Diperbaharui pada Rabu, 22 April 2020 | 22:31

OPPO A72 Resmi Meluncur, Kembaran Oppo A52

harga oppo a72

Dalam waktu yang hampir bersamaan, Oppo telah meresmikan tiga hp pintar terbarunya diantaranya adalah Oppo A92s, Oppo A12 dan Oppo A52. Seolah tak puas dengan dan ingin terus mencapai target utamanya sebagai vendor hp nomer 1 di dunia, Oppo kembali menghadirkan hp pintar kelas menengah terbarunya yang bernama Oppo A72. 

Jika dilihat dari spesifikasi serta fitur yang ditanamkan, perangkat ini memiliki kemiripan dari sisi desain serta fitur pendukung lainnya. Perbedaan antara Oppo A52 dengan Oppo A72 terletak pada fitur fotografi yang ditanamkan, kapasitas RAM dan memory internal yang disediakan dan tentunya harga jual yang ditawarkan.

Spesifikasi OPPO A72

spesifikasi oppo a72

Dibalut dengan tampilan desain yang mirip dengan Oppo A52, Oppo A72 juga sudah dibekali dengan lapisan kaca 2.5 baik di bagian depan maupun di bagian belakangnya yang membuatnya tampil mewah dan elegan. 

Seperti Oppo A52, layar yang tertanam pada Oppo A72 juga sudah membenamkan layar berlubang yang menempatkan kamera selfie di dalamnya. Untuk bagian belakangnya, Sementara itu, pada bagian belakang Oppo juga telah membenamkan konfigurasi empat kamera untuk memaksimalkan aktivitas fotografi pengguna.

Tak hanya itu, Oppo A72 juga sudah dibekali dengan  sensor sidik jari yang ditempatkan pada sisi kanan perangkat. Sedangkan tombol power dan volume diletakkan pada sisi kiri perangkat. 

Untuk antarmukanya, Oppo A72 hadir dengan dukungan panel layar IPS berukuran 6,5 inci dengan resolusi layar 2400x1080 piksel dengan rasio layar 20:9 dan sudah didukung dengan Color OS 7.1 berbasis Android 10 sebagai sistem operasinya.

Layar bolong yang tertanam pada sisi kiri atas membenamkan kamera selfie dengan resolusi 16MP. Resolusi ini 2 kali lebih besar dibandingkan dengan kamera selfie yang tertanam pada Oppo A52. 

Sedangkan untuk kamera utama yang tertanam di bagian belakang, Oppo A72 telah membenamkan kamera utama 48MP yang dibalut dengan aperture f/1.8 dan PDAF. Sementara untuk tiga kamera tambahannya serupa dengan Oppo A52 yakni 8MP (ultra-wide 119°) + 2MP (Portrait) + 2MP (Macro).

Meskipun memiliki perbedaan pada sektor fotografi yang ditanamkan, namun untuk kinerjanya perangkat ini memiliki kesamaan dengan Oppo A52. Oppo A72 sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 665 sebagai dapur pacu utamanya.

Chipset yang tertanam ini memiliki dukungan prosesor octa-core (4x2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4x1.8 GHz Kryo 260 Silver) dan dikombinasikan dengan grafis Adreno 610. Sementara untuk kapasitas RAMnya, Oppo A72 hadir dengan kapasitas yang lebih besar yakni 4GB/128GB dan 8GB/256GB.

Tak lupa Oppo telah membenamkan slot kartu microSD up to 256GB. Untuk menopang aktivitasnya sehari-hari, Oppo A72 sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar 5000 mAh, Oppo sudah menyandingkannya dengan fitur pengisian baterai cepat 18W.

Fitur lain yang juga hadir pada perangkat ini antara lain, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 802.11 ac, Bluetooth 5, GPS/ GLONASS/ Beidou, dan port USB Type-C. Sudah memulai debutnya di Jerman, sayangnya harga jual Oppo A72 masih belum diketahui.

Like us!
Restu Aji Siswanto

Content Writer

1488 Posts

Gemar mengikuti perkembangan teknologi gawai, baik yang rilis di Indonesia maupun yang tidak masuk pasar lokal. Ketertarikan pada teknologi dan gawai menjadi motivasi untuk terus memberikan informasi, rekomendasi, dan tips berbelanja seakurat mungkin, melalui artikel dan ulasan produk.