Diperbaharui pada Selasa, 24 November 2020 | 16:05

Black Friday, E-Commerce Beri Diskon Layaknya Cuci Gudang, Up To 80%

black friday

Pesta belanja Black Friday jatuh pada hari Jumat, 27 November 2020. Sejumlah e-commerce di Indonesia turut meramaikan dengan memberikan promo dan diskon bagi pelanggannya.

Di banyak negara,  Black Friday, ditunggu-tunggu dan selalu diwarnai antrean panjang. Kenapa ada Black Friday? Lantas apa kisah dibalik Pesta Belanja Global ini?

Awalnya, Black Friday adalah peristiwa satu hari di Amerika Serikat. Melansir dari Telegraph, Black Friday sebetulnya berkaitan dengan krisis keuangan, bukan kegiatan belanja.

Seiring waktu berjalan, Black Friday di AS malah menjelma sebagai momen yang sangat ditunggu-tunggu untuk berbelanja terlebih karena para peritel pun memberi diskon besar-besaran.

Namun, selama beberapa tahun terakhir, acara ini telah berkembang menjadi maraton belanja yang berlangsung selama beberapa hari.

Kadang-kadang dapat dimulai pada hari Kamis dan berlanjut sampai akhir minggu, atau bahkan bulan. Dalam upaya untuk menarik perhatian konsumen, beberapa toko memulai apa yang disebut presales pada hari Senin.

Namun, di sebagian besar negara, puncak minat pembeli turun pada hari yang sama. Di Indonesia, data Google Trends untuk 19-25 November 2018 menunjukkan bahwa dua pertiga dari semua pertanyaan yang terkait dengan penjualan Black Friday dicatat pada hari Jumat sebesar 39,7 persen.

Minat pelanggan cenderung mulai tumbuh pada hari Rabu dan memudar pada hari Minggu. Kecenderungan ini menjadi ciri khas tidak hanya Indonesia tetapi juga negara lain.

Diskon, Promo, Hingga Gratis Ongkir di Black Friday Indonesia

diskon black friday

Black Friday merupakan trend dimana masyarakat berbondong-bondong memadati setiap toko dengan beragam potongan harga yang tersedia.

Di Indonesia, hal ini juga terjadi pada setiap online shop seluruh situ perdagangan, tak terkecuali travel dan hotel.

Berikut adalah daftar situs dan juga e-commerce yang memberikan diskon potongan harga hingga 80% selama Black Friday di Indonesia.

Zalora

E-commerce yang satu ini dikenal memiliki beragam produk fashion baik untuk pria dan wanita.

Shopee

Sudah tak asing lagi jika Shopee selalu memberikan diskon lewat beragam kesempatan, mulai dari harbolnas seperti 11.11 lalu hingga Black Friday.

SEPHORA

Tak mau kelah, Sephora yang bergerak di bidang produk kecantikan juga turut menawarkan beragam diskon potongan harga yang menarik.

EXPEDIA

Buat yang mau travel dengan hemat, EXPEDIA juga kasih diskon menarik selama Black Friday.

AGODA

Tak mau kalah dengan EXPEDIA, AGODA dengan latar belakang situs serupa juga memberikan banyak diskon potongan harga untuk pecinta travel.

ASOS

Pecinta produk fashion casual pasti kenal dengan situs belanja ini. Meskipun harga yang ditampilkan bukan dalam bentuk rupiah, tapi situs ini juga turut memberikan potongan harga yang meriah.

SAMSUNG

Samsung juga ikut memberikan beragam promo serta potongan harga untuk segala macam produknya di Black Friday.

Online Shop lainnya yang ikut serta dalam acara Black Friday ada GEARBEST, blibli.com, JAKMALL, Shopback, Booking, MSI, Huawei, dan masih banyak lagi. Rugi jika tidak ikut, pasalnya banyak produk original yang dijual dengan harga yang menggiurkan berkat adanya potongan harga besar-besaran.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.