Diperbaharui pada Senin, 20 April 2020 | 17:40

Dua TV 8K Samsung Terbaru 2020, Banyak Fitur Canggih

TV 8K Samsung Terbaru 2020
Samsung resmi memperkenalkan generasi terbaru jajaran QLED 8K TV dalam seri Q950TS. TV 8K Samsung terbaru ini membawa sejumlah fitur canggih yang pertama di industri, seperti audio surround-sound dan resolusi nyata 8K dalam bentuk yang ultra tipis.

Samsung QLED 8K TV Q950TS membawa fitur Infinity Screen, yang memproduksi rasio screen-to-body hingga 99%. Ditambah audio surround-sound yang dapat menghasilkan 5.1 channel surround sound yang jelas dan tajam. 

“Kami percaya teknologi dan inovasi yang dimiliki QLED 8K TV dapat mendukung aktivitas anggota keluarga, supaya tetap produktif, bersemangat, dan tetap mendapatkan hiburan maksimal saat #stayathome,” ujar Fomalhaut Sundamen, TV Product Marketing Manager, Samsung Electronics Indonesia.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah fitur-fitur canggih yang ada di TV 8K Samsung terbaru.

Infinity Screen

Infinity Screen
Q950 menciptakan bezel yang sangat tipis di sekitar layar untuk menciptakan rasio screen-to-body hampir 99% yang di klaim sebagai rasio terbesar di pasaran. Teknologi Infinity Screen memungkinkan bezel seolah menghilang dari jarak tonton 3 hingga 4,5 meter. Q950 pun hanya setipis 15 milimeter untuk keseluruhan layar.

Quantum Processor 8K

Generasi terbaru Quantum Processor 8K pada Q950 meningkatkan kekuatan AI Upscaling yang menggunakan machine learning untuk menghasilkan gambar 8K yang jernih, apapun sumber kontennya. QLED 8K TV pun telah memiliki teknologi untuk memutar konten 8K Youtube secara real-time tanpa tertinggal melalui AV1, yang merupakan teknologi kompresi yang paling umum dipakai.

Sementara itu, karena AV1 codec mendukung HDR10+, konsumen dapat menikmati konten streaming HDR 8K yang benar-benar hidup melalui kontras dan kecerahan yang disesuaikan secara dinamis, adegan demi adegan, pada resolusi 8K. 

Lalu teknologi AI pada Q950 juga ditingkatkan untuk menikmati konten dalam lingkungan apapun, baik ruangan terang benderang di siang hari atau di malam yang redup. Ketika sensor TV tradisional hanya dapat menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan cahaya, Adaptive Picture selangkah lebih maju dengan menyesuaikan distribusi cahaya dalam setiap adegan. 

Audio Surround-Sound

tv 8k samsung terbaru
Samsung QLED 8K TV Q950TS dilengkapi dengan speaker di setiap sudut layar, yang memiliki sub-woofers di bagian belakang. Ketika dikombinasikan dengan Object Tracking Sound+, yang menggunakan software AI untuk mampu menandingi kecepatan suara audio dengan pergerakan objek pada layar, Q950 dapat menghasilkan 5.1 channel surround sound yang jelas dan tajam.

Q950 juga dapat menyesuaikan volume dialog sebagai respon untuk suara latar seperti blender atau vacuum cleaner. Active Voice Amplifier (AVA) mendeteksi jenis suara tersebut dan secara otomatis meningkatkan kejernihan suara. 

Fitur Canggih Lainnya 

Infinity Screen
Samsung QLED 8K TV Q950TS juga dibekali berbagai fungsi cerdas. Fitur Tap View misalnya, memungkinkan untuk mirroring layar smartphone pada TV hanya dengan menyentuhkan dua perangkat tersebut. Cukup aktifkan NFC kemudian ketukkan smartphone ke QLED TV dan video call, puluhan peserta, dan presentasi akan tampil di layar besar dan memudahkan pengguna mencerna isi meeting-meeting penting.

Lalu Bixby tidak hanya berguna untuk mengontrol TV, mencari video referensi tugas, Bixby juga dapat menemukan jawaban untuk berbagai pertanyaan. Contohnya, bila pengguna meminta Bixby untuk menciptakan atmosfer menenangkan, TV akan menampilkan backdrop layar yang teduh.

Ada juga Multi-View yaitu sebuah fitur yang membantu pengguna menyaksikan dua sumber layar sekaligus, dari televisi dan mirroring dari smartphone, dengan memproyeksikan layar smartphone pada TV dan menampilkan jendela terpisah pada konten TV.

Dengan 14 layout berbeda, pengguna dapat menyesuaikan pengalaman menonton mereka, mulai side-by-side hingga picture-in-picture. Anda dapat berolahraga di rumah, menonton video tutorial olahraga, dan pada saat yang sama Anda dapat memeriksa posisi Anda dengan kamera smartphone yang telah dimirroring ke layar TV.

Harga Samsung QLED 8K TV 

Harga Samsung QLED 8K TV 2020 akan tersedia dalam 2 tipe, yaitu Q950TS (75 dan 85 inci) dan Q800T (65 dan 82 inci) pada harga Rp. 49.999.000 – 159.999.000. Keduanya sudah mulai dapat di beli secara preorder dibuka melalui situs Samsung sejak 20 April – 5 Mei 2020. Untuk konsumen yang melakukan preorder akan langsung mendapatkan Galaxy S20 Ultra (khusus untuk 65Q800T langsung mendapatkan Galaxy S20). 

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2441 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.