Diperbaharui pada Rabu, 16 September 2020 | 12:31

Sisi Menarik dari Desain Unik Samsung Galaxy Buds Live

Oleh Nur Abdillah

Galaxy Buds Live
Pilihan perangkat TWS (True Wireless Stereo) memang makin diminati banyak orang. Itu sebabnya saat ini kehadirannya makin menjamur. Mulai dari yang berharga ratusan ribu hingga jutaan rupiah tersedia dipasaran.

Tapi tidak semua TWS yang juga dikenal dengan earbuds ini nyaman ketika digunakan. Beda halnya dengan Samsung yang selalu menghadirkan perangkat TWS terbaik.

Nah, belum lama ini, Samsung merilis TWS (True Wireless Stereo) terbaru ke Indonesia. Diberi nama Galaxy Buds Live, TWS anyar ini menawarkan kenyamanan kepada penggunanya.

Tidak hanya itu, Galaxy Buds Live juga memiliki desain yang unik. Dan itu bukan hal mudah, karena sudah melalui riset yang detail. Jika penasaran, berikut paparan dari desainer Samsung Galaxy Buds Live.

Tampil Beda dengan Open Type

Desain Unik Samsung Galaxy Buds LiveProses desain awal Galaxy Buds Live

Galaxy Buds Live memiliki fokus yang cukup berbeda dengan Galaxy Buds+. Jika Galaxy Buds+ adalah ‘canal-type’ earbuds yang dirilis pada awal tahun ini ditujukan untuk mereka yang menginginkan kualitas suara yang imersif.

Sementara Galaxy Buds Live merupakan ‘open-type’ earbuds yang dapat digunakan secara nyaman untuk waktu yang lama. Ini membuat Galaxy Buds Live sangat cocok bagi mereka yang ingin mendengarkan musik, menonton video atau melakukan panggilan telepon dalam rentang waktu yang lama. 

Tidak seperti canal-type earbuds yang menutup lubang telinga sehingga dapat menyebabkan ketidaknyamanan pada pengguna untuk pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Open-type earbuds dapat ditaruh dengan nyaman dengan diselipkan di tragus pada bagian telinga luar, yang memudahkan sirkulasi udara serta memberikan kenyamanan saat digunakan untuk waktu yang lama.

“Kami menggunakan desain yang sekarang untuk memberikan rasa nyaman kepada pengguna, serta membedakan earbuds Samsung dari produk-produk lain karena keunikan bentuk dari Samsung Galaxy Buds Live sendiri,” ucap Tommy Choi, Designer, Samsung Electronics. 

Riset untuk Kenyamanan Maksimal

galaxy buds liveRancangan penempatan Galaxy Buds Live

Berdasarkan riset Samsung, kenyamanan merupakan faktor penting ketika seseorang memilih sebuah earbuds. Untuk itu, Samsung benar-benar memastikan desain produknya dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya. 

Kesulitan terbesar adalah menemukan ukuran yang tepat, karena setiap orang memiliki ukuran dan bentuk telinga yang bervariasi. Memahami hal tersebut, Samsung Galaxy Buds Live telah melalui tahap pengujian yang ketat agar nyaman digunakan, terlepas dari ukuran dan bentuk telinga mereka. 

“Ketika 8 dari 10 subjek kita merespon bahwa earbudsnya sudah nyaman untuk digunakan, kami kemudian membuat modifikasi untuk memastikan kenyamanan dua subjek lainnya tanpa mengorbankan kenyamanan delapan orang yang lain. Kami melakukan percobaan kepada lebih dari 2000 subyek,” tambah Choi. 

Warna dan Kotak yang Elegan

galaxy buds livePrototype kotak Galaxy Buds Live

Desain Galaxy Buds Live juga di dukung dengan pilihan warna yang menarik, yaitu Mystic Bronze, Mystic White dan Mystic Black. Warna-warna ini sudah disesuaikan dengan lima produk baru yang diperkenalkan Samsung pada acara Galaxy Unpacked 2020 pada awal Agustus lalu. 

Galaxy Buds Live dibuat menggunakan bahan yang sebanyak 20%-nya berasal dari Post-Consumer Material (PCM) yang telah didaur-ulang, hal ini untuk memastikan komitmen Samsung untuk mengurangi dampak lingkungan dari sampah plastik. 

Para desainer Galaxy Buds Live juga memutuskan untuk memberikan glossy finishing pada Galaxy Buds Live untuk memberikan kesan yang mewah. Lengkap dengan charging box yang menyerupai bentuk kotak perhiasan.

Kotak ini berukuran kecil karena memang didesain untuk mudah diselipkan pada kantong, atau dibawa ke mana-mana tanpa mengorbankan kapasitas baterai yang dapat bertahan hingga 21 jam ketika diisi secara penuh. 

“Ketika mendesain produk, kami memikirkan dengan sungguh-sungguh setiap proses interaksi dengan para pengguna. Mulai dari ketika mereka melihat produk tersebut hingga mereka membuka kotak,  menggunakan earbuds, dan melakukan pengisian daya dengan menaruh earbuds kembali pada kotaknya,” tutup Choi.

“Kami juga mempertimbangkan bagimana tampilan earbuds ketika ditaruh di dalam kotaknya, dan bagaimana mereka seharusnya diletakkan untuk memastikan pengguna dapat mengeluarkan earbuds dengan mudah.” 

Harga Galaxy Buds Live dibanderol seharga Rp 2.599.000.

Kriteria Spesifikasi
Type Earbuds
Frequency Range -
Driver Size 10 mm
Weight 5.6 g
Connection Type Wireless
Tabel dapat digeser kiri atau kanan

Like us!

Komentar