Diperbaharui pada Kamis, 10 Desember 2020 | 12:14

Review Honor Watch GS Pro, Fitur Beragam Desain Pas-pasan

Oleh Imam Ali

honor watch gs pro

Honor Watch GS Pro hadir menutup akhir tahun 2020 serta memperbanyak rentetan produk smartwatch milik Honor. Smartwatch dengan harga murah ini memiliki segudang fitur yang bisa dimanfaatkan dalam aktivitas sehari hari dengan baik.

Lantas, bagaimana performa asli dari Honor Watch GS Pro ini? Berikut hasil review Pricebook yang sudah mencoba menggunakan GS Pro sebagai jam pintar harian.

Desain

honor gs pro

Desain Honor Watch GS Pro sangat terlihat kokoh dengan bahan yang dipastikan anti air, benturan, hingga goresan. Memiliki kesan minimalis sebagai sebuah jam tangan pintar dengan bezel luar yang relatif tipis.

Memiliki lekuk fisik yang besar, bahkan terlihat sangat besar untuk ukuran 48mm jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Watch. Tebalnya 15mm dengan berat 45.5g, jujur saja ketika menggunakannya tangan terasa sesak dan penuh.

Honor GS Pro sendiri telah lulus uji IL-STD-810G tingkat militer, tahan air hingga 50 meter, dan memiliki bezel baja tahan karat.

Jam pintar Honor ini sangat menjanjikan jika bicara tentang kokoh, bahkan kami tak berpikir panjang ketika mencoba untuk menenggelamkannya ke dalam kolam air selama beberapa jam.

Di sekitar layar ada bezel baja tahan karat yang ditinggikan, tidak terlalu besar, tapi mampu melindungi layar dari benturan sampai batas tertentu.

Layar

honor watch gs pro

Dibekali dengan layar sentuh AMOLED 1.39 inci dengan resolusi 454 x 454 piksel serta kecerahan maksimal 800 nits.

Hal ini membuat Honor Watch GS Pro tampaknya menyerupai Magic Watch 2, karena tampilannya terlihat mirip, meskipun ada beberapa penyesuaian.

Performa

honor gs pro

Honor Watch GS Pro masih menjalankan Huawei LiteOS, tidak banyak berubah di sini dari perangkat lunak produk jam Honor sebelumnya. Tetapi, model ini memiliki banyak penambahan fitur kesehatan dan kebugaran terbaru.

Tampilan jam diatur sedemikian rupa untuk sangat fokus pada kesehatan dan kebugaran. Bergeser dari tampilan home screen, kalian akan menemukan fitur penghitung detak jantung, cuaca, pemutar musik , serta sleep.

Navigasinya terasa mulus dan intuitif, aplikasi dan menu juga responsif, sangat cepat dibuka atau ditutup.

Fitur seperti pemutar musik mampu secara otomatis mendeteksi setiap aplikasi musik di hp seperti Spotify, JOOX, hingga Youtube Music. Aplikasi cuaca juga selalu memberikan prediksi yang akurat.

Fitur remote shutter memungkinkan kalian mengambil gambar di ponsel tanpa harus menyentuh smartphone, cocok buat wefie dan selfie. Bekerja dengan baik pada ponsel Android yang kami gunakan, meskipun bukan hp Honor ataupun Hp Huawei.

Sayangnya, kalian hanya dapat membaca notifikasi di jam tangan, tetapi kalian tidak dapat melihat gambar yang kalian kirim ataupun membalas pesan langsung dari smartwatch.

Selain itu, tidak seperti jam tangan Honor sebelumnya, GS Pro memiliki GPS internal, jadi kalian tidak perlu memiliki ponsel yang dipasangkan dengan Bluetooth untuk mendapatkan data lokasi yang akurat.

Penggunaan Honor Watch GS Pro cukup mudah, ini yang membuat kami tidak begitu kerepotan. Tak perlu banyak mengunduh dan install aplikasi tertaut, cukup menggunakan aplikasi Huawei Health sebagai user interface untuk pengaturan keseluruhan fungsi pada jam pintar Honor.

Ada sekitar 100 mode pelacakan kebugaran di dalam GS Pro, kami menyimpulkan bahwa fungsi asli dari jam pintar ini adalah untuk membantu pengguna menjaga kebugaran.

Beragam bentuk fitur tracking olah raga tertanam di dalam hp ini, mulai dari berlari, bersepeda hingga yang khusus seperti tari perut, hingga kendo.

Masing-masing memberi kalian banyak metrik, dari jarak, durasi, dan kalori yang dibakar hingga kecepatan.

Bahkan alat ini juga mencatat irama, perubahan ketinggian, seberapa baik kalian telah meningkat dari latihan sebelumnya, dan waktu yang disarankan hingga kalian harus berolahraga berikutnya. 

Honor Watch GS Pro juga memberikan serangkaian kursus virtual seperti Watch 2. Sangat informatif, dengan adanya fitur ini kalian bisa memilih model program workout dan secara otomatis akan memberikan kalian panduan selama workout.

Kami tidak terlalu tertarik menggunakan jam pintar ini untuk memantau tidur, ukurannya membuatnya tidak nyaman dipakai di malam hari.

Baterai

baterai honor gs pro

Honor Watch GS Pro memiliki masa pakai baterai yang sangat mengesankan. Terlebih bagi kalian yang terbiasa dengan Apple Watch, mungkin akan kaget karena jam pintar Apple cenderung hanya bertahan sekitar satu hari.

Masa pakai baterai mungkin adalah bagian terbaik dari jam tangan pintar lainnya. Mampu bertahan lebih lama dibandingkan semua jam tangan pintar yang pernah kami coba.

Baterai jam pintar Honor ini mampu bertahan hingga 7 hari dengan penggunaan normal, bahkan masih tersisa 12% saat kami lakukan pengecasan.

Sedangkan untuk pengguna yang rajin berolah raga, GS Pro mampu menemani kalian dalam kurun waktu 4 hari dengan penggunaan semua fitur secara aktif, dalam hal ini kebugaran.

Honor menyatakan bahwa Watch GS Pro bertahan selama 28 hari saat baterai penuh, dan itu memang benar. Setelah kami lakukan percobaan, tanpa menggunakan jam pintar ini, baterainya mampu bertahan 30 hari, artinya 2 hari lebih lama dari klaim Honor.

Kesimpulan

Meski memiliki desain yang simple, Honor Watch GS Pro mampu memberikan kenyamanan bagi pengguna dengan sangat baik.

Mulai dari desain kokoh, bezel baja dengan kualitas anti gores yang baik yang melindungi layar, hingga fitur yang lengkap untuk harga jam pintar murah.

Jika kalian memutuskan untuk memiliki jam pintar dengan kualitas daya tahan lama serta tahan banting, GS Pro bisa jadi rekomendasi yang pantas untuk dimiliki.

Like us!

Komentar