Diperbaharui pada Senin, 21 September 2020 | 12:05

Hore, Bisa Main Game PS4 dan PS2 di PS5, Nih! Game PS3 Gimana?

ps5 backwards compatibilityFoto: Sony

Sony baru saja mengumumkan konsol game terbaru mereka, PlayStation 5, atau lebih gampang disingkat jadi PS5, beberapa waktu lalu. Mesin konsol game yang rilis dalam dua versi ini sudah dikonfirmasi oleh Sony akan memiliki fitur backwards compatibility. Artinya, kamu bisa mainkan game-game PS4 di perangkat PS5! Senang, dong? Pastinya!

Menurut Jim Ryan, CEO Sony Interactive Entertainment, keputusan untuk fitur backwards compatibility ini didasari oleh banyaknya jumlah pemain PS4 saat ini, jadi menurutnya, akan sangat disayangkan kalau mereka rindu dengan game PS4 dan tidak bisa memainkannya di mesin PS5.

Bersamaan dengan implementasi fitur tersebut, Sony juga fokus mengembangkan teknologi controller atau stik DualSense terbaru mereka dengan peningkatan yang signifikan, dan kemampuan high-speed SSD pada mesin konsolnya. Ini tentunya berdampak pada sistem yang jadi tidak mendukung backwards compatibility untuk game PS3, PS2, dan PS1. 

Sayang, ya. Padahal kalau gamer bisa memainkan lebih banyak game di PS5, pasti akan menyenangkan sekali. Walau begitu, game-game PS2 Classics yang diunduh pada sistem PS4 tetap bisa dimainkan di PS5, karena game-game ini menggunakan emulator untuk bisa dimainkan pada mesin yang lebih baru.

main game ps4 di ps5Foto: Sony

Dengan bisa dimainkannya game PS4 pada mesin PS5, itu berarti kamu bisa menggunakan cakram game fisik PS4 di PS5. Selain game fisik, kamu juga bisa memainkan game-game PS4 yang kamu unduh di PS Store secara digital. Pihak Sony mengklaim bahwa 99% game PS4 yang sudah ada saat ini bisa dimainkan di PS5.

Lalu pertanyaan terbesar adalah, bagaimana kualitas grafis pada game PS4 ketika dimainkan pada mesin PS5? Untuk menjawab pertanyaan ini, Sony menjelaskan bahwa pemain dapat menggunakan mode ‘Boost’ ketika memainkan game PS4. 

Tapi berkaitan dengan mode ‘Boost’ tersebut, Sony juga menambahkan, bahwa meski kualitas game PS4 meningkat dari segi frame rate, bahkan berpotensi meningkatkan kualitas resolusinya juga, tidak semua judul game kompatibel dengan mode ini. Pihak Sony saat ini masih dalam tahap mengevaluasi hal tersebut.

Untuk gamer yang senang memainkan PlayStation VR, kamu juga bisa tersenyum bahagia, karena Sony memastikan headset virtual reality yang kamu miliki sekarang, kompatibel dengan mesin PS5, karena mesin konsol terbaru mereka ini juga memiliki backwards compatibility dengan software VR PS4.

Jadi bagaimana, mau tetap bertahan dengan mesin PS4 kamu, atau upgrade ke PS5? 

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.