Diperbaharui pada Rabu, 14 Oktober 2020 | 17:06

Phasmophobia, Game Horor Terseram, Penakut Jangan Main Sendirian!

Oleh Restu Aji Siswanto

game horor phasmophobiaFoto: Kinetic Games

Kabar baik untuk para penggemar game horor, Phasmophobia adalah game horor baru yang diklaim akan membuat pemainnya ketakutan setengah mati. Seseram apa, sih game ini? Kenapa sampai dapat predikat game horor terbaik di 2020, oleh beberapa gamer yang sudah memainkannya?

Tentang Phasmophobia

game horor phasmophobiaFoto: Kinetic Games

Phasmophobia berasal dari bahasa medis yang berarti ketakutan terhadap hal-hal gaib yang berkaitan dengan hantu dan makhluk-makhluk astral sejenisnya. Nama ini dipilih oleh Kinetic Games untuk produk game horor terbaru mereka, karena dianggap paling mewakili.

Game Phasmophobia adalah sebuah game online co-op untuk PC yang bisa dimainkan oleh 4 orang pemain, dengan dukungan VR. Pemain berperan sebagai anggota tim yang bertugas untuk menginvestigasi tempat-tempat angker.

Gameplay dasarnya berfokus kepada para pemain yang mencari bukti-bukti keberadaan hantu, dengan mengunjungi lokasi-lokasi seperti rumah hantu, penjara, selokan, hingga rumah sakit, dengan perlengkapan berburu hantu yang interaktif.

Perlengkapan yang digunakan adalah peralatan klasik yang biasa kita lihat di film-film horor seperti papan Ouija, EMF Reader, Motion Sensor, senter UV, Spirit Box, dan lain sebagainya. Perlengkapan ini yang akan membantu kita untuk menghadapi para hantu.

Cara Menghadapi Hantu di Phasmophobia

cara menghadapi hantu phasmophobiaFoto: Kinetic Games

Pada game Phasmophobia, terdapat 12 jenis hantu yang akan muncul. Kemunculan hantu-hantu ini bisa diketahui melalui beberapa bukti dan pertanda yang terjadi di lokasi, selama para pemain sedang melakukan investigasi. Berikut ini daftar hantu di Phasmophobia, dan cara menghadapinya.

Spirit

Spirit atau arwah adalah jenis hantu yang paling mudah untuk ditemukan di Phasmophobia. Tanda-tanda kemunculannya biasanya bila terjadi kasus kematian yang tidak wajar. Bukti-bukti kemunculan Spirit ini terlihat dari adanya bekas telapak tangan, atau tulisan-tulisan gaib terlihat.

Shade

Hantu ini paling sulit untuk ditemukan karena selalu bersembunyi diantara bayangan. Kalau kamu memainkan game ini bersama teman, agak susah untuk bertemu Shade. Namun kalau kamu bermain sendirian, hantu ini akan langsung mengincar kamu.

Poltergeist

Poltergeist adalah jenis hantu yang cukup berbahaya karena mereka bisa memindahkan benda-benda yang ada disekitar pemain. Salah satu trik untuk menghadapi jenis hantu ini adalah dengan memancingnya untuk berada di ruangan yang minim perabotan.

Jinn

Jenis hantu dari bangsa Jin ini termasuk yang tidak terlalu berbahaya, karena mereka hanya akan menyerang bila merasa terancam oleh keberadaan kita. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mematikan seluruh sumber listrik di lokasi.

Mare

Mare adalah jenis hantu yang agak tricky untuk dihadapi, karena mereka punya kekuatan yang sangat besar ketika berada di lokasi yang gelap dan minim cahaya. Untuk menghadapi Mare, cari lokasi yang punya penerangan dan banyak lampu.

Phantom

Phantom adalah jenis hantu yang bisa mempengaruhi mental karakter yang sedang kita mainkan. Ciri-cirinya adalah pergerakan yang sangat lambat. Cara menghadapinya cukup dengan memotretnya saja.

Wraith

Wraith adalah jenis hantu yang berbahaya, melebihi Poltergeist, karena dapat menyerang pemain secara langsung, dan mampu bergerak di dinding-dinding ruangan. Untuk menghadapinya, siapkan garam dan lemparkan ke arahnya ketika kita diserang. Wraith juga bisa terbang ketika menyerang.

Banshee

Banshee adalah jenis hantu yang licik dan hanya menampakkan dirinya kepada satu pemain saja, secara bergantian, sehingga kadang kita terkena serangannya tanpa diketahui. Untuk melawannya, siapkan Crucifix.

Revenant

Jenis hantu ini tidak bisa dihadapi secara face to face karena pergerakannya sangat cepat. Untuk memperlambat geraknya, pemain harus bersembunyi dan jangan sampai terlihat olehnya.

Yurei

Mirip seperti Phantom, Yurei juga menyerang pemain secara psikologis dengan menjatuhkan mental dan membuat korbannya jadi sakit jiwa. Untuk menghadapi hantu jenis ini, gunakan Smudge Sticks.

Oni

Oni adalah hantu sejenis iblis dari Jepang yang akan bergerak dengan sangat cepat bila keberadaannya diketahui, dan langsung menyerang pemain. Hati-hati.

Demon

Dari semua jenis hantu yang telah kami sebutkan di atas, Demon adalah yang paling menyeramkan. Demon ini pada dasararnya adalah iblis, dan serangannya sangat beringas. Selalu siapkan Crucifix bila sedang mencari Demon.

Spesifikasi untuk Bermain Phasmophobia

Untuk bermain game Phasmophobia, diperlukan spesifikasi minimum untuk perangkat laptop atau komputer PC yang digunakan, sbb:

Spesifikasi Minimum:

  • OS: Windows 10 64Bit
  • Prosesor: Intel Core i5-4590 / AMD FX 8350
  • Memori: RAM 8 GB
  • Grafis: NVIDIA GTX 970 / AMD Radeon R9 290
  • Jaringan: Internet Broadband
  • Penyimpanan: 13 GB

Spesifikasi yang Direkomendasikan:

  • OS: Windows 10 64Bit
  • Prosesor: Intel i5-4590 / AMD Ryzen 5 1500X
  • Memori: RAM 8 GB
  • Grafis: NVIDIA GTX 970 / AMD Radeon R9 290
  • Jaringan: Internet Broadband
  • Penyimpanan: 15 GB
Like us!

Komentar