Ini Fitur-Fitur Canggih di Chipset TWS Terbaru Qualcomm

Oleh Nur Abdillah updated Jumat, 27 Mar 2020 | 10:55

 Chipset TWS Terbaru Qualcomm
Qualcomm baru-baru ini telah memperkenalkan chipset audio generasi terbarunya yang ditujukan untuk perangkat True Wireless Stereo (TWS). Adalah Qualcomm QCC514x dan QCC304x yang hadir dengan beragam fitur terkini untuk menghadirkan perangkat earphone nirkabel berkinerja tinggi. 

Fitur utama yang tertanam pada kedua chipset audio besutan Qualcomm ini diantaranya, Active Noise Cancellation atau biasa disebut sebagai peredam bising, penggunaan daya yang lebih rendah hingga dukungan perintah suara baik itu Alexa dan Google Assistant. 

Dilansir via Slashgear, chipset audio terbaru Qualcomm ini hadir untuk mendistribusikan produk airbuds berkualitas tinggi saat digunakan untuk mendengarkan musik. Selain itu, tak hanya dibekali dengan performa audio yang berkualitas, Qualcomm juga memberikan beragam fitur tambahan yang bisa memaksimalkan aktivitas pengguna dalam berinteraksi. Satu hal yang paling penting adalah konsumsi daya yang rendah menjadi prioritas bagi Qualcomm untuk chipset audio besutannya. 

Apiknya lagi, chipset audio terbaru Qualcomm juga sudah dibekali dengan fitur Audio Noise Control (ANC) yang memiliki keluaran daya yang rendah untuk memberikan kenikmatan mendengarkan musik secara lebih lama. Qualcomm sendiri menjanjikan ANC yang tertanam sudah dibekali dengan filter yang beragam untuk memberikan akses kepada pengguna untuk mengatur keluaran audio sesuai dengan keinginannya. 

 Chipset TWS Terbaru Qualcomm
Fitur tambahan lain yang juga tertanam pada chipset audio ini adalah Qualcomm TrueWireless Mirroing yang mendukung keluaran suara stereo baik menggunakan dua earbud secara bersamaan ataupun secara sendiri-sendiri. Tertanam pula dukungan fitur aptX audio untuk kompresi dan dekompresi audio. Menariknya lagi, chipset audio ini juga sudah mendukung fitur panggilan audio. 

Qualcomm QCC514x ditujukan untuk perangkat TWS flagship, chipset ini juga sudah dibekali dengan fitur wake-word voice assistant activation. Tertanam pula dual DSP yang bisa melengkapi kebutuhan produsen audio. Canggihnya lagi, chipset audio ini memiliki manajemen daya yang mampu menghasilkan pemutaran musik hingga 13 jam pada perangkat earbud dengan baterai hanya 65 mAh. 

Sementara itu Qualcomm QCC304x yang ditujukan untuk perangkat TWS dengan harga terjangkau sudah dibekali dengan single DSP serta mendukung tombol khusus untuk mengaktifkan perintah suara. 

Kedua chipset audio besutan Qualcomm ini juga sudah dibekali dengan bluetooth 5.2 dengan Low Energy Audio. Untuk ketersediannya, Qualcomm akan memulai produksinya pada April 2020 mendatang dan bisa digunakan oleh produsen audio pada kuartal kedua 2020.

Artikel Terkait

Komentar