Diperbaharui pada Rabu, 1 April 2020 | 17:45

Dampak Virus Corona, Penjualan Turun dan Harga Hp Naik

Penjualan Turun dan Harga Hp Naik
Dampak virus Corona memang mempengaruhi penjualan hp secara global. Penurunan ini pun merembet ke pasar Tanah Air. Hasil pantauan kami di beberapa sentra hp, penurunan penjualan sangat dirasakan para pedagang. Semua toko pengalami dampak negatif dari keadaan sekarang. 

“Sejak dampak virus Corona menyebar, mall jadi sepi pengunjung dan ini berimbas pada penjualan yang sangat jauh dari harapan,” ujar salah satu pedang di Tangerang City Mall.

Ia juga menambahkan, untuk penurunan penjualannya sendiri sangat signifikan, mencapai lebih dari 50 persen. “Penurannya lebih dari 50 persen Mas, dan itu berlaku untuk semua merk hp. iPhone atau pun Android baik lokal atau Cina juga jauh mengalami penurunan penjualan lebih dari 50 persen.”

Hal yang sama juga terjadi di sentra penjualan hp ITC Ambassador, dimana banyak kantor yang memberlakukan kerja dari rumah. Sehingga orang yang berkunjung ke mall pun makin berkurang dan berdampak pada penjualan. 

Tidak hanya di toko offline saja, penjualan secara online pun turut mengalami penurunan. Beberapa toko yang juga menjual produk secara online menyebut jika persentase penurunan penjualannya berkisar di atas 50 persen.

Harga Hp Naik

Penjualan Turun dan Harga Hp NaikDaftar hp yang naik harga

Namun ada hal yang cukup menarik, meski penjualan turun tapi harga hp dari beberapa vendor justru mengalami kenaikan. Beberapa merk yang mengalami kenaikan harga ada hp OPPO, Vivo, Xiaomi, ASUS dan lainnya. 

Harga OPPO A1K misalnya, biasa normal di jual Rp1.599.000 (SRP) kini menjadi Rp1.799.000. Atau harga OPPO A5s RAM 3GB yang normalnya di banderol Rp1.849.000 saat ini dipasarkan Rp2.099.000.

Begitu pula harga realme ikut naik. Harga realme C3 RAM 3GB dan ROM 32GB sekarang di jual Rp1.899.000 dari harga normal Rp1.699.000.

Menurut keterangan beberapa pedagang, kenaikan ini dipicu dua faktor, pertama karena adanya virus Corona dan kedua kenaikan harga dolar. Mereka juga berharap semua ini akan segera berakhir, dan pasar hp menjadi ramai lagi.

Infografis Dampak Covid 19 pada Penjualan HP Global

panjualan hp selama corona

Like us!
Nur Abdillah

Content Writer

2444 Posts

Punya pengalaman di beberapa media yang mengulas gadget, seperti Tabloid SMS, Tabloid Roaming, Majalah Digicom hingga Majalah Techlife. Selalu berusaha berbagi informasi yang akurat dan terupdate seputar teknologi dan gadget.