Diperbaharui pada Minggu, 18 Oktober 2020 | 11:40

5 Hal yang Membuat S Pen di Galaxy Note20 series Begitu Istimewa

Oleh Nur Abdillah

S Pen di Galaxy Note20 series
Samsung Galaxy Note20 Series hadir dengan berbagai macam peningkatan, baik dari sisi hardware maupun fitur-fiturnya. Semua dihadirkan untuk dapat membantu meningkatkan produktivitas penggunanya.

Tapi bicara soal Galaxy Note series, tentu tidak terlepas dari sebuah pena digital yang dikenal dengan S Pen. Karena salah satu fitur khas yang dimiliki oleh Note Series adalah S Pen-nya.

Nah yang menarik, S Pen di Samsung Galaxy Note20 series (baik Galaxy Note 20 dan Galaxy Note 20 Ultra) telah mengalami peningkatan, baik performa maupun fiturnya.

Secara performa, Samsung telah meningkatkan latency dari S Pen yang memberikan pengalaman layaknya menulis pada secarik kertas.

Selain itu Samsung juga menambahkan beberapa gerakan baru pada Air Gesture di S Pen, kemampuan untuk membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark pada  Samsung Notes.

Fitur Auto-Straighten dan Handwriting to Text juga menjadi teman baik Anda untuk membuat catatan anda menjadi lebih rapi.

Yang pasti semua peningkatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengalaman saat menjalankan aktivitasnya menggunakan Samsung Galaxy Note20 Series.

Nah, kali ini Pricebook akan kupas tuntas sejauhmana peningkatan S Pen di Samsung Galaxy Note20 series dalam meningkatkan produktivitas sehari-hari.

Latency Meningkat Menulis Lebih Nyaman

S Pen di Galaxy Note20 series
Samsung Galaxy Note20 Series memiliki layar dengan refresh rate mencapai 120Hz. Selain nyaman, refresh rate sebesar ini akan membuat tampilan jauh lebih smooth.

Begitu pula saat Anda memaksimalkan layar ini menggunakan S Pen, seperti untuk menulis atau membuat sketsa gambar.

Menulis dengan S Pen di Galaxy Note20 series ini memang menawarkan pengalaman seolah-oleh kita menulis pada sebuah kertas. Itu dimungkinkan berkat adanya peningkatan pada sisi latency ketika S Pen bertemu di permukaan.

Dimana latency S Pen telah ditingkatkan hingga 26ms pada Galaxy Note20, dan latency di Galaxy Note20 Ultra hanya 9ms. Tidak hanya menulis atau menggambar saja, tapi juga memberikan kenyamanan untuk mengedit foto maupun mengedit video.

S Pen + Samsung Notes, Kombinasi yang Apik

S Pen di Galaxy Note20 series
Samsung Notes merupakan aplikasi untuk membuat catatan yang akan menjadi duet apik dari S Pen. Tidak hanya sekedar membuat catatan saja, tapi kombinasi S Pen dan Samsung Notes juga memungkinkan Anda melakukan banyak hal.

Sama seperti S Pen, Samsung Note juga mengalami beberapa peningkatan, kini mencatat menggunakan Samsung Notes semakin mudah dengan adanya fitur Audio Bookmark. Apa keunggulannya?

Audio Bookmark merupakan fitur baru milik Samsung Galaxy Note20 Series yang menggunakan  kemudahan mencatat menggunakan S Pen, dengan aktualitas dari Voice Notes.

Audio Bookmark memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang Anda buat disaat yang bersamaan.

Apabila melupakan salah satu poin pada catatan, tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas S Notes, dan ketuk S Pen anda pada poin yang ingin diingat, maka Samsung Notes akan secara otomatis memainkan Voice Notes di waktu Anda membuat  tulisan tersebut.

Sehingga akan mempermudah untuk mengingat poin-poin pembicaraan ketika membaca ulang catatan Anda. 

Screen Off Memo

S Pen di Galaxy Note20 series
Jangan lupakan fitur Screen-off memo. Fitur ini cukup penting ketika sedang butuh menulis dengan cepat dan memastikan Anda tidak pernah ketinggalan momen mencatat.

Karena ini memungkinkan Anda untuk membuat catatan langsung di atas layar. Cara menggunakan fitur Screen Off Memo da S Pen ini juga sangat mudah dilakukan.

Cukup keluarkan S Pen dan ketuk layar Galaxy Note20 Series dengan menggunakan S Pen untuk langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen dan mencari aplikasi Samsung Notes.

Catatan yang dibuat disini akan secara  otomatis disimpan kedalam Samsung Notes Anda.

Edit PDF dengan S Pen

S Pen di Galaxy Note20 series

Hal yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui laptop kini bisa juga dengan menggunakan S Pen di Samsung Galaxy Note20 series. Salah satunya melakukan editing pada file PDF.

Prosesnya tidak sulit, cukup import file PDF yang ingin diedit kedalam Samsung Notes. Kemudian temukan halaman yang akan diedit dengan menggunakan Page View dan gunakan S Pen untuk menandai tulisan, memberikan komentar, dan menaruh gambar dengan mudah.

Atau bisa juga menkonversikan catatan atau gambar anda ke format PDF, PPT, maupun Word.

Copy Teks atau Gambar Lebih Mudah

S Pen di Galaxy Note20 series
Fitur lain dari S Pen yang juga berguna untuk produktivitas Anda adalah Smart Select. Fitur Smart Select ini akan memudahkan Anda untuk mengambil tulisan pada sebuah gambar, artikel pada webpage, maupun pdf dan men-copy tulisan tersebut kedalam aplikasi Samsung Note. 

Anda tidak perlu lagi kesulitan mencatat nomor telepon dari kartu nama, atau mengambil kutipan-kutipan tertentu dari sebuah dokumen. Jauh lebih efisien dan waktu ANda tidak terbuang percuma.

Yuuk gunakan S Pen di Samsung Galaxy Note20 series untuk meningkatkan produktivitas di tengah Pandemi saat ini.

Like us!

Komentar