Diperbaharui pada Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:48

Motor Listrik Volcon Grunt Bisa Dipakai Menyelam!

Oleh Syahya Rembulan

Motor Listrik Volcon GruntFoto: Volcon

Volcon mengumumkan motor listrik terbaru yang dinamakan Volcon Grunt. Meski terbilang cukup baru di jajaran produsen motor listrik, produk besutan Volcon ini langsung menjadi perhatian para penggemar motor listrik karena kabarnya bisa dipakai untuk menyelam di air.

Spesifikasi Volcon Grunt

Volcon Grunt adalah jenis sepeda motor listrik dengan ban besar yang tidak hanya sekedar motor ramah lingkungan, tapi juga memberikan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki motor listrik lainnya.

Dilihat dari desain bodinya, Volcon Grunt ini tampak seperti motor sport pada umumnya, namun dengan ukuran besar dan terlihat tangguh. Sekilas, desainnya sama sekali tidak terlihat seperti motor listrik.

Berbeda dengan motor listik lain yang mengandalkan kecepatan rendah untuk menghemat daya baterai. Motor Volcon Grunt 37 kW (50 hp) menawarkan kecepatan besar dengan torsi 102 Nm (75 lb-ft) yang mampu membuat motor ini melaju dengan kecepatan tertinggi 60 mph (96 km / jam) dalam 6 detik.

Selain itu, motor ini juga datang dengan jangkauan maksimum 100 mil (160 km). Namun, belum ada detail terkait berapa kecepatannya. 

Meskipun demikian, para pengguna tidak perlu khawatir akan boros baterai. Volcon Grunt telah mempertimbangkan efisiensinya dengan membuat baterai yang dapat ditukar. Sehingga, baterai cadangan bisa digunakan dengan mudah jika baterai lainnya habis.  

Volcon GruntFoto: Volcon

Menariknya, Volcon Grunt yang dibanderol dengan harga $ 5.995, atau sekitar Rp 88 jutaan ini diklaim dapat bertahan pada kedalaman air. Artinya, motor ini dapat dikendarai di dalam air. Sejauh mana klaim ini bisa dipercaya, kita perlu menunggu hingga rilis resminya di 2021 mendatang. 

Dengan harga yang ditawarkan, membuat motor ini menjadi sepeda motor listrik termurah dibanding deretan motor listrik lainnya seperti Zero SR / F dan Zero SR / S dengan harga $ 20K (Rp 294 jutaan), Harley-Davidson LiveWire dengan harga $ 30K (Rp 441 jutaan), dan motor sport listrik Energica seharga $ 25K (365 jutaan).

Namun, rumor mengatakan motor listrik yang akan datang ini mungkin akan menjadi motor listrik off-road saja. Hal ini diduga karena Volcon tidak menyebutkan status legal jalan motor tersebut.

Volcon juga tampaknya sedang mengerjakan lebih dari sekedar produk sepeda motor listrik saja, karena beberapa gambar desain motor jenis UTV juga sempat beredar.

Akankah Volcon yang berbasis di AS akan memasarkan sepeda motor listrik Grunt ini secara global?

Like us!

Komentar