Diperbaharui pada Selasa, 3 Januari 2023 | 10:42

Cara Menggunakan Google Meet di Hp dan Laptop

cara menggunakan google meet
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk meeting secara online. Platform Google menyediakan layanan meeting dengan menggunakan aplikasi Google Meet. Anda bisa memanfaatkannya untuk melakukan Work from Home (WFH).

Saat ini Google Meet bisa menjadi salah satu solusi terbaik. Banyak fitur yang diberikan oleh Google menggunakan aplikasi ini untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya. 

Anda juga bisa langsung login ke aplikasi ini Ketika sudah memiliki akun di Google. Hal ini menjadi kelebihan tersendiri yang dimilikinya dibandingkan dengan aplikasi meeting lain. Melakukan meeting bisa dibuat dengan cara efektif dan untuk banyak orang sekaligus. 

Tentang Google Meet

tentang google meet
Google Meet adalah aplikasi untuk melakukan konferensi percakapan baik secara video dan audio online. Sebuah aplikasi yang dibuat langsung oleh Google.

Sebenarnya, ini merupakan salah satu bentuk lain dari Google Hangouts dan dibuat khusus untuk berbisnis dan kalangan lain. Ketika menggunakan aplikasi ini, pengguna bisa melakukan panggilan dengan lebih dari 30 pengguna. 

Google Meet ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk Anda melakukan meeting dan bercakap online. Aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat komputer atau smartphone. Adapun sistem yang didukung adalah Windows, Mac, iOS, dan Android. 

Selama pandemi Corona ini, Google memberikan keringanan untuk menggratiskannya hingga bulan Juli 2020. Secara garis besar, Google Meet ini tidak hanya bisa digunakan untuk melakukan rapat.

Banyak guru dan tenaga pengajar yang menggunakannya sebagai cara untuk menggantikan pertemuan offline. Ada banyak fitur dan layanan yang diberikan oleh Google dengan aplikasi ini. 

Cara Menggunakan Google Meet

cara menggunakan google meetFoto: Google Play

Google Meet dapat digunakan di desktop/laptop maupun hp. Untuk kenyamanan, aplikasi meeting ini memang lebih enak untuk digunakan dengan layar yang lebih besar, namun ada kalanya kita sedang tidak membawa laptop.

Untuk menggunakan Google Meet di hp sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan cara menggunakannya di laptop, hanya saja, beberapa fitur dan layout aplikasinya akan sedikit berbeda.

Berikut ini cara menggunakan Google Meet yang kami bagi dalam dua bagian.

Cara Menggunakan Google Meet di Desktop atau Laptop:

1. Search Google Meet pada kolom pencarian

Untuk mendapatkan aplikasi ini maka Anda harus mencari Google Meet di pencarian Google. Secara langsung Anda akan diantarkan ke situs tersebut. Di sana ada beberapa menu yang bisa Anda gunakan sebelum memulai pertemuan. 

2. Masuk akun atau buat akun

Setelah Anda berada di dalam beranda. Cobalah untuk masuk menggunakan akun yang sudah di miliki di Google Meet. Jika Anda belum pernah membuat akun maka bisa menggunakan semua akun yang terhubung ke Google. 

3. Klik join atau start meeting

Sebelum melakukan meeting Klik Join atau Start Meeting pada menu. Di sini Anda bisa mendapatkan meeting ID atau identitas untuk melakukan meeting. Secara langsung bisa mendapatkan password kemudian linknya. 

4. Tuliskan judul pada meeting

Anda bisa menambahkan judul pada meeting yang sedang atau akan dilakukan. Secara langsung judul tersebut bisa dilihat oleh para peserta meeting. Cara ini adalah untuk memudahkan siapapun agar mengetahui siapa yang melakukan undangan kemudian prihal meeting. 

5. Berikan akses untuk izin mikrofon dan kamera

Cara menggunakan Google Meet yang selanjutnya adalah melakukan setting pada mikrofon dan kamera. Sama seperti aplikasi lainnya, Anda bisa melakukan cek pada kamera atau mikrofon jika memang sudah sesuai dengan settingan.

Tanpa memberikan izin atau akses pada kedua bagian ini maka meeting tidak akan bisa berlangsung secara optimal. 

Cara Menggunakan Google Meet di Hp:

1. Download aplikasi di Android atau iOS

Google Meet bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. Ketika Anda tidak memiliki laptop atau PC maka bisa mendapatkannya melalui smartphone.

Anda hanya perlu mendownload di App Store atau Play Store perangkat Android dan iOS sudah bisa meggunakan aplikasi buatan Google ini. 

2. Lakukan proses signup atau sign in

Setelah Anda mendapatkan aplikasinya maka hanya perlu melakukan proses signup atau sign in langsung di aplikasi. Gunakan akun yang sudah ada atau buat akun baru dengan menggunakan sinkronisasi Google.

Secara langsung Anda bisa masuk dan menggunakan fitur yang disediakan oleh Google Meet. 

3. Lakukan pilihan meeting

Cara mendapatkan Google Meet memang mudah di lakukan. Untuk memulai meeting maka Anda hanya perlu mengklik ikon '+' yang ada di bagian pojok kanan bawah. Setelah itu pilih New Video Call maka Anda bisa langsung menjadi host di sebuah meeting. 

4. Tambahkan partisipan

Untuk menambahkan partisipan Ketika meeting maka Anda bisa menghubungkan langsung nomor HP peserta atau Email pesertanya. Jika Anda ingin join atau gabung meeting maka bisa melakukan login dengan link dan password yang disediakan. 

Cara memulai Google Meet

1. Klik join now atau present

Untuk Anda yang menjadi host Ketika meeting maka bisa menekan tombol present. Artinya, Anda bisa memulai untuk melakukan meeting dan mengundang peserta lainnya.

Bagikan link kemudian password untuk join meeting kepada peserta meeting lainnya. 

Menu join now adalah cara untuk bergabung dengan meeting yang telah dibuat atau berlangsung. Anda akan mendapatkan link kemudian password untuk melakukan meeting.

Ketika bergabung Anda akan berada dalam room dan bisa melakukan percakapan secara langsung. 

2. Berikan link untuk join pada peserta lain

Jika Anda menjadi host dalam meeting maka bisa membagikan link kepada peserta lainnya. Secara langsung peserta akan masuk ke dalam room yang dibuat dan hanya perlu memasukan password. 

Fitur-Fitur yang Dimiliki oleh Google Meet

fitur-fitur google meetFoto: Google Play

1. Video/Audio Call Online

Siapapun bisa melakukan berbagai kegiatan dari mulai yang sederhana hingga pokok dengan Google. Seperti layanan Google Meet yang diberikan oleh Google saat ini.

Ketika Anda bisa melakukan panggilan video atau audio call secara real time dengan mudah. Bisa dijadikan sebagai sarana untuk melakukan meeting Ketika sedang Work from Home. 

2. Sinkronisasi dengan G-Suite

Fitur lain dari Google Meet yang belum tentu dimiliki oleh aplikasi lainnya adalah sinkronisasi akun. Ketika akun Anda bisa langsung disinkronisasikan oleh Google. Login atau membuat akun dengan akun yang telah tersedia di Google. 

3. Berbagi Layar

Kemudahan melakukan presentasi secara online bisa dilakukan menggunakan Google Meet. Saat ini Anda bisa melakukan bagi layar dengan mudah sehingga presentasi bisa tetap berjalan.

Ketika Anda akan melakukan berbagi layar semua peserta meeting bisa dengan mudah melihat layar yang ditampilkan. 

Kelebihan dan Kekurangan Google Meet

Kelebihan:

  • Bisa menampung lebih dari 250 peserta ketika melakukan meeting.
  • Tersedia fitur video call dan audio call secara gratis. 
  • Terhubung langsung dengan G-Suite atau akun Google yang digunakan oleh penggunanya. 
  • Melakukan meeting secara real time.
  • Anda bisa dengan mudah membagikan layar dan melakukan presentasi. 
  • Privasi pengguna sudah dipastikan aman oleh Google sebagai penyedia layanan sekaligus developer Google Meet.

Kekurangan:

  • Ketika perekaman meeting teks yang dituliskan biasanya akan hilang.
  • Perekaman sangat terbatas.
  • Tidak ada fitur untuk mengganti background agar tampilan layar lebih baik. 
  • Merupakan aplikasi yang berbayar.

Work from Home bisa menjadi lebih mudah Ketika Anda sudah memahami cara pakai Google Meet. Terdapat banyak fitur dan kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan.

Saat ini Google Meet bisa digunakan secara gratis oleh para pebisnis karena sedang dilakukan WFH. Semoga artikel ini dapat membantu, selamat bekerja!

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1494 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.