Diperbaharui pada Jumat, 17 April 2020 | 15:58

Lenovo Legion 5, 5i dan 7! Pilih AMD atau Intel?

laptop gaming lenovo legion 7

Lenovo kembali menghadirkan lini notebook gaming terbarunya yang hadir dalam 3 versi yang berbeda. Lenovo Legion hadir dalam tiga versi yang berbeda serta pilihan prosesor Intel dan prosesor AMD yang disesuaikan dengan hadir dengan keinginan pengguna.

Tiga notebook gaming Lenovo terdiri dari Legion 7 yang merupakan notebook gaming flagship besutan Lenovo. Sedangkan Legion 5 dan Legion 5i hadir untuk penggila game dengan harga yang lebih terjangkau. Apa saja yang ditawarkan seri terbaru Lenovo Legion ini? Berikut adalah ulasan singkatnya. 

Spesifikasi Lenovo Legion 7

lenovo legion 7

Lenovo Legion 7 yang merupakan notebook gaming yang ditujukan untuk gamer profesional kini hadir dengan tampilan desain yang lebih ramping dan dinamis jika dibandingkan dengan seri flagship sebelumnya.

Legion 7 tetap mempertahankan rangkat allumunium dengan ketebalan body hanya 20 mm saja. Dengan desain yang lebih slim, Lenovo mengorbankan ukuran logo yang kini menjadi lebih mungil.

Namun, Legion 7 tetap mempertahankan efek cahaya RGB pada sisi belakang dan samping perangkatnya yang membuatnya tampil futuristik.  Lenovo Legion 7 sudah dibekali dengan panel layar berteknologi IPS dengan dimensi 15,6 inci dan memiliki resolusi layar 1080p Full HD.

Layar yang tertanam sudah dibekali dengan cover area sRGB 100 persen dengan tingkat pencahayaan mencapai 500 nits. Layar yang tertanam juga memiliki opsi refresh rate mulai dari 144Hz dan 220Hz.

lenovo legion 7

Untuk dapur pacunya, Legioon 7 sudah dibekali dengan chipset Intel generasi ke 10 dengan opsi prosesor Intel Core i7 dan Core i9. Prosesor yang tertanam sudah dikombinasikan dengan grafis NVIDIA RTX 2080 Super dan menggunakan RAM 32GB DDR4 serta memory internal 1TB PCIe SSD.

Sementara untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari, Legion 7 sudah dibekali dengan baterai yang diklaim dapat digunakan hingga 8 jam penggunaan.  Fitur pendukung lain yang sudah tertanam pada perangkat ini adalah kamera webcam yang tertanam di bagian atas layar.

Guna menambah kesan kuat dari laptop gaming Lenovo Legion terbaru ini, keberadaan WiFi 6, Dolby Atmos serta trackpad dengan ukuran yang lebih besar jadi fitur menarik untuk dicoba.

Apiknya lagi, Legion 7 sudah dibekali dengan keyboard TrueStrike. Legion 7 bakal tersedia di  pasaran mulai May 2020 dengan harga jual mulai dari $1,599.99.

Lenovo Legion 5 dan Legion 5i

lenovo legion 5

Perbedaan nama Legion 5 dengan tambahan "i" mengindikasikan seri ini menggunakan prosesor Intel. Legion 5 ini sudah menggunakan layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi Full HD dan memiliki tingkat kecerahan 500 nits dan memiliki opsi refresh rate mulai dari 60Hz, 120Hz, 144Hz dan 240Hz. 

Untuk Legion 5i sduah dibekali dengan chipset Intel generasi ke 10 dengan prosesor Core i5 dan Core i7 yang sudah dipadankan dengan grafis GeForce RTX 2060. Sementara untuk Legion 5 menggunakan prosesor AMD Ryzen R5 dan R7 dengan grafis GeForce GTX 1650 serta 1650Ti.

Kapasitas RAM tertanam pada Legio 5 adalah 8GB sedangkan Legion 5i adalah 16GB. Tertanam pula kapasitas memory internal hingga 1TB PCIe SSD. Untuk menopang dayanya telah tertanam baterai berkapasitas 60Wh. 

Nilai lebih dari kedua perangkat ini adalah hadirnya dukungan keyboar TrueStrike seperti yang tertanam pada Legion 7. Legion 5 bakal tersedia dengan harga mulai $849.99. Sementara untuk Legion 5i dipatok dengan harga mulai $829.99. 

Like us!
Imam Ali

Content Writer

1655 Posts

Berbekal photography dan multimedia desain membuka jalan ke perusahaan konsultan cekindo.com. Awali karir jurnalistik di Majalah Chip Foto Video. Ketertarikan pada teknologi dan gadget berkembang ke Majalah Chip dan Chip.co.id, mulai dari review gadget dan peripheral PC, berlanjut ke Tabloid Sinyal dan SinyalMagz. Hobi otomotif memberi kesempatan bekerja di Agency mengawal konten otomotif. Di Pricebook, membuat beragam artikel terkait news, ulasan dan review serta info pasar yang berbasis SEO.