Diperbaharui pada Selasa, 23 Juni 2020 | 23:03

Review HP DragonFly Elite 2020, Desain Cantik Baterai Besar

Oleh Imam Ali

hp dragonfly

HP Elite Dragonfly memiliki penampilan menarik. Laptop 2in1 HP biasanya dikaitkan dengan laptop premium dengan daya tahan MIL-SPEC yang teruji.

Anda disuguhkan dengan sejumlah fitur keamanan termasuk Intel vPro dan slot privacy webcam. Keyboard yang nyaman dengan membran yang empuk.

Kinerja yang solid dari CPU Intel Core i7 Gen 8 dan masa pakai baterai hampir 13 jam. Laptop ini adalah salah satu laptop bisnis terbaik di pasaran. Penguji cukup terpesona dengan buku catatan itu sejak pertama kali melihatnya.

Casis magnesium dragonfly biru seperti langit tengah malam dan logo HP putih mengkilap seperti bulan. Notebook ini terlihat sangat ramping dan cocok untuk menjadi laptop bisnis. 

Keseluruhan dek keyboard terbuat dari logam berwarna biru yang sangat menggoda. Keyboard juga berwarna biru dengan huruf putih disorot oleh cahaya latar terang.

Keyboard diapit oleh sepasang pengeras suara terbaik dengan pola geometris yang funky. Tampilannya terlihat indah dan ramah lingkungan.

Kotak speaker yang sebenarnya dibuat dengan 15% plastik, menjadikan Dragonfly laptop pertama di dunia yang menggunakan material unik dalam pembuatannya.

Untuk memastikan bahwa laptop selalu terlihat cantik, HP telah memberikan sistem lapisan oleophobic. Lapisan tersebut membuat permukaannya tahan noda dan mudah dibersihkan.

Dua engsel 360 derajat menjadikannya semakin futuristik. Engsel beraksen krom perak memungkinkan laptop untuk berubah dari laptop tradisional menjadi tablet.

hp elite dragonfly

Klaim ketenaran Elite Dragonfly adalah lebih ringan dari MacBook Air yang memiliki berat 2,8 pon, 12 x 8,4 x 0,2 ~ 0,6 inci.

Dragonfly sendiri memiliki berat 2,5 pound, dengan dimensi 11,9 x 7,8 x 0,6 inci.

Ukuran tersebut bahkan lebih ringan daripada Lenovo ThinkPad X1 Yoga dengan berat 3 pound, 12 x 8,5 x 0,6 inci serta Dell Latitude 7300 dengan berat 3,1 pound, 12,1 x 8,1 x 0,7 inci.

Memiliki tampilan cantik serta ketahanan yang kuat. HP Dragonfly telah lulus 19 tes MIL-SPEC-810G, artinya laptop ramping ini dapat menahan tetesan, guncangan dan getaran serta suhu dan ketinggian yang ekstrem.

Tidak pemindai sidik jari yang tertanam di sisi kanan palm rest, Anda juga mendapatkan kamera IR yang mampu memindai pengenalan wajah untuk login Windows Hello.

Uniknya, kamera webcamnya memiliki penutup atau slide cover sebagai pengaman ketika tidak digunakan.

Laptop ini juga dilengkapi teknologi Intel vPro yang memungkinkan departemen TI mengakses laptop dari jarak jauh untuk memperbarui atau menghapus data.

Ini yang paling canggih, jika Dragonfly terkena virus, laptop tersebut dilengkapi dengan BIOS yang dapat menyembuhkan sendiri.

Meski langsing, HP masih menyediakan ruang untuk beberapa port. Terdapat port HDMI 1.4 ditambah sepasang port Thunderbolt 3 dan jack headset tepat di sisi kanan. 

Di sebelah kiri terdapat port USB 3.1 Tipe-A Gen 1, slot nanoSIM dan tombol daya. 

Layar HP Elite Dragonfly

hp elite dragonfly

Ukuran layarnya besar, tentunya dengan bezel tipis. 13,3 inci, 1920 x 1080 dengan cakupan yang lebar, terutama ketika menjadi sebuah tablet. Perinciannya cukup tajam sehingga gambar film maupun wallpaper yang ditampilkan terasa hidup.

Layar Dragonfly mereproduksi 117% dari gamut warna sRGB. Ini hanya beberapa poin dari rata-rata laptop premium. Namun, penguji masih menganggap itu lebih baik daripada kompetitor.

Dragonfly cukup cerah dengan rata-rata warna ketajaman mencapai 373 nits. Anda juga dapat mengonfigurasi notebook dengan panel 1.000-nit berkat teknologi SureView hingga masuk ke tampilan 4K.

Layar sentuh kapasitif 10 poin cepat dan responsif. HP juga menyediakan sebuah Sypnatic Pan untuk membantu para desain grafis menggunakan laptop ini.

Alat ini mampu memberikan 4.096 poin tekanan dengan akurasi yang baik. Dan yang paling penting, Pen ini bisa Anda isi ulang berkat keberadaan port type-C yang dimiliki.

Audio HP Elite Dragonfly

audio hp dragonfly

Audio HP Dragonfly lebih keras ukurannya yang mungil. Speaker yang dipasang di atas dan amplifier pintar tertata rapi dengan kualitas suara yang baik.

Tersedia perangkat lunak Kontrol Audio Bang & Olufsen yang sudah terinstal untuk mengatur bass dan lain-lain. Saat mendengarkan musik. 

Meskipun audionya bukan yang terbaik, penguji menghargai bahwa perangkat lunak B & O memungkinkan Anda untuk mengontrol mikrofon peredam bising yang tertanam di komputer.

Keberadaannya membuat lebih mudah untuk memblokir kebisingan latar belakang saat panggilan biasa atau konferensi.

Keyboard dan touchpad HP Elite Dragonfly

keyboard dragonfly

Keyboard Elite Dragonfly memiliki jumlah snap yang pas. Keyboard ini menghasilkan bunyi klik yang enak saat ditekan. Keycaps berukuran besar, namun HP pintar menata letak dari setiap tombol hingga terasa nyaman.

Bahkan tombol panah sangat besar. Lampu latar atau backlight sangat terang sehingga Anda bisa mengetik dengan nyaman di ruangan gelap. 

Ketika penguji menangani tes mengetik 10 jari, saya mencapai 72 kata per menit. Itu sedikit lebih tinggi dari 70 kata per menit untuk keyboard normal.

Secara keseluruhan, keyboard ini sangat nyaman yang membuat penulisan ulasan ini menjadi lebih mudah.

Ukuran Touchpad 2,5 x 4,3 inci dirasa penguji sangat pas. Selain itu, HP juga melengkapinya dengan driver Windows Precision yang membuat gerakan seperti gulir dua jari, ketuk tiga dan empat jari menjadi mudah.

Touchpad sangat nyaman ketika disentuh dan memungkinkan jari-jari penguji meluncur dengan mudah di permukaannya.

Kinerja HP ‚Äč‚ÄčElite Dragonfly

review hp elite dragonfly

Dipersenjatai dengan prosesor Intel Core i7-8665U 1,6 GHz dengan RAM 16GB, HP Elite Dragonfly siap menangani multitasking Anda sehari-hari dengan penuh percaya diri. 

Jujur saja semua pekerjaan harian penguji mampu dilibas dengan baik oleh HP Dragonfly. Tidak hanya itu, penguji juga sangat senang melihat kerja multitasking laptop ramping ini dengan chip Gen 8nya.

Hasil Benchmark mengatakan, HP mencetak 14.071 pada Geekbench 4.3, penguji mengukur kinerja secara keseluruhan. Pada tes Handbrake, Dragonfly membutuhkan waktu 22 menit dan 23 detik untuk mentranskode video 4K ke 1080p.

SSD Dragonfly 512GB M.2 PCIe SSD dan 32GB Intel Optane 3D XPoint membutuhkan waktu 12 detik untuk menduplikasi 4,97GB file multimedia yang diterjemahkan ke dalam kecepatan transfer 424,1 megabyte per detik.

Intel UHD 620 sebagai GPU terintegrasi milik Dragonfly tidak dibuat untuk permainan. Namun, kartu grafis ini cukup sempurna untuk produktivitas maupun editing foto atau video dalam kapasitas ringan.

Pada benchmark Dirt 3, baik HP dengan GPU UHD 620 mencapai 31 frame per detik. 

Daya tahan baterai HP Elite Dragonfly

Anda tidak perlu khawatir baterai saat menggunakan Elite Dragonfly. Dilengkapi dengan baterai 4-sel, 56 watt jam, laptop ini mampu bertahan 12 jam dan 25 menit pada tes baterai Laptop Mag. 

Tes ini terdiri dari penelusuran web terus menerus dengan kecerahan 150 nits.  Daya tahan baterai Dragonfly melebihi rata-rata laptop premium 8:37 dan juga Air (8:51), Latitude (10:00) dan Yoga (10:18).

Ketika Anda akhirnya harus mengisi ulang, Anda bisa mendapatkan daya 50% setelah 30 menit pengisian daya berkat teknologi pengisian cepat.

Panas HP Elite Dragonfly

Setelah 15 menit streaming video 1080p layar penuh, penguji mengukur titik-titik strategis pada laptop. Touchpad diukur 82 derajat Fahrenheit sementara pusatnya mencapai 93 derajat.

Bagian bawah mencapai panas 100 derajat yang berada di atas ambang kenyamanan 95 derajat kami. Tapi tenang, penguji menggunakan laptop di pangkuan selama lebih dari dua jam tanpa efek buruk.

Webcam HP Elite Dragonfly

webcam hp dragonfly

Awalnya penguji cukup kesulitan ketika mencari tempat persembunyian kamera. Pasalnya, terdapat lubang kamera namun tidak berfungsi dengan baik ketika software dinyalakan.

Namun ini jadi hal yang paling menarik dan sangat aman tentunya. Terdapat slot penutup yang menjaga kamera tetap aman dan bersih di atas kamera.

Kamera IR Dragonfly memiliki kualitas bagus untuk pengenalan wajah, warna yang dihasilkan pun cukup natural. Sayangnya, pencahayaan mengikuti alur cahaya sekitar ruangan.

Perangkat lunak dan garansi HP Elite Dragonfly

Karena masuk kategori laptop bisnis, Dragonfly memiliki banyak perangkat lunak pra-instal yang lebih berguna daripada notebook HP pada umumnya.

HP JumpStarts adalah hub pengantar untuk peengguna baru, mengumpulkan tips dan trik yang mempermudah Anda menggunakan perangkat. 

Asisten Dukungan HP menampilkan diagnostik sistem, menginstal pembaruan penting dan menghubungkan Anda dengan bantuan virtual untuk memperbaiki error system.

Sure Sense melindungi laptop terhadap virus dan malware, sementara Power Manager memungkinkan Anda menyesuaikan pengaturan daya. WorkWell memungkinkan Anda untuk menjadwalkan pengingat istirahat selama hari kerja.

Kesimpulan

hp dragonfly

Penguji masih tidak percaya ini kalau HP Dragonfly adalah laptop bisnis. Mungkin karena penguji terlalu nyaman menggunakan HP Elite Dragonfly menjadi laptop harian.

Bahkan dengan kebiasaan penguji membuka banyak tab serta software pun tak mengganggu kehebatan multitasking laptop ini untuk tetap bekerja cepat. Termasuk dalam hal visual editing untuk foto dan juga video.

Like us!

Komentar