Review Samsung Galaxy S20 Ultra, Serba Besar dan Canggih

Oleh Imam Ali updated Senin, 20 Apr 2020 | 18:36

review samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra jadi salah satu hp flagship yang bikin geger tahun ini selain saudara sesama flagshipnya hp Samsung Galaxy Flip. Nah, uniknya dari Galaxy S20 Ultra ini adalah semua spesifikasi yang serba besar alias serba gede.

Tak hanya tampilan yang membesar, tapi juga termasuk RAM, memori internal, hingga Baterai. Bukan hanya itu, sektor pembangun seperti prosesor dan GPU pun termasuk jajaran kelas berat yang disematkan.

Desain

Desain samsung galaxy s20 ultra

Berawal dari desain, jangan bandingkan dengan Galaxy S10 bahkan Galaxy S10 Plus sekalipun. Karena akan ada banyak perbedaan di sana, tapi tenang perbedaan inilah yang jadi simbol pembaruan dari Samsung untuk lini produk Galaxy S20 termasuk S20 Ultra.

Lekuknya lebih berasa seperti hp gaming, tegas dengan desain edge seperti umumnya Galaxy S terbaru. Sudut-sudutnya masih terlihat karakter dari Galaxy S sebelumnya, namun secara besaran bodi yang membuatnya nampak jauh berbeda.

Kesan layar flat lebih terlihat ketimbang pendahulunya yang memiliki layar sedikit melengkung karena efek edge yang luas. Curve Edge pada Galaxy S20 Ultra kali ini memang tak setebal S10, namun cakupan fungsinya dan fiturnya lebih simple dengan beberapa pengaturan edge panel sesuai keinginan pengguna.

Tombol semua berada di sisi kanan bodi, yakni tombol power serta tombol volume. Sim Card tray berada di sisi atas dan jangan berharap Anda menemukan jack audio, karena perangkat ini hanya memperkenankan bluetooth dan juga type-c cable, jadi lebih simple.

Bagian belakang bodi tersisip multiple quad camera mahadahsyat, dengan resolusi kamera utama 108 MP. Tak lupa samsung menyematkan logo dan watermark Samsung di bagian bawah bodi.

Tersedia dua varian warna untuk Galaxy S20 Ultra, yakni Cosmic Grey, Cosmic Black. Beruntungnya, penguji saat ini sedang mencicipi varian warna Cosmic Black dengan warna hitam yang elegan

Layar

layar samsung galaxy s20 ultra

Bicara desain tak mungkin membahas soal layar. Sungguh, layar 6.7 inci ini terasa seperti layar 7 inci berkat karakter full screen dan juga rounded corners yang dibawanya. Layarnya sudah mempunyai lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 6 dengan fitur HDR 10+ dan refresh rate 120 Hz.

Hal ini jadi berkah tersendiri bagi para pecinta film dan mobile gamers tentunya. Terlebih resolusi yang diusung sudah masuk ke tahapan QHD 3200 x 1440 dan sangat mengenyangkan mata dengan kualitas Dynamic Amoled 2X sebagai pelengkap.

Uniknya, meski memiliki tingkatan resolusi tinggi ketajaman warna yang dipersembahkan masih nyaman jika digunakan dalam waktu lama, terlebih ketika bermain game dan juga menonton film gratis di youtube.

Penguji sendiri cukup puas menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra ini, terlebih disaat musim pandemi yang mengharuskan penguji untuk bekerja dari rumah. Penguji puas karena ketika waktu meeting via video call tak hanya kamera yang berperan, tapi penampilan layar asik dan luas membuat kegiatan concall makin nyaman.

Spesifikasi

spesifikasi samsung galaxy s20 ultra

Tinggalkan layar untuk sejenak, berlanjut ke spesifikasi. Tentunya banyak yang sudah tahu spesifikasi dari Samsung Galaxy S20 Ultra ini dari bocoran dan juga situs resmi Samsung Indonesia. Pertama, Hp flagship Samsung ini sudah dibekali dengan OS Android 10 dengan modifikasi ala Samsung menjadi One UI.

Berbeda dengan versi US yang menggunakan Snapdragon 865, device yang kami uji atau yang ada di Indonesia menggunakan Exynos 990 (7nm). Secara performa, penguji sendiri belum tahu unit dengan Snapdragon, tapi jika dibandingkan dengan hp yang sudah menggunakan prosesor tersebut penggunaan Exynos ini dirasa tidak salah.

Baik tenaga dan juga multitaskingnya bekerja dengan sangat baik serta lebih halus dan cepat. Mungkin ini pengaruh dari speed clock yang mencapai 2.73 hingga 3 Ghz. Untuk kualitas grafis, Samsung mempercayakan pada Mali-G77 MP11 untuk tampilan warna yang halus dan lebih detail.

Exynos 990 juga mendukung standar memori RAM LPDDR 5, yang menjanjikan transfer data yang lebih kencang 30 persen dibanding Galaxy S10. Selain itu, tanpa keberadaan Exynos sebagai prosesor, maka salah satu fitur pada kamera utama yakni Single Take tidak akan berfungsi dengan baik, bahkan ditiadakan.

Performa

performa samsung galaxy s20 ultra

Berhubung spesifikasi sudah umum, Pricebook coba buat membeberkan hasil uji yang dilakukan tim penguji pada produk Galaxy S20 Ultra ini. Penguji mencoba menggunakan beberapa aplikasi uji seperti 3DMark, PCMark yang pasti sudah familiar serta beberapa aplikasi uji yang penguji kehendaki.

 

Untuk 3DMark, ada tiga macam pengujian di 3D Mark, yakni Sling Shot Extreme - OpenGL ES 3.1, Sling Shot Extreme Unlimited - OpenGL ES 3.1, dan Sling Shot Extreme - Vulkan. Hasilnya didapatpi skor 3DMark 6.682. 

Lalu dari skor PCMark yang berfokus pada uji work 2.0 atau work performance di Samsung Galaxy S20 Ultra adalah 11.507. Beralih ke 3D Benchmark, ada yang unik ketika menggunakan aplikasi uji 3D Benchmark untuk mengetes kualitas grafisnya.

Jika biasanya akan ada posisi dimana setiap hp mengalami freeze atau hang, atau paling tidak tersendat namun itu tidak terjadi dengan S20 Ultra. Secara average, pengetesan berjalan pada 120fps full pada titik middle dan 60fps full pada titik xtream.

Sementara dari sisi gaming, ketika memainkan PUBG semua setingan di level tertinggi dapat dimainkan dengan lancar. Kami menikmati kualitas QHD dari layar hp terbaru Samsung dan merasakan manfaat dari layar Dynamic AMOLED 2X di Samsung Galaxy S20 Ultra. 

Perlu ditekankan, pemilihan setelan grafis maksimal dan 120 FPS berimbas pada daya baterai yang lebih cepat terkuras. Ini wajar, mengingat smartphone bekerja lebih keras dalam menampilkan grafis tersebut.

Sedangkan untuk game Call Of Duty Mobile pun tidak berbeda, lancar tanpa masalah. Hanya saja, penggunaan grafis serta koneksi internet mengharuskan Galaxy S20 Ultra bekerja sedikit lebih banyak untuk game ini, alhasil dalam waktu tak kurang dari 5 menit panas suhu hp mencapai 40 derajat celcius dari 34 derajat. Tapi permainan tidak ada masalah dan game pun masih berjalan lancar.

Kamera

kamera samsung galaxy s20 ultra

Samsung Galaxy S20 Ultra memakai kamera 108 MP f/1.8 + 48 MP f/2.6 periscope optical zoom + 12 MP f/2.2 ultrawide + 0,3 MP TOF 3D depth. Fitur unggulan yang tersedia termasuk lensa 10x Hybrid Optic Zoom dan Space Zoom 100X.

Hadirnya kamera 108 Megapixel, tentu membuat Galaxy S20 Ultra mampu menghasilkan foto berkualitas serta gambar lebih detail. Lebih hebatnya lagi, smartphone ini dibekali lensa Periscope beresolusi 48 Megapixel yang memiliki kemampuan 10x Hybrid Zoom dan 100x Super Resolution Zoom, ini tidak dimiliki oleh smartphone flagship sekelasnya.

Ada beberapa fitur unik selain resolusi 108MP yang dimiliki. Mulai dari Panorama yang tak lazim karena sudutnya cukup membentang luas, kemudian super slow motion, AR Zone, hingga yang terbaru adalah Single Take yang bisa membuat Anda menghasilkan 3 gambar dengan efek berbeda, serta 3 video dengan durasi berbeda dalam satu kali shoot.

Desain bagian kameranya lebih menonjol keluar dan sangat berbeda dengan seri Galaxy S sebelumnya, kemungkinan hal ini dibuat guna untuk mendukung fungsionalitas dari fitur zoom 100%.

Total ada 4 kamera utama pada smartphone ini ditambah kamera selfie 40 MP f/2.2 bergaya Infinity-O Display. Samsung S20 Ultra menjadi hp Android pertama di dunia yang mampu merekam video beresolusi 8k 30fps dan 4K HDR 120 fps.

Hasil Foto

Di bawah ini ada beberapa hasil foto menggunkan resolusi kamera utama 108 Megapixel. Hasilnya bisa Anda lihat sendiri dan bandingkan dengan hp flagship kepunyaan Anda di rumah.

hasil foto samsung galaxy s20 ultraFoto Normal

hasil foto samsung galaxy s20 ultraFoto Bokeh Depan

hasil foto samsung galaxy s20 ultraFoto Bokeh Belakang

Fitur

Fitur Galaxy S20 Ultra
Berbicara tentang fitur, selain semua kelebihan dalam hal kamera hingga performa dan spesifikasi, Samsung Galaxy s20 Ultra juga memiliki beragam fitur menarik yang membantu pengguna dalam keseharian. Bahkan, beberapa juga sangat bermanfaat untuk melalui hari-hari bekerja dirumah. Apa saja?

Memori

Untuk menjalankan beragam program dan aplikasi, Samsung membebani Galaxy S20 Ultra dengan kapasitas RAM besar, yakni 12GB. Tidak hanya itu, untuk memuaskan pengguna Galaxy S20 Ultra, mereka juga menyematkan memori Internal 128GB.

Samsung sendiri masih memberikan opsi penambahan kapasitas memori dengan keberadaan Slot microSDXC. Hal ini tentunya akan sangat memberikan keleluasaan bagi pengguna dalam hal penyimpanan, terlebih mengingat resolusi kamera besar pastinya sekali jepret memakan memori puluhan Megabyte dalam satu tangkapan.

Keamanan

Samsung sudah memperkaya S20 Ultra terbaru ini dengan beragam fitur keamanan, mulai dari patern hingga biometric security yakni fingerprint dan face recognation. Tak hanya itu, support dari Google Play Security pun turut hadir pada hp terbaru Samsung ini.

Masih dari internal Samsung, merk dagang asal Korea Selatan ini juga bisa menerapkan Samsung Privacy Website, Digital Wellbeing Parental Control, hingga Anti Malware yang jarang ada di hp Android terbaru saat ini.

Screen Record dan voice recorder

Bebebapa produk hp terbaru jarang tersemat aplikasi atau software bawaan yang mengakomodir screen record dan juga voice recorder. Tak jarang pengguna harus menggunakan aplikasi third party, namun beruntungnya, penguji menemukan aplikasi bawaan tersebut di hp Samsung Galaxy S20 Ultra.

Konektivitas

Super Fast Charging dengan USB Type-C to Type-C, berdasarkan produk yang ada pada meja review Pricebook. Tak hanya itu, sebagai produk jajaran Galaxy S, S20 Ultra juga memiliki keunggulan Fast Wireless Charging 2.0.

Ini yang paling unik, wireless powershare untuk segala jenis device yang mendukung wireless charging.

Baterai

harga samsung galaxy s20 ultra

Tidak hanya performa dan fiturnya yang hebat, namun baterainya yang berkapasitas 5000 mAh membuat Anda tidak perlu lagi membawa powerbank kemana-mana. Dilengkapi dengan fitur fast charging 45W, membuat pengisian daya menjadi cepat dan mudah.

Semasa pengetesan, penguji dibuat takjub karena kapasitas 5000 mAh yang bisa dimiliki mampu bertahan hingga 2 hari saat digunakan sewajarnya dalam bermultimedia dengan keadaan wifi menyala. Bahkan, ketika menggunakan data selular hp Samsung ini kuat menahan daya hingga dua hari lebih.

Beda halnya dengan situasi pengujian, baterai hanya bisa bertahan hingga 18 Jam nonstop. Mulai dari nonton Youtube, hingga bersambung ke main hp, browsing, chatting, dan kembali lagi menonton Youtube.

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra

Harga Samsung Galaxy S20 Ultra secara resmi dapat Anda dapatkan dengan nominal Rp 20.999.000 sesuai dengan website resmi Samsung Indonesia. Namun, untuk mendapatkan harga terbaik Anda bisa mengunjungi situs official Pricebook.co.id agar dapat melihat toko offline maupun online dengan penawaran harga terbaik.

Kriteria Spesifikasi
RAM 12 GB
Memori Internal 128 GB
Jumlah Core Octa Core
Kecepatan CPU 2.73 GHz
Dimensi 166.9 x 76 x 8.8 mm
Berat 222 g
Ukuran Layar 6.9 inch
Screen Resolution 1440 x 3200 Pixel
Resolusi Kamera 108 MP
Kapasitas Baterai 5000 mAh
OS Version 10.0
Detail Prosesor 990
GPU Mali-G77
Jumlah Kamera Utama 4

Artikel Terkait

Komentar

Halaman Terkait