Diperbaharui pada Senin, 5 Juni 2023 | 11:24

2PK Buat 1 Rumah? Begini Cara Menghitung PK dan Daya Watt AC

Pengertian PK pada AC dan Watt yang DibutuhkanFoto: LG

Berapa PK AC yang mau dibeli? Berapa Daya Watt yang harus disesuaikan? Selalu muncul pertanyaan tersebut ketika hendak membeli AC Terbaru dengan PK besar tapi Watt rendah karena ingin tetap terasa dingin.

Di tengah cuaca yang panas seperti ini, memasang AC di rumah atau kamar menjadi salah satu solusi yang terbaik. Selain membuat nyaman, beberapa AC juga menawarkan fitur anti bakteri.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk memasang AC, ada satu hal yang harus dipertimbangkan, yaitu daya listrik. Karena dalam penggunaannya, AC membutuhkan daya yang cukup besar.

Apa itu PK AC?

Sayangnya, di dunia AC kita hanya mengenalnya dengan sebutan PK bukan Watt. Ada AC ½ PK, AC 1 PK, AC 2 PK hingga AC 2,5 PK. Apa itu PK?

Istilah PK pada AC merujuk pada kata Paard Kracht (bahasa Belanda) yang bisa diartikan sebagai tenaga kuda. Semakin besar PK yang ditawarkan maka akan semakin dingin ruangan. Tapi, semakin besar PK pada AC juga memiliki konsumsi daya yang besar.  

Pertanyaannya, AC 1 PK itu berapa watt? Secara teori, beberapa sumber menyebutkan jika 1 PK itu sama dengan 735.5 watt. Namun pada kenyataannya ada AC 1 PK yang mengkonsumsi daya hingga 840 watt.

Cara Menghitung PK AC Menjadi Watt

cara menghitung PK AC sesuai luas ruangan

Selain itu, AC juga memiliki beberapa kategori, ada AC standar dan AC Inverter. Perbedaan AC standar dan AC Inverter sendiri cukup signifikan terutama dalam hal konsumsi lsitrik.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara menghitung PK AC jika dikoversi menjadi watt :

AC Standar

AC Standar memiliki kadar hitungan PK AC dan daya yang terbilang sejajar atau berbanding lurus. Semakin besar PK AC yang dimiliki maka akan semakin besar pula daya watt yang akan digunakan, pemakaian daya pun masih cenderung stabil pada watt yang ditentukan tanpa perubahan ketika beroperasi. Sebagai contoh, perhitungannya seperti pada tabel di bawah ini.

Jenis PK AC Daya
AC 1/2 PK 400 Watt
AC 3/4 PK 600 Watt
AC 1 PK 840 Watt
AC 1.5 PK 1170 Watt
AC 2 PK 1920 Watt
AC 2.5 PK 2570 Watt

AC Low Watt

AC Low Watt biasanya memiliki PK AC besar tapi dengan watt rendah. Sayangnya, cara penyerapan daya masih sama seperti AC Standar yang tidak berubah ketika beroperasi. Terkadang, beberapa AC Low Watt dengan PK tinggi dan daya rendah ini cenderung kurang dingin. Tapi keuntungannya adalah, AC Low Watt cukup awet dan tahan sedikit lebih lama dibandingkan AC Standar.

Jenis PK AC Daya
AC 1/2 PK 320 Watt
AC 3/4 PK 530 Watt
AC 1 PK 660 Watt

AC Inverter

AC Inverter yang merupakan sebuah terobosan baru dalam hal PK AC dan juga pengunaan daya Watt. Ini dikarenakan, ketika AC Inverter beroperasi, daya yang digunakan akan tinggi di awal kemudian akan turun dan stabil ketika sudah mencapai titik dingin yang ditentukan. Penggunaan AC Inverter ini diyakini yang paling menguntungkan untuk kondisi perkantoran dan perumahan saat ini jika bicara terkait biaya operasional.

Jenis PK AC Daya
AC 1 PK 225 - 920 Watt
AC 1.5 PK 270 - 1070 Watt
AC 2 PK 300 - 1710 Watt
AC 2.5 PK 350 - 2220 Watt

cara menghitung PK AC sesuai luas ruangan

Yang mesti diingat adalah setiap merk AC memiliki daya yang tidak sama. Jadi sangat mungkin satu merk AC dengan ukuran 1 PK bisa mengkonsumsi daya lebih dari 735,5 watt.

Oleh karena itu, tabel di atas bisa menjadi penjelasan dasar ketika Anda ingin membeli AC. Setidaknya Anda bisa menghitung kebutuhan AC yang bisa disesuaikan dengan daya listrik dirumah.

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.