Diperbaharui pada Jumat, 17 Juli 2020 | 18:05

Fitur Terbaru di MIUI 12 dan Hp Xiaomi yang Bisa Update

Daftar Hp Xiaomi yang Dapat MIUI 12
Bersamaan dengan peluncuran Redmi Mi 9 dan Poco F2 Pro di Indonesia, Xiaomi juga meresmikan kehadiran MIUI 12. Banyak fitur baru dari UI generasi anyar besutan Xiaomi. Tapi tidak semua akan mendapatkan update.

Lalu hp Xiaomi apa saja yang akan mendapatkan update MIUI 12? Lalu apa fitur-fitur terbaru di MIUI 12?

Pertama kita bahas fitur dari MIUI 12. Untuk fitur MIUI 12 sudah mengalami beragam peningkatan mulai dari efek visual, wallpaper baru, peningkatan fitur pribadi, peningkatan fitur AI phone assistant dan yang lainnya. 

Tidak hanya itu, Xiaomi juga meningkatkan algoritma perekaman gerakan dengan menambahkan pemantauan aktivitas tidur dan tentunya perekaman data ini dilakukan secara offline tanpa memerlukan biaya data. 

Fitur baru yang menarik pada MIUI 12 diantaranya adalah Dark Mode 2.0 dengan mengimplikasikan 42 aplikasi dan 20 aplikasi mainstream. Untuk aplikasi pihak ketiga kini sudah mendukung warna non-linear yang meningkatkan akurasi elemen tampilan serta perubahan warna dinamis untuk objek tertentu.

Pada Dark Mode 2.0 ini tampilan warna font bersifat dinamis untuk meredam tampilan yang memudar dan blur. Tak hanya itu, cahaya layar juga dioptimalkan untuk meningkatkan akurasi warna, kontras dan ketajaman tampilan. 

Daftar Hp Xiaomi yang Dapat MIUI 12
Menariknya lagi, tampilan animasi fisik kini sudah di desain ulang dengan meningkatkan kemampuan MAML illustration engine, Folme animation engine, and MiRender rendering engine.

Elegant visual dan efek animasi juga lebih dinamis menyesuaikan sudut layar, serta peningkatan kombinasi warna dan beragam peningkatan tampilan animasi lainnya. 

Pada fitur cuaca, kini tampilannya lebih alami dan mampu menampilkan efek cuaca secara real-time seperti suasana cerah, berkabut, hujan, salju dan yang lainnya. Dengan simulasi layar picture-in-picture memungkinkan pengguna untuk memindahkan aplikasi cuaca ke berbagai sisi. 

Sementara untuk peningkatan privasi termasuk di dalamnya, Flare, Barbed Wire, and Mask Privacy System. Flare masuk ke dalam sistem kamera, mikrofon dan lokasi GPS pengguna.

Sementara itu, Barbed Wire membutuhkan akses untuk menanyakan lokasi, mikrofon, akses kamera dan Mask System untuk melindungi data pengguna dari aplikasi kontak, kalender dan daftar panggilan. 

Fitur menarik lain yang hadir pada MIUI 12 adalah fitur penjawab panggilan otomatis ketika ada panggilan masuk dari nomer tidak dikenal atau spam. Mesin penjawab ini dilakukan oleh AI namun tetap masuk ke dalam daftar panggilan.

Untuk menjawab panggilan ini, Xiaomi telah menyediakan AI Call yang memungkinkan pengguna untuk menjawab dengan membalas melalui SMS. Sedangkan untuk algoritma gerakan AI ini bertugas untuk meningkatkan akurasi pemantau aktivitas tidur yang hemat baterai.

Tak hanya lebih akurat, konsumsi daya pemantau aktivitas tidur hanya memakan kapasitas baterai hingga 1% saja. Selain itu, Algoritma gerakan AI ini kini sudah menambahkan aktivitas olahraga seperti berlari, bersepeda, climbing dan berjalan kaki. 

Hp Xiaomi Resmi yang Dapat MIUI 12

MIUI 12 sendiri akan mulai tersedia di beberapa perangkat mulai Agustus 2020. Nah ada beberapa hp Xiaomi yang resmi di Indonesia dan akan menerima pembaruan secara bertahap. 

Berikut daftarnya :

Redmi Note 9 Xiaomi Mi 10
Redmi Note 9 Pro Mi Note 10
Redmi Note 8 Pro Mi Note 10 Pro
Redmi Note 8 Mi 8 Lite
Redmi 8 POCOPHONE F1
Redmi 8A Redmi 6
Redmi 8A Pro Redmi 6A
Redmi Note 7 Redmi Note 5 Pro
Redmi 7 Redmi Note 5
Redmi 7A Redmi Note 5
Redmi Note 6 Pro Redmi S2

Tunggu hingga bulan Agustus 2020 yaa!

Like us!
Nur Abdillah

Content Writter

1365 Posts

Punya banyak pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Butuh sedikit waktu untuk beradaptasi dari media cetak ke media online. Dan di Pricebook kini lebih banyak ngotak ngatik artikel SEO.