Diperbaharui pada Senin, 19 Oktober 2020 | 15:01

Cari Judul Lagu Pakai Fitur Google “Hum to Search”, Begini Caranya

Oleh Syahya Rembulan

Google Foto: 9to5google

Pernah terngiang-ngiang sebuah lagu tapi tidak tahu judul lagunya? Jika iya, pastinya jadi kepikiran dan penasaran untuk mencari tau judul lagu tersebut, dong. Kalau biasanya ada aplikasi yang bisa mengenali judul lagu melalui nada dan potongan liriknya, kini kamu cukup bersenandung nadanya saja, fitur Google “Hum to Search” akan mencari lagunya.

Apa Itu Fitur Hum to Search?

Google Hum to SearchFoto: 9to5google

Google baru saja meluncurkan fitur terbarunya pada Google Seluler dan Google Assistant, yang dinamakan “Hum to Search”, yang memungkinkan para penggunanya mencari judul lagu dengan menyenandungkan sedikit nada dari lagu tersebut.

Kamu hanya perlu mengatakan “Hey Google” kemudian mengetik “What is this song” lalu mulai menyenandungkan lagu tersebut selama kurang lebih 10-15 detik. Setelah itu Google akan secara otomatis mengidentifikasi nada dan menampilkan beberapa lagu yang hampir mirip.

Cara Kerja Fitur Hum to Search

Menurut Google, fitur ini bekerja dengan mengubah input audio menjadi urutan berbasis angka yang kemudian dicocokkan dengan melodi lagu yang sudah ada, untuk mencoba menemukan yang terdekat.

Fitur ini dilatih dengan beberapa sumber dengan orang-orang yang bernyanyi, bersenandung dan bersiul disamping rekaman studio yang asli.

Algoritma Google juga dapat menghapus alat musik, serta timbre dan nada suara penyanyi secara berurutan, sehingga hanya mengandalkan urutan numerik aktual dalam proses pencocokan lagu.

Google juga mengatakan bahwa fitur terbaru ini akan tersedia pertama kali dalam bahasa Inggris di perangkat Apple iOS, dan dalam lebih dari 20 bahasa pada platform perangkat Android. 

Selain itu, pengguna tidak perlu memiliki nada yang sempurna agar fitur tersebut berfungsi. Asal bagian dari nada yang disenandungkan memiliki kemiripan dengan lagu tertentu, maka Google dapat mencarinya.

Google mengkonfirmasi akan menambahkan lebih banyak bahasa lagi dalam fitur ini. Bagaimana, langsung coba, dong? Pricebook sudah, loh!

Like us!

Komentar