Resmi, Ini Penampakan Sony PS5 dan Spesifikasinya

Oleh Restu Aji Siswanto updated Jumat, 12 Jun 2020 | 09:20

harga sony ps5Foto: Sony

Melengkapi momen paling ditunggu pada acara peluncuran PS5 yang dilakukan pada tanggal 11 Juni 2020 (12 Juni waktu Indonesia), Sony telah secara resmi merilis penampakan desain PlayStation 5 dan mengumumkan daftar game eksklusif untuk konsol PlayStation teranyar mereka. Seperti apa speknya dan berapa harganya?

Desain Sony PlayStation 5

desain ps5Foto: Sony

Berbeda dengan para pendahulunya yang memiliki warna hitam sebagai warna utama, PS5 justru diperkenalkan dengan warna utama putih dengan aksen hitam. Ini menandakan sebuah perubahan besar, bukan hanya dari segi desain, tapi juga sebagai penanda era baru PlayStation.

Desain PS5 yang terlihat lebih futuristik ini berbeda jauh dengan gambar-gambar prediksi desain yang sebelumnya telah beredar di Internet. Penggunaannya masih sama dengan Sony PS4 yang merupakan konsol generasi sebelumnya, artinya PS5 bisa ditempatkan pada posisi vertikal, maupun horizontal.

Warna putih dominan ini sebenarnya sudah bisa dipastikan sejak Sony mengumumkan secara resmi desain stik PS5 DualSense terbaru mereka beberapa waktu lalu. Dari foto resmi yang dirilis, letak slot untuk memasukkan cakram terletak di pojok kiri bawah (posisi horizontal), dengan slot stik di tengah.

Berdasarkan informasi resmi dari Sony, PS5 akan dirilis dalam dua versi yaitu Reguler dan Digital Edition.

Spesifikasi PS5

spesifikasi ps5Foto: Sony

PS5 akan dibekali dengan prosesor AMD Zen 2 Octa-Core yang memiliki kecepatan 3,5 GHz, yang tentunya merupakan sebuah peningkatan dari prosesor di generasi sebelumnya (PS4), yang dibekali AMD Jagusr 1,6 GHz.

Kemampuan grafisnya juga tentu mendapatkan peningkatan, karena didukung dengan prosesor berbasis RDNA 2 dari AMD, yang memiliki pengolah grafis dengan 36 Compute Units (CU), dengan daya komputasi sebesar 10,28 Teraflops. Kapasitas RAM yang diberikan juga cukup besar, 16 GB.

Sony PlayStation 5 dilengkapi dengan teknologi 3D Audio dan fungsinya sebagai Blu-Ray player juga tetap dipertahankan.

Harga PS5

Sony belum mengumumkan secara resmi berapa harga yang akan dibanderol untuk konsol game teranyar mereka ini. Amazon UK (Inggris) sempat menayangkan harga Sony PlayStation 5 di website mereka sebagai placeholder, yang lalu dihapus beberapa jam kemudian.

Selain DualSense controller, Sony PlayStation 5 juga akan dilengkapi dengan berbagai aksesoris tambahan lainnya seperti HD camera, Controller Charging Station, dan headset wireless Pulse 3D.

Artikel Terkait

Komentar