa lanjutan dari Bosch, Bosch Healthcare Solutions, dan Robert Bosch Hospital.

Bosch Hemoglobin Monitor Solution (HMS)

Solusi lainnya yang diperkenalkan Bosch pada ajang CES 2021 adalah monitor hemoglobin portabel yang mampu mendeteksi anemia melalui pemindaian jari. 

Sangat cocok untuk daerah yang tidak memiliki akses memadai terhadap perawatan medis. Dilengkapi AI, monitor hemoglobin ini memberikan hasil dalam 30 detik, tanpa perlu tes lab atau pengambilan darah.   

Melalui beragam teknologi dan solusi yang ditawarkan tersebut, Bosch berharap hal ini akan dapat memberikan kontribusi yang siginfikan di bidang Kesehatan, terutama di masa pandemi Covid 19.

Like us!

Komentar