Diperbaharui pada Jumat, 25 September 2020 | 14:47

Luna, Cloud Gaming Amazon yang Nekat Tantang Google Stadia!

amazon lunaFoto : Amazon Luna

Amazon akhirnya resmi mengumumkan layanan cloud gaming miliknya sendiri yang dinamakan Luna. Perusahaan ini telah memberikan akses lebih awal untuk pelanggannya di Amerika Serikat. Kabarnya, layanan ini akan hadir di platform PC, Mac, Fire TV, iPhone/iPad, dan juga Android. Apakah Luna mampu bersaing dengan layanan cloud gaming Google Stadia?

Tentang Luna

Luna adalah layanan cloud gaming yang dikembangkan oleh Amazon, dan resmi diumumkan pada tanggal 24 September 2020. Amazon Luna akan memiliki sekitar 100 jenis game berbeda, yang akan diluncurkan secara bersamaan dengan layanannya, di bulan Oktober 2020 mendatang. Layanan ini dapat diakses dengan sistem berlangganan.

Kelebihan Luna Cloud Gaming

Berikut ini beberapa kelebihan yang di tawarkan oleh Luna.

1. Dukungan Server Amazon Web Services

Cloud gaming Luna dikabarkan mendukung server AWS (Amozon Web Services). Artinya, kualitas steaming pada layanan ini akan sangat baik dan mungkin tidak akan memiliki gangguan. Selain itu, Luna juga akan mendukung grafik 1080 / 60fps dan mungkin akan disusul dengan dukungan 4K yang menambah kualitas kinerja layanan ini. 

2. Lebih Murah Dari Google Stadia

Berbeda dengan layanan Google Stadia yang harus membeli game satu persatu, layanan cloud gaming Luna memberikan penawaran terbaik dengan mencampurkan beberapa game di dalam satu paket atau satu saluran. 

Nantinya, saluran Luna + akan menampilkan campuran game termasuk Resident Evil 7, Control, Panzer Dragoon, A Plague Tale: Innocence, Grid, dan Yooka-Laylee dan Impossible Lair. 

Saluran ini akan tersedia dengan harga $ 6 atau sekitar Rp 80 ribuan per bulan. Bukan hanya Luna +, Amazon juga akan menyediakan saluran Ubisoft pada layanan Luna. Namun kedua saluran ini akan menawarkan fitur yang berbeda. 

Jika Luna + mampu dimainkan pada dua perangkat yang berbeda dalam waktu yang sama, maka saluran Ubisoft hanya bisa dimainkan di satu perangkat saja, atau mungkin sebaliknya.

3. Dibekali Pengontrol Alexa

Menariknya lagi, Amazon mengonfirmasi bahwa layanan cloud gaming Luna ini akan dibekali dengan teknologi Alexa yang terhubung langsung ke cloud untuk mengontrol game dengan mudah, dan menampilkan desain beberapa antena yang memprioritaskan wifi tanpa gangguan untuk game latensi rendah.

Untuk saat ini, belum ada informasi resmi tentang peluncuran global layanan Luna cloud gaming, apakah Luna mampu bersaing dengan Google Stadia? Menarik, nih!

Like us!
Syahya Rembulan

Contributor

148 Posts